Malaysia Singapore Tips & Trik

Pengalaman Singapore ke Johor Bahru Naik Bis Umum

Antri bis Causeway Link dari Singapore ke Johor
Written by Cicha

Yang udah pernah ke Singapore terus lanjut ke Johor untuk ke Legoland, pasti akan mereferensikan begini : “Bok, mendingan elu bayar mahal naik taksi deh dari Singapore dan sebaliknya, daripada naik bis.. Belom antri di custom, naik turun bis… kagak lagi-lagi deh gue”. Begitu sih katanya. Apa bener?

Sepengalaman aku, EMANG BENER SIH! Bwahahahaha.

  • BENER, bahwa kalau dibilang enakan mana ya pasti enakan naik taksi. Yaiyalah!
  • BENER, kalau naik bis kita harus naik turun 2 kali lengkap dengan seluruh bawaan dan koper kita. Yang pertama di custom saat keluar dari Singapore, yang kedua saat memasuki kawasan Malaysia. Dan sebaliknya kalau kita mau balik lagi ke Singapore.
  • BENER, di custom itu antri untuk ngecap paspornya bikin naek darah. Belom lagi orang-orang yang yang suka nyempil2 nyodok antrian.. heeuhhh.
  • BENER, dibanding naik bis, naik taksi jauh lebih cepat tapi jauuh lebih mahal! Jadi tergantung kalian, kalau emang pengen style ngetrip irit, ya mending naik bis ajalah. Capek dikit tapi duitnya masih ada sisa buat bebelian.

Jadi, apakah ada cara ngirit dan murah untuk sampai di Johor dari Singapura dan sebaliknya? Ada doong, disini aku jelasin cara paling murah serta cara irit menuju ke Johor dari Singapura.
Terus, bagaimana cara traveling naik bis umum Causeway Link (CW) dari Singapura ke Johor?

Antri bis dari Jurong East ke Johor Bahru

Bis Cause Way Link to Johor Bahru

Aku akan jelaskan menurut pengalamanku yang berangkat dari Jurong East Terminal. Aku memang sengaja berangkat dari terminal Jurong East, karena setelah dihitung jarak dari Jurong jatohnya lebih dekat ke area Puteri Harbour tempat kita menginap di Johor.

Dari terminal Jurong East, kita harus cari counternya CAUSEWAY LINK (CW) yang biasanya dia didominasi warna kuning. Sebisa mungkin minta jadwalnya, supaya kita bisa antre sesuai sebelum jam keberangkatan. Untuk yang mau ke Legoland / Hello Kitty Town, bisa naik bis CW dengan nomor CW3. Dan namanya bis umum, jangan berharap semua orang bisa duduk manis di dalam bis yaa.. kalau memang penuh, ya kita bisa berdiri juga, seperti aku kemaren hahaha. Tapi untungnya ga terlalu jauh perjalanan cuma sekitar 15menit aja udah sampai di Tuas Checkpoint.

Berdiri di Bis antar kota Singapore ke JohorKita kedapetan harus berdiri dari Jurong East ke Tuas Checkpoint, anak kecil cemberut hehe

Karena melalui Jurong East, kita tidak akan melewati customnya Woodlands seperti orang-orang yang menyebrang dari Queens Terminal Bugis menuju ke JB Sentral. Tapi akan melalui Tuas Checkpoint atau 2nd Link. Di Tuas, antrenya sedikit aja, tidak seramai di Woodlands. Sesampai di Tuas, kita harus turun bus dan membawa semua barang bawaan kita, untuk dicap paspor karena kita akan meninggalkan area Singapore. Setelah selesai dicap, dan keluar gedung custom, kita harus mencari lagi pemberhentian bis CW untuk naik bis dengan nomor yang sama yg kita naikin dari Singapore.

Tuas Custom Singapore to Johor BahruAntre custom di Tuas Checkpoint

PERHATIAN : kita belum tentu naik bis yang sama lhooo, yang penting lihat nomornya aja dan simpan tiket yang kita beli dari Singapore tadi. Inilah alasannya mengapa seluruh barang bawaan dan bagasi harus kita tenteng naik turun bis. Aku kemaren sempet kecele, nyariin bis yang gambarnya hello kitty ampe ngider2 (yg aku naikin dari Singapore). Ternyata, yang penting liat nomornya aja. Pas naik lagi ke bis CW, kita diminta memperlihatkan tiket yang kita beli, baru deh boleh masuk, Jadi walau tiketnya kayak kertas kecil doang, jangan sampe ilang yaaa.

Causeway link to Hello Kitty Town

Lanjut. Baruuu aja naro pantat di bangku bis, kita udah masuk ke area CIQ2 atau CIQ Second Link. Sampai di CIQ2, kita turun lagi dan baru deh paspor kita dicap Malaysia. Selesai dicap dan keluar area custom, kita langsung seperti ada di terminal. Aku sempet bingung, jadi sebenernya ini perbatasan apa terminal sih haha.

CIQ 2nd Link Malaysia Johor

Nah, barulah selesai urusan custom dan cap-capan, di terminal sini kita beli tiket lagi, menuju… kemana kita di Johor Bahru. Karena waktu kesana weekend, kita naik bis SL1 yang memang jurusan Legoland yang juga melewati Hello Kitty Town – Puteri Harbour. Sengaja pilih menginap di Hotel Jen kemaren itu, karena ada bis yang langsung berhenti didepan hotel. Turun bis setelah perjalanan panjang, tinggal selonjoran deeehh 🙂

PENTING : Ga usah malu bertanya, karena memang agak tricky dan membingungkan. Untuk yang pertama kali, pasti banyak keragu-raguan karena Causeway Link ini ada beberapa nomor bis, ada banyak tujuan dan tempat antre nya pun berbeda-beda. Yang bikin pusing, semuanya warnanya samaaaa. Aku sendiri sempet HAMPIR salah naik bis CW yang membuat kita ketinggalan bis SL1 yang memang tujuan ke Legoland-Puteri Harbour. Main ikut aja yang antrenya paling panjaaang, ternyata itu yang tujuan ke Johor Premium Outlet -_- Akhirnya nunggu 1 jam kedepan nunggu si bis datang lagi.

Nah, itu ceritanya untuk menuju Johor dari Singapura. Lantas kalo balik dari Johor Bahru ke Singapore nya gimana?

Ribet ngga naik bis umum antar kota (/negara) ini?
Ya kalau dibandingin sama naik taksi jelas ribet ya, ga usah ditanya. Tapi kenapa sih milih naik bis umum? Itung-itungannya nanti aku jabarkan. Tapi karena kepanjangan ceritanya, dilanjut di postingan selanjutnya ya 🙂

Baca Postingan Selanjutnya

 

8 Comments

  • Aku pernah naik bus dari JB ke Singapore turun di Queen Street (karena rencana balik Medan via Batam) emang ribet gitu siy mba, tapi waktu itu antriannya biasa aja ga sampe mengular kemana-mana… hehehe. Tapi kalo weekend emang parah deh !

  • waahh klo si azka kayaknya seneng nih naik bis begini, lebih serruuuu. thanks for sharing ya

    Cicha Reply:

    Shaina juga kemaren enjoy banget kok. Cuma dia bilang, lebih capek aja, tapi seruuu hehe
  • pengalamannya beda ya kalo naik bus atau naik taxi 🙂

    Cicha Reply:

    Beda banget Arman, sensasinya – pengalamannya lebih seru aja dan lebih banyak ceritanya hehe

Leave a Comment