Kesehatan My Reviews

Belajar Sehat, Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Mine&his Smoothies
Written by Cicha

Akhir-akhir ini aku sibuk. Sibuk cari info untuk change my lifestyle untuk menjadi lebih sehat 😀

Setelah GERD dan gejala2 yang aku alami sudah mendingan, aku seperti balas dendam. Waktu aku sakit dan masih minum obat rutin (selama 9bulan non stop!), duuh.. semua makanan rasanya ga enak. Ini ga bisa dimakan – itu kalau dimakan bikin sesek, bikin kembung, bikin perut dan nafas tersenggal-senggal. Salah semua pokoknya 🙁

Jadi setelah aku merasa lebih sehat, dan makan ini-itu udah ga bereaksi buruk, aku jadi kepengen makan itu semua. Pokoknya seperti balas dendam selama sekian bulan “penyiksaan” saat sakit. Alhasil apa? Jelas berpengaruh ke berat badanku yang melonjak almost 11kg in 10months! Alhamdulillah memang aku ga merasa keluhan yang aneh-aneh, tapi timbullah keluhan baru : lack of confident & I hate mirror and selfies!

Sehat memang sangat berharga, bagaimanapun kondisi kita. Kasus aku, aku menggemuk tapi aku (merasa) sehat. Tapi kondisi gemuk ini definitely ga sehat untuk jiwa aku. Pada akhirnya untuk menyehatkan kembali jiwa dan raga *cieh apeuu* ini, aku harus berusaha mencoba menghilangkan kembali 11kilo tambahan yang kemaren dateng.

Nurunin 11kiloo??! PE’ER BESARR SODARA-SODARA! Sumpah, mo nurunin 1-2 kilo aja setengah metong. Apalagi 11kilo? Tapi kalau logikanya.. ditambah aja bisa, kenapa dikurangin ga bisa? Tinggal angkat bokong, bergerak (maksudnya olahraga! Yoga, treadmill, lari & berenang bakalan jadi pilihan aku) dan atur pola makan (ga usah terlalu ekstrim-yang penting diatur supaya lebih sehat makanannya) serta gaya hidup.

Okay, untuk pertama-tama, aku ambil step awalnya adalah dengan : Berkenalan dengan SARAPAN GREEN SMOOTHIES! Ternyata memulai green smoothies ini ada ilmunya juga. Ga sembarang sayur diblender. Aku banyak belajar dan mengambil kutipan-kutipan dari Sophie Navita sebagai penggagas #Indonesiamakansayur sama #GREENSMOOTHIES dan sumber lainnya.

Pertama-tama, yang aku perlukan adalah BLENDER! Kalau mau ngikutin pake blender professional, aku rasa ga bakal mulai-mulai nih program gue. Mau beli blender aja juta-juta’an -_- Akhirnya aku beli yang affordable dulu aja. Sambil belajar juga toh. Akhirnya aku memilih blender ini :

shakentake(Nama blendernya Shake & Take. Sumber google)

Secara aku orangnya malas gini gitu dan suka yang praktis-praktis aja, blender ini pas buat aku! Tinggal taro di gelasnya, blender. Pas selesai, tutup bagian atas, udah deh bawa. Aku beli yang 2 gelas, supaya si gaya hidup ini juga aku tularkan ke suami. And this is our 1st greensmoothie. Sesuai saran, kalau baru mencoba, sayurnya boleh sedikit dulu dengan komposisi 30:70. Nanti kalau udah jago (perut dan badannya sudah bisa menyesuaikan), baru ke 40:60 atau 50:50 sayur-buah.

Mine&his SmoothiesSelain ber-green smoothie sebagai langkah awal, aku juga mulai kenalan dengan Essential Oils. Haduh ini dunia perminyakan sangatlah menggoda. Awal-awal tertarik dengan testimoni-testimoni temen yang bisa merubah Essential Oils ini sebagai “obat” (IYA, BISA DITELEN!) dan sebagai aromaterapi yang juga menyembuhkan. Harganya bikin cenut-cenut tapi kalau untuk kesehatan, gw berani mencoba (walo bikin kantong bolong). Tapi sangat-sangat worth to try.

