Singapore Traveling

Singapore Day 1 – EZLink, Kudu Punya!

Kartu EZLink, gambar diambil dari hasil googling
Written by Cicha

Akhirnyaa baru sempet cerita tentang perjalanan Singapore kemaren.

Singapore trip kemaren kita berangkat rame-rame sama keluarga besar yang udah di planning dari 9 bulan yang lalu ituuh. Lihat aja, di airport udah hueboh foto-foto. Sebagian besar kita naik Air Asia, sebagian lagi ada yang naik Tiger Air.

Foto di Airport

Family picture @ the airport before heading to Singapore! :)

Family picture @ the airport before heading to Singapore piano tiles kostenlos herunterladen! πŸ™‚

Sampai di Changi, kita-kita udah mulai rungsing sama koneksi. Kebetulan, di Changi memberikan 5 menit gratis WIFI di area arrival. Jadi pas landing dan sampai di airport, kita udah bisa langsung aja cari WIFI, konek langsung dari browser. Nanti kita akan dikirimin password via sms untuk fasilitas 5 menit gratis WIFI tadi. Kalau dipikir, fasilitas ini sangat membantu buat traveler yang mau ngasih kabar ke keluarganya atau buat janjian sama yang mau jemput di airport jadi ga lost contact sama sekali. Waktu 5 menit itu pergunakanlah secara maksimal πŸ™‚

Kalau kasus kita, karena semua keluarga pada ikutan, jadi ga ribet urusan janjian & ngabar2in wo kann man sich pc spiele downloaden.

Karena sampai di airport udah cukup malam, jam 9 kurang, jadi kita semua naik taksi. Secara bawa anak kecil juga. Sebelum naik taksi udah itung-itungan kepala. Siapa ikut siapa, dll. Di Singapore sendiri naik taksi itu dibatasi. Orang dewasa hanya boleh 4 orang. Aturannya kayak gini nih :

Information taken from here

Ndilalah… Setelah itung-itungan, terdamparlah aku dan suami ga ada temen untuk naik taksi barengan klingeltΓΆne herunterladen iphone. Kalau naik taksi berdua, berasa rugi boowwk.. 2 kepala $26. Itung-itung, kalau naik MRT kita bisa hemat 60% bahkan lebih. Kayaknya cuma 6 dolar deh dari Changi ke Bugis, lupaa πŸ˜› Akhirnya, kita berdua langsung ngebolang naik MRT yang ada di Changi. Untungnya MRT di Singapore sekarang udah sampai di Airport.

Sebelum naik MRT, ga lupa sekalian aja beli kartu EZLink di counter. Jadi bisa menghemat waktu. Kebetulan temen dan sepupuku yang tinggal di Singapore udah ngingetin, kalau memang kita mau jalan2nya banyak naik MRT, harus beli katanya herunterladen. Yaudah ikuta aja deh, beli!

Perlu atau tidak beli EZLink di negara Singapura ini? Kalau kamu berencana untuk jalan-jalan menggunakan alat transportasi umum disana dan stay lebih dari 3 hari, aku jawab PERLU BENEUR CYIIN!

Kartu EZLink, gambar diambil dari hasil googling

EZlink itu seperti kartu E-Toll kalau di jakarta. Yang modelnya tinggal di tempel / tap di alatnya. Bedanya si EZLink itu buat personal, hanya bisa dipake 1 orang dan bisa dipakai untuk naik kendaraan umum di Singapore mulai MRT sampai Bus wann kann man fifa 20en. Karena kita rencananya mau agak ber-irit ria, jadi ga rugi beli EZLink card ini. Ga cuma buat transportasi umum sih, dia juga berlaku kayak model BC4 Fl4zz gitu, bisa buat belanja juga kalau isi saldonya cukup. Rata-rata semua Singaporean pasti punya ini πŸ™‚

Manfaat si kartu EZLink ini berasa saat kita mau naik bus. Kalau naik bus itu tarifnya pake sen-sen’an, misalnya $1.20 – $1.60, dan rata-rata mereka minta dibayar pakai uang pas (bayangin kalau ga pegang koin-koinan kecil.. bisa-bisa ga jadi naik bus gara-gara ini!). Di bis, ga bisa harap uang kembalian dan ga terima pecahan di atas 2 dolar. Secara ngga ada kenek kayak disini yang standby ama duit kembalian, semuanya pake mesin herunterladen.

