Jalan-jalan Korea Traveling

First Timer Guide in Korea : NAMI ISLAND

Nami Island Metasequoia path
Written by Cicha

First timer guide to Nami Island

Pertama kali ke Korea Selatan khususnya Seoul? Siap-siap untuk jatuh cinta dengan keragaman budaya dan suasananya. Iya, perpaduan antara budaya dan modernisasi di Korea khususnya Seoul ini memang luar biasa, a perfect blend pokoknya!

Ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat ke Seoul dan akan aku bagi di beberapa tulisan. Bagian pertama ini adalah Nami Island. Iya, untuk first-timer alias yang pertama kali ke Korea, Nami Island merupakan salah 1 tempat yang wajib dikunjungi.

Inget ngga waktu gue posting tentang “Gak suka Kpop ngapain ke Korea?”. Ternyata ya gak juga harus suka KPop/KDrama sih untuk Korea. Karena walau banyak hal yang berkaitan dengan K-Fever yang bertebaran di Korea, banyak hal lain yang bisa diexplore.

Nami7Our ticket to Nami Island (Naminara Republic)

Nami Island. Tempat ini mempunyai keindahan yang punya sejuta cerita. Pernah tau / nonton film Winter Sonata? HAH.. ENGGA TAU??? Sama siiiih ama guee BWAHAHA. Intinya, itu film romansa terkenal banget dan lokasi shootingnya adalah di Nami ini. Saking terkenal dan legendarisnya film itu, sampai dibikinin patung monumen segala di pulau ini. Dan sejak dibuat, patung pemain film Winter Sonata ini menjadi “titik wajib foto” serta sebuah monumen bersejarah sendiri untuk wisatawan.

Bagaimana caranya menuju ke Nami Island?
Untuk kesini kita membutuhkan waktu kurang lebih 1,5jam naik kereta dari kota menuju Gapyeong Station dan dilanjut dengan naik bis/taksi menuju ke port Nami Island. Iya, masih harus ke port dulu, karena untuk ke Nami Island si pulau kecil yang cantik itu, kita harus naik beberapa alternatif, mau ber”flying fox” atau as simply as naik ferry yang disediakan disini dengan harga tiket masuk + PP Ferry 8000Won.

Ferry to Nami IslandFerry yang membawa kita ke Nami Island

Diatas kapal ferry menuju Nami Island

Kalau mau pengalaman yang tak terlupakan? Siapkan sekitar Rp.350.000-400.000/orang untuk naik Zip Wire – Jara-Nami Skyline. Sori aku lupa berapa WON, tapi inget waktu dikurs rupiah jatohnya segitu 🙂

Zip Wire ini bisa dibilang seperti atraksi Flying Fox, tapi posisi penumpangnya duduk manis dan nyaman, dengan keamanan berlapis yang jauh berbeda sama flying fox biasa. Soal kecepatannya? Kuenceeeng! Yaah beda tipis sama flying fox lah. Pastinya pengalaman menuju Nami Island juga pasti akan jauh lebih berkesan sih kalau naik Zip Wire ini.

Zip Wire Nami Island Station

What to do in Nami Island?
Kita bisa foto-foto tentunya, sambil menikmati keunikan-keunikan dan keindahan yang ada di sana. Beberapa spot terkenal tempat wajib foto yaitu sebagai berikut :

Winter Sonata Statue Nami IslandDi dekat patung Winter Sonata

Beautiful Metasequoia footpath Nami IslandDi antara pepohonan yang berjejer rapi dan Indah yang terletak di belakang (setelah patung) yang biasa disebut dengan Metasequoia footpath

Nami Island photo spotFoto di meja ini yang katanya juga “iconic”. I think karena dipake pas scene terpenting di film Winter Sonata. Mau foto disini antre lho haha.

Selain foto-foto, makan barbeque di salah satu resto bbq di Nami Island rasanya bisa jadi itinerary wajib kalau ke Nami Island. Siapin sekitar 15.000WON per orang untuk bisa menikmati chicken barbeque disini. Kita sendiri makan di resto yang depannya ada gambar sapi-nya.

Barbeque in Nami Island

Dan tentunya menikmati pemandangan dan indahnya sekililing pulau Nami.

My Overall Nami Island Experience
Perjalanan ke Nami memang cukup lama. Aku sendiri sempet ketiduran di kereta. Kita jalan dari Hongik University Station (Hongdae) hostel tempat kita menginap dan ditempuh dengan perjalanan 1,5 jam ke Gapyeong Station (segitu sudah sama transit dari green line ke Sangbong)! Tapi semuanya terbayar saat kita turun di Gapyeong. Kita langsung disambut sama udara yang jauh lebih sejuk daripada di kota. Yaiyalah, karena ini udah masuk area gunung.

Me and my travel mates are soo excited. Karena kita, 4 dari 5 orang segrup ini semuanya perdana ke Korea! Yang 1 orang? Kayaknya udah belasan kali ke Korea 🙂 We enjoyed every single corners of Nami Island. Semuanya cantik deh. Tapi sayang beribu sayang, pas kita lagi makan barbeque tiba-tiba ujan turun cukup deras. Jadi setelah makan kita ga terlalu bisa explore Nami lebih jauh karena jalanan becek, dan ga ada tempat berteduh yang enak. Foto-fotoan pun harus pake payung macam mba-mba ojek payung gitu deh *keluh*.