Kalo dipikir2 apa iyaaa si minyak ini kerennya macem dewa begitu? Bisa buat nyembuhin segala macem (beda jenis minyak-beda fungsi) dan menghindari penyakit? Kalaupun sakit, bisa disembuhkan dengan cara yang alami: cuma oles minyak/cium aromanya dan diminum. Aku sendiri baru belajar banget soal essential oils ini dan this is my first 2 collections.

lemon-and-lavenderYLKerennya si oil ini apaan sih? Silahkan dilihat.

Benefits of Lemon YLDiambil dari googling 🙂

Kalau yang Lavender, fungsinya banyak banget. Bisa googling dengan kata kunci “Young Living Lavender Essential Oil“. Bisa buat menenangkan, bikin enak tidur, mengurangi alergi (ini pas buat Shaina yang suka alergi idungnya) dan macem-macem.

Dan aku ga sabar menanti oil GRAPEFRUIT yang baru aku beli juga. Si Grapefruit ini kayaknya akan menjadi oil andalan aku dalam rangka menghilangkan 11kg tetelan yang nempel sekarang ini. Karenaaa.. secara khasiatnya, silahkan dilihat sendiri 😀

GrapefruitoilSumber gambar: aromaterapisehat.com — anyway, penampilan gw penampakannya ga segembrot itu sih haha.

Jadi, balik lagi ke hidup sehat, daripada pergi ke dokter slimming dan suntik sana suntik sini dan membuat badan biru-biru, belom lagi efek samping yang kita sendiri ga tau apa di 5tahun setelahnnya, aku ga berani 😀 Jadi aku memilih untuk menurunkan berat badan dan (mencoba dengan susah payah terseok-seok) untuk melangsing dengan cara yang alami dan lebih sehat. Gapapa deh biar kata turunnya cuma 1kilo perbulan. Yang penting PASTI!

Tapi kalau bisa sebulan bisa 2kilo sih lebih keren lagi Ya Allaah.. Kabulkan permintaanku ya Allaah 😀 Semangati aku ya temans! hahaha.. Kalau ada progress, I will update it here 🙂

11 Comments

  • Salam kenal, saya Febri. ^__^
    Saya lg tertarik sm buah grapefruit nih, tp susah nyarinya. Kira2 banyak jual dimana ya? Trus mba chica nyebut2 oil grapefruit jd kepengen beli juga, beli dimana mba?

  • Chaaaa, gw masih bingung shake n take yang mana yg rekomen *teuteup yeee ujung2nya beli yg klasik kayaknya*

    pengen beli yang 2nd generation kok ga ada yg dpt 2 cup nya ya? klo ada link nya mau yaaakk 😉

  • ayooo chaaa…semangaaatt, pasti bisa ! dan aku naksir si blender meni kinclong dah warnanya 🙂 akuuu cha, turun 12 KG loohh…dulu asalnya 62 kg, kebayang kaann buletnya ! hahhaa tapi aku cuma pake OR dan makan ala Food Combining gitu cha… turun dalam 6 bulan. Kalo mau turun BB emang mendingan yang pake usaha, lebih sehat…kayak sekarang kalopun naik paling top 2-3 kg trus bisa langsung di reduce lagi pake OR hehehehe…ayo, PASTI bisa cha !

  • Mau, mau, mauuuuu…. Pengiiin banget nurunin BB plus ngilangin lemak-gelambir di sekujur bodi. Tengkiu sharingnya ya

    yuk maak hihi. Awal2 emang harus ada niat tekad dulu. Semoga kedepan berjalannya sesuai niat dan ada hasilnya 🙂 amiinn

  • Aamiin, mudah2an terkabul doanya mbak 🙂 semngata yuuuk

    amiin.. makasih supportnya 🙂 tinggal semangatin diri untuk olahraga seminggu 3-5x ini yang susah. Bismillah bulet tekat jadi enteng deh angkat badannya hehe.

  • Baru tau kalo essential oil bisa dimakan. Tp harus merk tertentu kali ya? Bukan sembarang essential oil?

    Cicha Reply:

    Iya Man bener, yg gw tau yang bisa itu ada 2, Young Living sama DoTerra. Dan both brand berasal dari US! How lucky you are yang bakalan gampang bener dapetin barang-barang ini sementara kita kudu ngimpor paling deket di Singapore. You should browse about this Young Living Essential Oil, Man.. Or shall we try the business juga? Why not 😀

Leave a Comment