Jadi, bisa dibayangin waktu rombongan keluargaku mau naik bus dan semua ga punya rata-rata ga punya EZLink. Itu antriii bayarnya dan penumpang didalem udah pada cemberut karena ngabisin waktu banget itu ngitung-ngitung duit kecilnya. Kalau pake EZlink tinggal di tap aja di alat yang ada di bus.

Pemilik EZLink juga dapet potongan kalau naik MRT. Misalnya, fare dari Changi ke Bugis junction itu 1.80. Kalau pake EZLink diskonnya cukup gede. Aku lupa berapa, yang jelas sekitar 30%an lebih murah. No wonder yang udah merasa manfaatnya pake EZLink, pasti nyaranin untuk beli πŸ™‚

Dari Changi, ga terlalu sulit ngikutin arahan-arahan menuju stasiun MRT yang ada di bawah Terminal 2 mediathekview filmeen. Semua direction nya jelas banget. Kalau kurang jelas, bisa tanya sama orang-orang khususnya yg jaga counter disana. Mereka mau bantu pastinya.

Kalau kasus aku, kebetulan kita turun di terminal 1, sementara MRT Station di terminal 2. Gimana caranya kita dari Terminal 1 ke Terminal 2? Kita harus naik Skytrain ke Terminal 2. Selama masih di area terminal, naik Skytrain ini gratis kok.

Dari awal cari hotel memang kita mentingin HARUS dekat MRT Station. Ada untungnya juga beach hotel ini ga terlalu jauh dari MRT Bugis Junction windows 10 installations cd herunterladen. Jadi skenario naik MRT dari Airport pun bisa jadi pilihan. Yasudah, malam pertama aku dan suami jelajah lah (baca : muter-muter ga tau arah karena GPS belom nyala – belom beli SIM Card Local) di sekitaran situ menuju ke Beach Hotel. Ternyata ga semua orang tau tempat kita huhu. Pasrah aja dikider-kiderin arah. Ada yang bilang ke kanan, ke kiri. Akhirnya ketemuuu!! Padahal mah ga jauh.

Untung sebelom berangkat aku udah terawang lokasi hotel melalui Google Maps pake Street View. Jadi udah tau gambaran jalannya seperti apa, sekitarnya ada apa dll musik auf itunes kostenlosen. Pas ketemu belokannya girang banget! “Naahh ini nih yang aku liat di google maps! yakin deh ini!”. Ternyata benar haha.

Harusnya sampai hotel jam setengah 10 kurang. Nyampenya jam 11 aja gitu. Tapi seru sih pemanasan buat kaki yang bakal di abuse 4 hari kedepan. Abis sampe di hotel, kita langsung turun lagi, cari 7-11 terdekat dan BELI SIM CARD LOCAL! Kayaknya kapok ga tau arah di negara orang. Jadi langsung cari SIM Card, nyalain data supaya ga hilang arah! Kaka-kaka sepupuku juga pada beli Sim Card local, biar selama disana kalau mau janjian – sms’an ga repot never download without vpn.

Selesailah hari pertama kita di Singapore.

Yaelaah ga seru banget ya hari pertama nya haha. Makanya besok kalau kesini lagi, atau jadi pelajaran kalau mau jalan-jalan traveling. Paling bener emang sampe ditujuan itu siang-siang. Biasanya tiket pasti lebih mahal sih. Yah.. kata-kata “ada harga, ada rasa” berlaku, ga hanya buat barang-barang yang kita beli, tapi juga jam penerbangan! Cateut!