Malaysia Singapore Tips & Trik

Johor Bahru Menuju Changi Airport dengan Bis

jbsentral
Written by Cicha

Kalau posting sebelumnya ngebagahas bagaimana cara naik bis umum dari Singapore ke Johor, postingan ini sebaliknya menjelaskan bagaimana rute sebaliknya, khususnya yang langsung ke Changi Airport. Emang Ada ya bis yang langsung ke Changi? Ada!

Rute perjalanan ini cocok untuk pelancong yang mau langsung pulang ke tanah air dari airport Changi Singapura, setelah berlibur di Legoland / Hello Kitty Town. Kami sendiri memilih untuk langsung pulang dari Johor Bahru karena untuk menghemat waktu serta menghemat hotel di Singapore. Idealnya, yang ingin direct ke Changi dari Johor adalah penerbangan-penerbangan sore diatas jam 6, supaya ngga deg-degan karena lamanya perjalanan tidak bisa diprediksi, terkait melewati custom – macetnya perbatasan Woodlands dsb.

Jadi, bagaimana cara naik bis ke Changi langsung dari Johor Bahru (JB Sentral) ?

SultanIskandarCIQ - JB Sentral(gambar dari Wikitravel.org)

Dari Terminal JB Sentral (Johor Bahru) ada bis namanya TranStar Cross Border dengan nomor bis : TS1 yang bisa direct bawa kita ke Changi airport, dengan harga tiket RM10 / SGD6 per-orang saja. Tentunya tetap dengan skema naik turun di custom seperti saat berangkat ya. Walau kali ini agak berbeda, karena cerita aku kemaren kita masuk Johor melalui Tuas Checkpoint –  CIQ2, bukan Woodlands.

Kita harus masuk ke area terminal dan custom JB Sentral CIQ serta antri dulu di JB CIQ (custom), untuk dicap tanda keluar Malaysia. Antrian disini tidak terlalu ramai banget karena cukup banyak counternya. Barulah setelah dicap, kita turun ke area terminal untuk mencari bis apa yang kita mau naikkan menuju ke Singapore. Karena ini tujuannya Changi Airport, kita harus cari bis TRANSTAR, dengan nomor bis TS1. Setelah muter-muter dan salah antri bis, akhirnyaa aaahh.. keteemuuuu!!

Transtar TS1 bus from JB sentral to Changi

Bis Transtar ini memang bentuknya dan warnanya bermacam-macam. Ada yang kuning polos seperti yang aku naikkan dari JB sentral kemaren, tapi rata-rata bis mereka ada tulisan dan dibranding sama maskapai, banyaknya sih Tiger Air / Jetstar. Tapi ga usah risau, yang penting LIHAT NOMOR BUS nya ga usah cari warna atau bentuk bis nya, karena sangat beragam.

Setelah itu, kita naik bis TS1 pertama melewati jembatan antara Johor Bahru dan Singapore. Gak lama-lama, menerjang macet mungkin hanya 15-20 menit, kemudian kita akan turun bis  membawa seluruh luggage kita di Woodlands, untuk dicap masuk ke area Singapura. Kita tidak akan naik bis yang sama, karena di Woodlands ini kita bakalan lamaaaaa antrinya. Tapi kan bis TS1 banyak dan ada jadwal keberangkatannya, kita tinggal nunggu aja bis TS1 yang lain datang setelah selesai di cap masuk Singapura.

Di Woodlands ini, kesabaran kita akan sangat dibutuhkan. Belum lagi orang-orang yang suka nyelak.. dari 1 jalur antrian dibikin jadi 2 jalur antrian kanan kiri. Hadeeh.. kalau penerbangan kita siang-siang pasti bakal spaneng deh.

Setelah lepas antri dan paspor kita sudah di cap Singapura, langsunglah kita ke area terminal untuk mencari lagi nomor bis yang kita naikkan sebelumnya. Ingat, NOMOR BUS aja yang perlu diingat, jangan bentuk bis nya! Jangan hilangin tiket yang kita dapat saat naik bis dari JB Sentral ya, karena tiket itu harus kita perlihatkan untuk bisa naik bis lagi tanpa kita harus bayar ulang. Setelah masuk bis TS1 yang nyaman dan dingin, sit back – relax, kira-kira 30menit kita akan diantar ke Changi Airport, hanya dengan membayar 10RM/orang (bila dikurs sekitar Rp36.000).

Bis TS1 menuju Changi AirportMuka tegang ngejar pesawat sore, kalau anaknya sih molor kecape’an berdiri antre 🙂

Sleeping on a bus TS1

Ada pertanyaan,

Kalau memang ada cara gampang naik taksi, kenapa harus repot memilih naik bis yang (agak) ribet?

Yaudah yuk mari berhitung aja.

Perhitungan naik taksi dari Singapura ke Johor :
Taksi dari Singapore ke Legoland adalah SG$120 kalau dikurs dengan nilai tengah Rp10.000, jadi Rp1.200.000 sekali jalan. Okelah kita bertiga, berarti sekali jalan perorangnya adalaah? Rp.400.000,-

Perhitungan naik taksi dari Johor ke Singapura :
Tarif taksi Dari Johor Bahru ke Singapore rata-rata RM230-250, yang kalau dikurs jadi Rp3.600, artinya sekitar Rp900.000. Itu belum harga kalau direct ke Changi, tapi anggaplah sama. Kalau dibagi 3 berarti seorangnya Rp.300.000,-

Karena kita sekeluarga, jadi ga fair lah yaa kalau diitung per-orang. Lain hal kalau memang pergi sama teman yang bisa diajak patungan. So, total PP naik taksi dari Sing – JB – Sing adalah Rp2.100.000

Perhitungan NAIK BIS dari Singapura ke Johor:
Naik bis Causeway Link perorang adalah SG$4 dari Singapore ke Johor alias Rp40.000. Bertiga jadi? Rp120.000,- saja.

Perhitungan NAIK BIS dari Johor ke CHANGI Airport / Singapura :
Kalau langsung ke Changi Airport dari JB Sentral, tarifnya adalah RM10 alias Rp36.000 perorang. Total kami ber3 sekitar Rp120.000,-

Jadi, PP Sing – Johor – Sing naik bis umum, total yang harus dikeluarkan adalah Rp240.000 dibandingkan dengan Rp2.100.000 jauh kaaan?

Itulah alasannya! Hahaha.

Ada yang pernah naik bis umum juga dari Johor ke Singapore dan sebaliknya? Kalau disuruh pilih, ambil yang mahal simple apa repot sedikit tapi ngirit kayak aku? 😀

7 Comments

Leave a Comment