MPASI

Anak Lahap Makan = Mama Bahagia

shainasukamakan
Written by Cicha

Siapa sih yang ngga seneng anaknya makan lahap hap hap?

“Wah, anakku kalau makan bisa satu jam lho. Itu juga cuma setengah mangkok abisnya”

“Aduh, waktu makan anak kayak neraka rasanya, si bayi tutup mulut terus sampe depresi kita yang nyuapin”

 “Udah coba resep ini, itu, sama aja.. makannya syusyeehh”

Gitu kira-kira banyak ibu-ibu yang ngeluh. Anak-anaknya susah makan, ya pasti orang tuanya yang pusing 7 keliling.

Awal-awal mama emang sempet ngerasain stress. Shaina sering gtm waktu mpasinya masih buah aja sama bubur susu. Sekarang udah mulai kenal spices.. wah Shaina alhamdulillah makannya tambah lahap.

Memang, effort yang harus dilakukan khusus anak mama ini adalah : Entertainment. Hiburan adalah salah satu bumbu yang nyaris dibilang wajib untuk menemani waktu makan Shaina. Kalau ada entertainment, “hap.. hap.. hap” gak berasa setengah mangkok mpasi udah ludes. Jadi, satu orang nyuapin (mama) dan satu orang lagi ngamen (biasanya sih mba jum. Ato pas sabtu minggu giliran papa yang ngamen 😉 )Ah, anything lah. Selama ngga harus nggendong-nggendong ke taman ngebiarin itu makanan dihinggap debu dan berbagai bakteri lainnya.. I’ll do anything.

Apaan sih yang bikin anak mama ini makannya dahsyat?

—-

Bubur Sapisay (kaldusapi – sayuran)

Masak kaldu sapi kurleb 15-20 menit. Sampai kira2 airnya habis 1/4nya.

Di panci lain : rebus sayuran (buncis / wortel / bayam / bit / labu kuning). Selain wortel sama bayam, kaldu sayurnya bisa dipake untuk ngeblender sayuran rebus ini. — kalau wortel dan bit, setengahnya bisa diblender, setengahnya diparut buat tekstur bubur — Daging yang dipakai untuk bikin kaldu juga bisa diblender bareng sayuran ini. >> mama pilih blender sayuran karena kalau disaring, banyak serat yang nggak ngikut. Sebel!

Diwajan lain siapin : Olive oil – 1 sendok teh / unsalted butter – Onion powder & Garlic Powder (each seujung sendok teh). Oseng sampe agak wangi. Terus masukkin kaldu sapi + 3 sendok makan tepung beras yang udah diaduk diwadah lain pake kurleb 20cc air / kaldu tadi (mama pake gasol) aduk-aduk sampai mengental dan matang.

Tepung beras yang sudah matang dicampur dengan sayuran rebus blender + parut tadi,  dijerang sebentar.

Tuang ke wadah. Sajikan.

Ukurannya? pake feeling seorang ibu aja 🙂 Tentunya juga disesuaikan sama ketrampilan & kemampuan makannya si bayi. Baik tekstur, dan kekentalannya.

—-

Itu tuh resep favoritnya Shaina. Kalau makan bubur begitu.. kira-kira begini nih  modelnya si anak mama.

aku suka makan!

Alhamdulillah banget, anak mama ini doyan sama makanan homemade. Oleh karena ini juga, Shaina yang kemarin ini pilek (ketularan mama hiks 🙁 ) bisa sembuh dalam 2 hari saja tanpa obat-obatan. Resepnya cuma : ASI yang banyak, MPASI yang bergizi. titik.

Mama mejengin foto ini buat kenang-kenangan. Karena masa-masa ini adalah masa yang menyenangkan bagi mama. *denger-denger ada masanya anak GTM terus ya? hiks.. moga-moga itu ga terjadi deh sama mama*

19 Comments

  • @bunda zillan, ini waktu Shaina 9 bulan bu.. Hehe. Karena butter dan bumbu masak (bawang putih misalnya) ceritanya kan baru boleh dikenalin pas 8 bulan 🙂
    kalau zillan susah makan yang model begini, coba kasih yang manis aja bu kalau masih 7 bulan. Tepung berasnya campur buah-buahan blender, siapa tau lebih napsu? mulai 8 bulan baru beralih ke yang gurih2.. cuma saran ya 🙂

  • @ mami vaya

    Yang dioseng itu : extra virgin olive oil ATAU unsalted butter (ada merk anchor, dsb) + onion bubuk + garlic bubuknya mi. Setelah wangi, baru dituang kaldu.. kayak bikin sop gitu loh. Beli garlic sama onion bubuknya di supermarket aja mami. Kalau yang versi mahal n enak, dijual di foodhall gitu. Tapi kalau versi murah ada yang merk koepoe-koepoe kalo ga salah.. tapi rasanya kurang mirip sama aslinya. Ada harga ada rasa kali ya.. 😉 hehe

    @ yendoel

    GTM = gerakan tutup mulut. Dimana si anak mingkem kunci mulut kalau dideketin sendok / makanan

    @ sunghee’s mom

    mm.. kemungkinan momnya ngasih makannya terlalu padat ngga ya? Soalnya makanan yang terlalu padat / blom bisa dicerna sempurna sama si bayi kadang emang bikin sembelit. Tapi kalau tekstur & kekentalannya sesuai dengan kemampuan pencernaannya, insyaAllah sih ga bakal ketemu tuh masalah sembelit.