On the way to Gapjeong Station - Nami IslandPerjalanan yang cukup panjang di Kereta menuju Gapjeong Station. Gak lama setelah foto ini langsung ketiduran bwahaha

Gapyeong Station, Near Nami IslandTurun dari kereta di Gapyeong kita disambut pemandangan cantik ini aaarrgghhh…

In front of Gapjeong StationWefie with my groupies didepan Gapyeong Station. Nah diseberangnya keliatan kan, langsung ada halte bus.. nunggu bis disitu deh kita untuk menuju ke Nami Island 

We are in Nami IslandSebelom beli tiket, foto duluuu.. Ini si snowman imut2 adalah “Icon” nya Nami Island (yaolo lebar bener gueee *mewek*)

Antri naik ferry ke Nami IslandAntrian orang yang mau naik ferry ke Nami Island

Raining in Nami IslandHujan mengguyur Nami Island saat kita disana (September 4, 2015)

Menginjakkan kaki pertama kali di Nami IslandHappy 2016 in Nami Island? Iya iyaaa, semoga 2016 bisa balik lagi kesini sama Shaina, papanya dan Omi, hepi hepi disini. Amin!

Waktu yang pas untuk visit Nami Island
Berangkatlah dari kota sekitar jam 10-11 siang. Habiskan waktu di Nami sampai jam 3-4 sore (udah termasuk makan siang bbq disana). Waktu segitu cukup nyaman dengan medium pace, untuk bisa menjelajahi dan mengambil foto disetiap sudut Nami.

Mau foto-foto disana tambah cakep? Try going there while winter time. Konon seluruh area dan path di Nami akan menjadi putih semua iih kebayang deh cakepnyaa.

Transportation to Nami Island
Stasiun kereta yang paling dekat dengan keberadaan Nami Island ini adalah Gapyeong Station. Untuk ke stasiun Gapyeong ini bisa diakses dari normal train di seluruh area Seoul dengan transit dari Green Line ke Sangbong yang nyambung sama hijau line 7, hingga ke Gapyeong Station. Sesampainya di Gapyeong kita ga langsung ujug-ujug si Nami Island depan mata. Karena kita harus “nyambung” transport untuk bisa ke tempat pembelian tiket ferry atau Zip-Wire untuk nyebrang ke Nami Island. Pilihannya ada bis/taxi. Kita kemaren naik bis karena ber5.

Gapyeong Station, Near Nami IslandDidepan Gapyeong Station, Near to Nami Island

Gapyeong Station, Nami Suasana Gapyeong Station

Bus from Gapyeong Station to Naminara RepublicaBus from Gapyeong Station to Naminara Republic

Nami Island Snowman Icon

Bye bye Nami Island. Sebelum beranjak dari situ aku berbisik pada sang Icon Snowman, “Aku akan membawa suami, anak dan mamaku kesini kelak. Tunggu kami ya”.

11 Comments

  • foto di antara pepohonan itu spot wajib sptnya ya mbak, cantik banget emg pulau ini. Masuk dalam daftar wishlist sayaaaaa, even samaan kurang ngeh dgn namanya K-Pop hihihi.
    Gelantungan di Zip-Wire dgn kabut seperti itu keknya ademmmmm sembriwing yak ^^

    Cicha Reply:

    Iya betul, diantara pepohonan itu kayaknya emang spot wajib photo deh haha.
    Yuuk barengan yuu ke nami.. aku juga kepengen lagi kesanaaa hihi
  • korea Utara malah udh, ehhh…korea selatan yg cndrung utk wisata turis malah belum ;p… Korut juga karena mertuaku dulu diplomat sana sih :D.. kalo ga, ga bkl kepikiran jg mw ke korut.. Korsel udh masuk dllm listku dr lama, tp blm kesampaian aja didatangin.. malah pgn explore jepang dulu sblm ke korea 😀

  • Winter Sonata dulu saya gak berani lihat. Kalo gak salah setelah endless love kan ya. Endless love bikin nangis-nangis, makanya Winter Sonata nya di skip. Hihihi. Tapi Nami islandnya emang bagus kelihatannya. Diniatin gitu emang ditata buat narik wisatawan.

  • Orang Korea pintar mempromosikan pulau ini.
    Bukit di sebelah menyebalah sungai itu bagu ya.

    Cicha Reply:

    Iyaa bener, mereka tau potensi daerahnya bangett, jadi dikemas super cantik 🙂
  • waaahhhh mba cicha seruuuu bangetin…
    duh winter sonata? aku lupa lupa inget deh uda luama banget soalnya hahaha…
    tapi tapi tapi duh butuh berapa budget sih buat ke korea plus ke nami island nya? *ngintip tabungan masih jauuuuh nih* 🙁

    Cicha Reply:

    Kalau dapet tiket promo banget bisa 3jt udah pp lho ke Koreaaa hehe. Kalau cuma 2malem ngehostel disana dan cuma ke nami sama tempat2 gratis/murah di seoul tanpa belanja, 7-8jt sendiri (udh plus tiket pp) juga jadiiii hihi. Bisalaaahhhh 😀
  • Wah asikkk… semoga cepat ke sana sama keluarga Mbak. Kemarin aku ke Korea, skip Nami Island… soalnya mahal hahaha ga ada di budget… Kapan-kapan aja kalau ke Korea lagi, dan ada temennya hehehe XD

    Cicha Reply:

    Yuuk barengan hihi. Korea ini bikin lumayan pengen kesana lagi dan lagi ngga siih hihi

Leave a Comment