Parenting Shaina Toddler - Balita world

Menyapih Jari dengan Kuteks

ngenyutjari
Written by Cicha

Assalamualaikum blog tercintaaah (yg sudah lama terabaikan hiks)

Sebagai pembukaan, mama mau update tentang kebiasaan baru Shaina yg lumayan membanggakan.

Kalau ada yg belom tau, anak mama yg sekarang udah umur 3tahun 5bulan ini, punya kebiasaan buruk, yaitu ngenyut telunjuk sebelom tidur dari bayi. Iya dari bayi waktu mulainya awal-awal Shaina masuk umur 4 bulan. Mama sempet ceritain awalnya di sini

Bener-bener, dulu kalau ngga ngenyut telunjuk, kayaknya impossible bisa tidur. Wajib & kudu hukumnya. Efeknya, giginya Shaina ya udah maju banget yg bagian atas. Mama bingung gimana cara nyapihnya. Bayangin aja, telunjuk sendiri gituloh. Kalau sekedar empeng aja, mama bisa tahan-tahanin deh, pada saat yg tepat untuk disapih, kita cari jalan buat nyapih. Bisa diumpetin atau dibuang, atau apalah. Tapi kalau tangan sendiri, gimana nyapihnyaa?

Tapiiiii.. Seiring jalannya waktu, alhamdulillah, ternyata mudah untuk memisahkan Shaina dengan kebiasaannya mengenyut telunjuk sebelum tidur. Bukan, bukan diperesin pare rebus, bukan juga dioles brotowali, atau diplesterin telunjuknya. Tapi.. KUTEKS! 🙂

Ceritanya, Shaina mulai kepengen ikut-ikutan pake kuteks. Mama bilang ngga boleh, karena Shaina kalau bobo kan ngenyut jari, nanti kuteksnya kemakan, kuteks itu kan racun. Lagian kuteks itu buat anak perempuan yg sudah besar, yg ngga ngenyut jari lagi.

Gak disangka-sangka Shaina setuju dipakein kuteks dgn syarat tidak boleh ngenyut jari. Mama awalnya gak yakin, tapi mama coba aja pakein kuteks & mau liat omongannya Shaina bener apa engga.

Ajaib. Malam pertama anak mama ini pake kuteks, sebelom tidur Shaina bilang “Ma, kalau anak besal ngga boleh masuk tangan ya? Nanti kuteksnya ilang ya? Kuteks itu racun ya?”. Dan BENAR!! Shaina ga tidur dgn ngisep telunjuknya. Walau tidak semudah itu. Sempat nangis2an juga, sempat rungsing, ngoles2in jarinya dibibir, jarinya dipandang2in.. Dan jam tidurnya mundurrrrrr!! Tadinya jam 10, karena proses penyapihan dgn kuteks ini, pernah rekor, baru tidur jam ?4 pagi hiks. Akhirnya ngerasin juga mendampingi anak yg sedang disapih 🙂

Tapi apapun, mama rela, mama sabar2in temenin Shaina selama proses itu. Dia cerita-cerita, minta diceritain, minta nonton tv, jungkir balik, nangis, rewel, minta minum bulak balik, minta pipis bulak-balik.. Sampai akhirnya dia tidur.

Mama bangga luar biasa. Shaina komit terhadap ucapannya. Shaina sudah mengerti betul & mau berkorban demi keinginannya pakai kuteks. Hari pertama mama lihat Shaina tidur tanpa masuk telunjuk, mama sampai menitikkan air mata seraya berbisik, “I’m so proud of you my big girl” :’)

Alhamdulillah cuma 4 hari prosesnya yg agak berat. Setelah itu udah biasa lagi & Shaina sekarang sudah bebas dari kebiasan ngenyut jari. Semudah itu.

Good bye ngenyut telunjukkk!! Hallo kuteks!! 🙂

8 Comments

  • caaaa…great tips!bakalan guw coba buat icel…semoga berhasil jg yah..*crossing my fingers*

    Cicha Reply:

    Hehe silahkan dicobaa 🙂 anak cewek biasanya mau tuh, apalagi sering liat mamanya pake kuteks, penasaran pengen pake juga deh dia pasti hehe

  • Wah, selamat ya Shaina sudah lepas dari ngenyut jari waktu tidur. Saya belum berhasil menyapih Dita dari nenen nih. Lebih gampang jungkir balik nyetock ASIP daripada nyapih hehehe, melawan rasa tega itu yang susah 🙁

  • waahhh senangnya .. tinggal Farras nih, shaina ngenyut jarinya pas mo tidur aja atau di tengah 2 tidur juga suka ngenyut mom ?? pengen juga nih sapih Farras . 🙂

    Cicha Reply:

    Shaina tadinya hari pertama kedua masih suka kelepasan memang masuk mulut. Tapi aku bisikin, suruh lepas kan lagi pake kuteks.. dia kebangun & kaget trus lepas tangannya.
    Hari ketiga alhamdulillah udah ga pernah kelepasan sama sekali 🙂

  • Allhamdulillah ya skr udah ga ngemut jari lagi. Lama ga mampir ke sini Shaina udah besar aja nih mbak

    Cicha Reply:

    iya alhamdulillah nih berkat bantuan kuteks 🙂
    Iya say, Shaina udah besar.. Aku juga kaget main ke blogmu ternyata pascal udah punya adek yaa hihi

Leave a Comment