    Kalau awal2 (aku sih sampe 2 minggu pertama) ngasih mpasinya semi cair gitu. Secair apa? hmm.. pokoknya lebih kental sedikit dari susu deh (kebayang ngga?). Awal-awal banget malah cair sekali (3 hari pertama) terus kekentalannya dinaikkin sedikit2, sampe bentuknya kayak bubur ayam gitu deh – Shaina sih baru setelah 2 bulan MPASI baru sekental bubur ayam beneran.

    Kalau sembelit, banyakin buah aja mom.. dicairin banget. Misalnya buah kukus dijus campur asi / air matang sampe enceeer sekali.. Buah apel kukus itu bagus buat ngebantu pembuangan – jangan salah.. pepaya malah kalau Shaina malah bikin agak sedikit keras atau berbentuk gitulah. Kalau apel ya kayak odol aja gitu 🙂 Sampe bayi 8 bulan, semua buah2annya dikukus dulu ya bu.. (kecuali pisang + alpukat).

  • Waaaah.. shaina pinter deh! Sapa dulu dong mamanya! Mamashaina kreatip banget ya bikin makanan shaina. Moga aja nafsu makan shaina bisa bertahan terus. Soalle bisa strees lo kalo anak kita susah makan. Aku pernah ngalamin soalnya. Untungnya sejak gigi aulia full sekarang dia doyan makan. Malah tiap saat suka ngemil.. 😀
    Hahaha.. lucu deh ngebayangin papashaina ngamen! Hahahaha..

  • duh senangnya liat shaina maemnya banyak dan habis bis.. semoga sunghee ngikut kaya shaina ya nanti.. soalnya skrg lg sembelit nih jd MPASI mami stop dulu sampe normal pup nya baru maem lg. hiks mami sedih deh sunghee sering sembelit. pdhl kayaknya semua udh pas. salah dimana ya? mom cicha bs ksh masukan/saran ?

  • alhamdulillah…good girl..makannya bisa lahap gituh seneng deh bacanya juga.iya mom bagusan juga apa2..asli..makanan homemade no.1 ASI no.1 TOP dah…!
    terus semangat yah mom..give all the best for our children always..;)

  • waduh Cha, tadi mikir2 GTM itu apaan yah.
    anak pertamaku susah. sampai nyaris 3.5tahun gini pun masih susah. kadang2 doang bisa makan cepat. apalagi kalo makan sendiri. bisa dihitung jari deh dia ngabisin dlm wkt kurang setengah jam.
    mudah2an Shaina bisa terus2an lahap yah! jadi sehat dan pinter. coba aja pelan2 kurangi entertainmentnya. kalo dah gedean dikit, duduk di meja makan bareng orang dewasa.
    nah, kalo si bungsu, makannya cepat. bahkan gak perlu repot2 ngolahnya (gak pernah pakai blender/saring). dia ikut makan dengan orang dewasa. jadi bubur kadang nasi ditambah kuah dari sayuran. kadang kaldu (sop) ayam atau sup tulang ibab, tomat tumis telor, telor tim, udang, ikan, brokoli,kembang kol, spinach (jenisnya beda sama bayam yg di indo, katanya paling kaya Fe nya).
    yg susahnya cuman gak bisa diem (mungkin bawaan unyeng2 dua). juga gak pakai entertainment. tapi gak bisa diem, jadi tangannya geratakan ke mana2. jadi kita siapin beberapa barang untuk dia pegang, misal sumpit,sendok, piring plastik, wadah plastik, mainan kecil. itupun tetap aja manjat meja, kursi. gak kayak kakaknya duduk manis di kursi makannya.

  • emang kalo anak lahap makannya seneng ya…Alma juga jarang banget sih GTM – alhamdulillah tapi kadang-kadang ada waktunya juga sih begitu udah tinggal 5 sendok suka udah geleng2, mgk bukan GTM tapi udah kenyang aja. Kalo GTm kayaknya pas lagi sakit tuh or diare jd agak susah. So far makanan apa aja bisa masuk mulutnya, semoga shaina jg gitu yaaa 😉

  • aduh..shaina pinter banget seh..bikin gemeees ajah..
    seneng banget ya mom klo anak maemnya gampang..
    mudah2an nanti anak ku maem nya gampang kya shaina yach..

  • HOREEE…
    ikut seneng bacanya deh tantee.. hihihi.

    ga nyangka ni mama cicha hebat jg, sampe kamu lahap makannya, pasti enak tuh masakannya 🙂
    tante nanti perlu belajar dr mama nih soal bikin makanan homemade.
    tante jg sebel klo ngeliat ibu2 suapin anaknya ma’em diluar rumah (di taman dpn rmh tante bnyk tuh yg bgitu)kan ga sehat ya shaina..

    sehat terus ya sayaaang 🙂 *kiss kiss*

  • si Bas tuh udah GTM 😀 jadi dia semangat makannya pas awal2 aja, heheh…
    ke sini nya, ih dipariasi dikit aja, GTM deh. Jadi dia masih single food 😛

    Ya, yang penting belajar kali ya…
    asik juga model shaina, kebayang yang ngamennya hihihi… itu masa 20 menit sampe tandas gitu, sip deh….

  • Hai Shaina, salam kenal ya dari Kyara
    Duh pinter banget sih makannya… Kyara dulu juga lahap hap, tapi sejak umur 8bln lebih sering GTM nya deh kalo liat bentuk bubur padahal udah dihias segala biar menarik. Kalo lagi OK sih bisa habis 2mangkok, tp lebih sering GTM nih. Untungnya Kyara hobi banget sama sayur rebus dan buah, semua disikatt hehehe… Sehat selalu ya Shaina 🙂

Leave a Comment