comic Parenting

Let them do whatever they want?

nanakuda-212x300
Written by Cicha

Semakin besar anak, keingintahuan mereka jelas semakin besar. Pengen nyoba ini itu, pengen ikut-ikut apa yang kita kerjain, pengen ngerasain ini, pengen sesuatu yang mungkin kita orang tua deg-deg an ngasihnya.

Deg-degan maksudnya takut kecolok lah, takut jatoh lah, takut kena panas, takut ini takut itu. Itu dari sisi kita sebagai orang tua. Tapi bener ngga sih itu?

Postingan ini sebenernya dipicu sama acara Masterchef Junior Australia yang lagi booming itu loh. Jadi anak-anak umur 8 sampe 12 tahun yang udah jago banget masak (mama aja mah ga ada apa-apanya sama mereka, seriuus!). Mama mikir, “Itu orangtuanya gimana ya waktu pertama kali ngasih kesempatan mereka belajar? apa ngga takut kesiram minyak panas, ngga takut tangannya gosong kena panci, dll?”. Tapi balik lagi, kalau kita sebagai ego nya orang tua yang takut ini takut itu, ternyata kalau dipikir2 bisa jadi bumerang buat anak kita sendiri.

Kita ngga pernah tau, siapa tau memang bakatnya disitu, tapi karena orangtuanya takutan, akhirnya eksplorasi mereka terbatas.

Amit-amit. Sebisa mungkin mama sih maunya gak menghalangi apapun, tapi yaa namanya emak-emak, ada aja lah yang ditakutin. Tapi melihat contoh di acara masterchef junior itu, mama jadi berasa ditegor! Ditegor untuk lebih berani lagi, untuk tidak parnoan dan supaya bisa memaksimalkan eksplorasinya Shaina. Kita liat dia sukanya dimana, tinggal diarahkan.

Berkuda mungkin?

Atau jadi pemain billiard 😛

Intinya sih, apapun yang mau dicoba sama anak, mama mau berusaha untuk bisa memfasilitasi. Sampai detik ini, Shaina ada beberapa permintaan : belajar balet, belajar bowling sama belajar violin 🙂 Kita lihat kalau memang udah cukup umur, mama mau coba kasih fasilitas. Siapa tau memang bakatnya disitu? Kita orangtua ngga akan tau kalau ngga dicoba, kan?

12 Comments

  • Wah udah lama gak mampir disini cha, shaina udh mau 3 tahun ya….emg anak itu kadang ada baiknya gak dilarang ini itu, tapi mungkin hrs liat situasi nya dulu ya….semoga shaina nanti ketemu bakatnya dimana…

  • aduh2 kenapa jadi begitu ya, maksudnya mau bikin link tapi malah muncul semua codenya *tutup muka*
    delete aja mamashai (skalian sama yg ini), nanti aku bikin comment baru. janji! maap yaa, nanti towel aku aja ya =)

  • Bener mom, kalo dilarang terus kapan bisanya yachh…kayak ina, awalnya aku ngga kasih ina pegang gunting, soale dia pegang gunting sambil [email protected], kan takut jatuh trs guntingnya kena perut…tp ternayta di sekolah udah diajarin menggunting dan menempel, ya udah terpaksa dibiarin aja kalo ina pegang gunting…ternyata sekarang ngeguntingnya udah jago lochh…sampe kecil2 tp ngga kena tangan hehehhe….

  • emang sebaiknya jgn suka nakut2in anak mbak. Tp liat anak2nya juga. Kyk Keke dia dr umur 2 tahun udah sy bolehin pegang pisau tajam. Krn sy lihat dia anaknya hati2. Skrg umur 6 tahun kalo utk goreng nugget, telor atau masak mie instan sih udah bisa lah sendiri

    Tp kl utk Nai, sy blm bisa lepas. Anaknya grabak-grubuk. Tingkat kehati2annya agak kurang. Ya walopun sy gak pernah nakut2in. Tp kl dia mau megang yg tajem2 atau mau ikutan masak, sp skrg masih sy awasin dg ketat

  • persin andien-ku yg 3thn! Minta les balet sama les biola..pengen bgt ngasih tp gak bisa krn tinggal di kota kecil 🙁

    Cicha Reply:

    Halo bunda andien.. wah bisa sama’an sama Shaina ya?emang rumahnya dimana ibu?

  • keren Shaina berani naik kuda ya

    Cicha Reply:

    hehe iya nih udah berani naik kuda tunggang sendirian. Mamanya mau ngasihnya tadinya deg2an juga, tapi karena anaknya berani, yaudah ngeliatin aja sambil tangan kaki keringet dingin :p

Leave a Comment