comic MPASI

Mie Kuah for Baby (9m+)

mam-mie
Written by Cicha

Bayi makan mie kuah? wah.. asyik bener. Kalo mie kuahnya orang gede mah.. full msg, walau rasanya emang maknyus sih. Apalagi dimakan panas-panas lagi musim ujan gini. Hmmm.. enyak enyaakk.. 😛

Kalau buat bayi? Waah.. MSG adalah hal yang wajib harus mesti kudu dihindari. Kalo bisa ampe umur minimal 2 taun harus dijauhin dari barang terlarang itu. Yahh.. kalau sekali-sekali si bayi makan buatan restoran ya, baca bismillah ajalah. Kan gak tiap hari 😉

Terus, gimana caranya bayi kita bisa makan mie kuah yg enak? Ini dia tantangan mama untuk nyiptain variasi makanan buat Shaina biar dia gak bosen n monoton.. gak melulu nasi. Selain itu juga untuk memperkaya tekstur makanan juga kan?

Yang harus dipikirin adalah gimana caranya biar makanan itu tetap kaya gizi. Disisipin sayur? Pastinya. Nah.. setelah muter otak, gimanaa caranya biar anak mama bisa menikmati mie kuah yang enak, non msg dan bergizi? Setelah semedi (berlebihan dehh).. jadilah resep ini:

Tim Mie swa Kremes Kuah Sayur cincang

Cara bikinnya : Mie swa (ato mie telor boleh) satu iket diremes sampe kecil (kira-kira si anak gak kelolodan dan kesusahan nelen itu mie-nya), rebus di air mendidih sampai lunak (air mie biarin dibuang aja, karena ga ada fungsinya juga), tiriskan, taro di pinggan / mangkuk tahan panas. Ditempat lain, rebus sayuran yang udah dicincang kecil (bisa brokoli, bisa kembang kol+ sawi putih) sama air matang sekitar 150cc.. Setelah mendidih, bubuhi setengah sendok teh onion bubuk + seujung sendok teh garlic bubuk + butter setengah sendok teh (salted / unsalted, your pick 🙂 ) dan taburi daun parsley kering seperempat sendok teh (optional, gak ada juga gapapa). Rebus sayuran sampai kira-kira empuk.

Setelah sayuran empuk, angkat panci, tuang semua sayuran ke mangkuk isi mie swa plus kuahnya, sampe mie terendam. Kukus atau tim lagi sekitar 10 menit. Angkat, sajikan hangat.

Jadi deh!

Gampang kan? Rasanya enak.. tapi emang rada hambar. Makanya mama pake salted butter aja, biar ada rasanya. Setelah mau disajikan, mama biasa tetesin kecap manis cap bango sekitar 5 tetes (ini mah optional banget lah.. gak juga gapapa). Bisa juga ditaburin parmesan cheese biar ada rasa asin-asinnya. Suka-suka emaknya lah. Kalau udah setaun sih, lebih bebas lagi, boleh kasih garem sedikit.

Shaina suka ngga? Jangan tanya. Alhamdulillah sih Shaina biar dikasih makanan itu-itu aja dalam sebulan penuh juga dia gak keberatan. Cuma mamanya aja yang gak tega. Jadi suka muter otak gini, gimana cara ngasih makan-makanan ‘BARU’ buat anak mama. Sama makanan ‘BARU’ ini? Doyan dong..

Ini mama share Shaina waktu mau makan mie kuahnya..

shaina mam mie kuah

yuk mamam.. 🙂 Oh iya, ini menu bukan menu tiap hari lho. 3hari sekali, oke lah. Bukan apa-apa, takut anak mama jadi mie mania ah gedenya.. tar tau mie enak dan gak mau nasi lagi, sapa yang repot coba?

17 Comments

  • Hai bunda, mau tanya dong…
    Anakku kan sudah 12m, nah pengen bikinin mi kuah nih…
    tapi binggu mesti pakai mie apa?
    Boleh bagi infonyakah? mie swa itu apa ya? trus mie telornya pake yang merek apa? Apakah aman? tanpa pengawet dan pewarna??

    Makasih ya bunda

  • BundanyaShaina,

    Shaina bisa dikasih butter ya? Setauku kan alergi sama keju babybel ya dulu. Freya juga alergi keju itu, jadi ga berani deh ngasih butter. Apa sekarang udah sembuh dari alerginya?

  • 🙂 aduh shai, kamu emg doyan mamam yaa.. hehehe…
    itu gpp ya mam udah dikasih kecap dan salted butter?
    ‘kmrn vaya sempat dikasih makanan yg ada rasa garam wkt di rs, emg siy jd enak, dia doyan… kekeke… tp maminya ini msh ragu kasih penyedap rasa…

  • baru nulis soal mie kuah juga..hehehee..!
    bisa tambah tomat mom, rasanya jadi asem2 asin gitu, bisa meningkatkan gairah makan. kulit tomatnya dibuang, soalnya utk bayi mungkin agak susah dikunyah. kalo masak pakai tomat, cukup tambah mie, sedikit daun bawang dan garam aja. itu kalo kamunya mau pakai garam. kalo gak yah itu salted butter yah? kalo anak2ku sih makan garam.

  • bener2 young mom full inovation nech…..
    dulu waktu Ridho masih seumur satu tahunan..aku sempet pusing mikirin menu makannya..coz Ridho suka bosen-an..so…muter2 dech..di dunia maya..menclok ke banyak web buat nyariin menu makanan bayi.. hi..hi….

  • aduh mama nya pinter banget kreatif banget cari menu buat shaina..pantesan shaina doyan makan..
    btw mama cicha..klo kasih garlic bubuk n onion bubuk ke menu nya si kecil itu bolehnya umur berapa sih?..
    thx infonya

  • @Ocha
    senangnya Alma 3x makannya beda2.. kalau shaina cuma beda 2x. Pagi PASTI tim kentang kuah daging.. siang sama malem PASTI nasi lembek + sup sayuran ikan hihihi..

    @Dhira
    di hero juga ada buuk.. ato engga foodhall deh. Tapi kayaknya carefour gitu juga ada deh.. Kalo di surabaya, coba cari di hero deh buu.. pasti ada.

    @Isty
    haha.. ini mah bisa2an gue aja bu. Btw, buat orangtua juga enak lho.. daripada indomie instan melulu.. beginian juga okeh.. tinggal tambah garem, merica ama sambel dah hihi

  • Nyam…nyam…enak ya shaina…yoi mom emang musti muter otak terus tiap hari. Dulu aku kasi makan Alma sehari 3X itu gak ada yang sama loh. Pagi siang sore beda semua hehhe…Malah dulu sama sekali gak paek onion, garlic bubuk or semacamnya. Cuma unsalted butter aja sama kaldu ayam palingan keju lah, baru deh diatas setaon pake garem. Trus juga selain nasi ya makaroni, spagetti, mi swa juga tuh sampe skrg tapi sesekali aja. Coba bikin omlete juga mom, isinya sayuran dan daging or ayam cincang, jadi dia belajar ngunyah yang lebih padet juga.

Leave a Comment