Malaysia My Reviews Singapore Travel Tips Traveling

Pengalaman nge GrabTaxi di Luar Negeri

grabtaxi icon
Written by Cicha

Mau jalan-jalan di Asia? Tentung kadang kita bingung mau kesana kemari naik apa selain transportasi umum. Udah tau dong, aplikasi GrabTaxi yang selain bisa dipakai sehari-hari di kota besar di Indonesia, juga bisa dipakai di negara lain kayak Malaysia, Singapura, Philipine, Thailand, Vietnam.

Ini aku mau cerita pengalamanku pake aplikasi GrabTaxi ini waktu di Johor Bahru, Malaysia. Kalau di Malaysia sendiri namanya adalah MyTeksi, tapi grabbers Indonesia ga perlu kok ganti aplikasi untuk bisa dipake dimanapun. Tau sendiri kan, di Johor Malaysia ini mencari taksi itu susah. Belum lagi yang ga nyalain argo, ada kemungkinan kita diโ€tembakโ€ harganya karena kita turis. Pake aplikasi begini udah pasti jelas harga, jarak, supirnya siapa, dsb.

Sampai di negara tujuan, si aplikasi yang ada di HP kita nanti menyesuaikan sendiri. Dan semua menu-menunya juga menyesuaikan. Misalnya, di Indonesia kan ada GrabBike.. sesampainya di Malaysia, si fitur/menu GrabBike itu udah pasti hilang kok. Dan kita ga perlu repot instal ulang dari register ulang.

grabtaxi myteksi malaysia

Grabtaxi malaysia

Aku sendiri ngerasa kebantu dengan aplikasi model begini yang bisa dipake dimulti countries. Jadi, mau mesen taksi ga ribet. So here is some tips dan step-stepnya :

  1. Pesanlah taksi seperti layaknya kita pesan di Indonesia. Biasanya ada pilihan premium taksi, standard taksi, dsb. Silahkan pilih sesuai keinginan.
  2. Setelah itu, tulis lokasi penjemputan kita dimana lengkap dengan NOTES untuk si driver. Misal : wearing black shirt and red hat – standing infront the lobby.
  3. Setelah dapat driver, SEGERALAH MENELEPON PAK DRIVER DENGAN NOMOR LOKAL (udah siapin nomor lokal yaa, atau minta tolong di lobby hotel, misalnya). Karena saat pak driver mau confirm pemesanan dengan menelepon kita, dia akan bingung, karena nomor yang didaftar di aplikasi kita adalah nomor Indonesia. Dengan langsung menelepon, si driver akan percaya dan tidak akan menolak pesanan kita.

Pengalamanku sendiri sempet ditolak 3x karena ga sadar, si pak driver kebingungan gimana mau nelepon kita ๐Ÿ™‚ Yang driver terakhir juga bilang โ€œUntung ibu telepon, hampir saya tolak. Kadang-kadang ada saja orang yang iseng. Kami driver harus confirm dengan menelepon / sms pemesan. Saat saya lihat, nomornya Indonesia. Macam mana bisa mo telpon?โ€, gitu kata pakciknya.ย Ooooh ini toh alasannya kenapa aku tadi di cancelled sepihak sampe 3x *nyengir*

grabtaxi cancelledDitolak pesanannya karena drivernya ga bisa nelpon/sms ๐Ÿ™‚ Ini berulang 3x!

Jadi, intinya sih sama aja kok cara pakai aplikasi grabBike di luar negeri. Hanya perlu tambahan trik aja. Dan pastinya akan memudahkan pelancong yang mau naik taksi di luar negeri sih.

13 Comments

  • sis dari johor ke singapore bisa naik mytaxi / uber nggyah?

    Cicha Reply:

    Kalau untuk antar kota begitu tidak bisa, mereka ada taksi khusus antarkota/negara singapore-malaysia nya.. ๐Ÿ™‚
  • Aaaaah, aku baru tau ini.. Kemaren di Thailand pulang ke hotel tengah malem, gak nemu taksi, trus terpaksa naik tuktuk dan muahal buanget. Naik gak sampai 10 menit, bayar 200ribu kalau dirupiahin. Kalo ada taksi yang harganya pasti begini kan enak yaa.. bebas palakan harga turis. hihihi

    Cicha Reply:

    Bebas palakan harga turis… tepat sekali! Haha soalnya udah jelas kan tertera berapa jadi ga bisa main tembak. Wah iyaa di Thailand ada Grab padahal yaa
  • Kalau kita berpindah pakai kartu sana apakah apps grab kita masih ada?

    Cicha Reply:

    Kalau pindah kartu tapi appsnya di hp ga diutak atik (install uland dsb), masih ada sih harusnya yaa.
  • Aku kemarin ini pake uber dari Changi, mudah dan murah:)
    Kalau grabtaxi di luar negeri belum nyoba nih.

    Cicha Reply:

    Uber memang lebih gampang ya Mba.. tapi bedanya kan dia kudu bayar pake CC.. kalau Grab kan bayarnya cash jadi semua orang bisa, dan pakenya taksi umum yg mestinya lebih banyak drpd uber. Dunno for sure sih soal banyak dikit-nya ๐Ÿ˜€
  • jadi sis.. kalo kita udah punya aplikasi grabtaxi di indo.. sampe sana ga usah install myteksi?? dia akan lsg automatic pindah ke apps itu?? and apakah aplikasi grabtaxi disana … bisa pesen 1 taxi untuk lsg ber 6?? biasanya mobil nya apa yah?? thx

    Cicha Reply:

    Haiii.. maaf ya late reponse.
    Iya ga usah lagi install Myteksi, karena sudah automatic pindah sendiri.
    Kalau grabtaxi biasanya sih kalau di Singapore maksimal 4 orang dan kalau di Malaysia aku kurang paham. Kemaren di Johor dapet mobil seperti mobil livina gitu, tapi ga tau merk apa. Kalau memang ber6 lebih baik ada 2 orang aja yang nge-grab supaya aman ambil 2 taksi hehe.

Leave a Comment