F&B story Gorontalo

Makan Binte Biluhuta Paling Enak di Gorontalo

Milu siram binte biluhuta
Written by Cicha

Milu siram binte biluhuta

Mencoba makanan heritage atau signature food suatu daerah saat kita mengunjungi daerah tersebut? Ah, rasanya wajib deh hukumnya, supaya afdol. Ini dia salah satu kulineran makanan khas Gorontalo, saking signature nya, sampe ada lagunya lho.. Binte Biluhuta.

Binte biluhuta (dibaca binde biluhuta), yang lebih ngetren dengan nama “milu siram”  ini adalah makanan berkuah berbahan dasar jagung. Ya memang “binte” / “milu” sendiri memang artinya jagung, sementara biluhuta artinya disiram. Jadilah makanan jagung disiram. Milu siram ini menu Makanan khas Gorontalo banget deh. Istilahnya ya, se-khas pempek untuk orang Palembang. Iya, se-khas itu.

Sblomnya boleh cerita dikit ya. Dulu, aku sejujurnya ga suka sama makanan khas Gorontalo yang satu ini. Pernah nyoba beberapa kali, di pesta rekan mertua, sisanya nyoba2 dari bbrp restoran & tempat2 makan di Gorontalo, ga ada yang suka. Terus, mertua yang memang tinggal disana merekomendasikan rumah makan spesialis milu siram SYAKINAH yang lokasinya di sekitar Telaga Biru. Woh, memang enak banget! Yang tadinya ga suka samasekali, jadi suka! Ini dia pengalaman makan milu siram paling enak se-Gorontalo 🙂

Binte biluhuta khas Gorontalo

Jagungnya putih, manis, ga berampas dan rasanya gak seperti makan jagung pada umumnya. Kuahnya seperti kaldu kental yang dicampur daun bawang dan kemangi, pokoknya enak banget! Untuk dirumah makan ini, didalamnya ada terong dan rasanya udah sedikit pedes asih gurih. Untuk condimentsnya disediain sambal rawit (yang pedesnya ga ketulungan) dan potongan jeruk nipis. Kalau orang Gorontalo aseli, rata-rata suka menyantapnya dengan rasa yang asam dan puedess. Kalau aku karena lidah jawa-padang, ga perlu pake jeruk nipis udah cukup 🙂

Ikan lajang bakar dabu-dabu

Teman makan milu siram ini ada bermacam ikan bakar pilihan. Biasanya piihannya ada lajang (ikan layang), oci (ikan kembung) atau mujair yang dibakar terus disiram dabu-dabu. Saat kesana, kita pilih ikan lajang. Rasanya? Aduh, ga bisa digambar dengan kata-kata haha. Pedes, enak, bikin keringetan dari ubun-ubun!

Milu siram plus ikan bakar? Jodoh!

Milu siram plus ikan bakar? Jodoh!

Untuk yang akan mengunjungi Provinsi Gorontalo, menu masakan Binte Biluhuta memang sangat mudah di dapatkan. Bisa dibilang hampir sebagian besar resto menawarkan menu ini. Dari yang resto besar sampe warung-warung sederhana. Tapi, kalau mau tau THE BEST milu siram dari segi cita rasa, ini salah satunya! Recommended!!

Rumah makan milu siram sakinah gorontalo

Rumah makan Syakinah Telaga biru

Suasana rumah makan. Sepi karena sudah sore. Kalau saat jam makan siang, konon sampai antre dan waiting list :)

Suasana rumah makan. Sepi karena sudah sore menjelang tutup. Kalau saat jam makan siang, konon sampai antre dan waiting list 🙂

Berapa kerusakan kantong kita sore itu? Pokoknya 1 porsinya sekitar Rp15.000 sudah berikut ikan bakarnya. Deuh, jadi kepengen lagiiii… *lap iler*. Ada yang udah pernah nyobain makanan ini?

17 Comments

  • aiihhh gw ngeces liat ikan bakarnya.. itu cabe sama tomatnya endees banget kayanya.. murah banget ya cha segitu komplit cuma 15 ribu.

    Cicha Reply:

    Yoiih dabu2nya enak, disiram minyak kelapa kampung slurpp haha. Iya ke.. Disana emang murah2 sih rata2 🙂
  • Saya baru tahu ada makanan ini mbak kebetulan blom prnh ke gorontalo. Makanan khas indonesia memang unik dan bnyak banget ya

    Cicha Reply:

    Gorontalo itu tetanggaan sama Manado, sama2 sulawesi hehe. Kebetulan kampung suami 🙂
    Iyaaa unik, ada lagi yg lebih unik, bentuk warnanya ga keruan rasanya enak, namanya ilabulo hihi.
  • Waaaahhh..trimakasih reviewnya sis..
    Bikin ngileeerrr..
    Sama yaa..selama di gorontalo belom pernah nemu yang sesuai lidah ‘jawa’ saya..ini boleh di coba segera..hihihiii..

    Cicha Reply:

    Waah Anggi di Gorontalo kah? Iyaa selama ini ngga pernah suka itu yg namanya milu siram, tapi yang ini sesuai dengan lidah jawa ku hahaha
  • Ya ampun, ngiler banget lihat binte biluhuta. Apalagi rawit2nya. Aaaw!

    Cicha Reply:

    Emang enak banget.. Itu rica2, cabe campur bawang merah, tomat, minyak kelapa kampung dan teman2nyaaa.. Slurrppp hahaha
  • oke… dari penampakan sih mirip bubur menado ya :D… aku blm prnh nyobain binte ini, tp jd penasaran… cuma bner2 ga kebayang kalo makannya ama ikan bakar ;p.. duuh itu ikan kyknya lbh enak dimakan ama nasi panas soalnya ;D

    Cicha Reply:

    Beda sama bubur manado. Ini berkuah gituuuh tapi kuahnya sedikit kental aja ga demek2 kayak bubur haha. Makan ama ikan bakar emang jodohnya, endwooll hihi
  • Murah lhoo udah ama ikannya.. pengen nyobaiiiinnn ^^

    Eh iya, slaam kenal Mak! ^^

    Cicha Reply:

    Iyaa disana mah muraah hihi.. Segitu udah sama ikan bakarnya 😀

Leave a Comment