Essential Oils Kesehatan My Reviews Parenting

Siap Tempur Saat Musim Flu!

YLEO-flu-oils
Written by Cicha

Musim flu tiba. Iya kalau cuaca ujan-panas-kering-ujan begini sejalan deh ama virus-virus ngeselin. Shaina batuknya ga selesai-selesai. Nanti sembuh 3 hari trus mulai masuk sekolah 2 hari, trus batuk lagi – ingusan lagi – sumeng lagi. Beruntunglah mamaknya sudah kenalan dan bersahabat karib dengan minyak-minyak essential oil yang sekarang selalu jadi alat tempur utama saat musim kayak gini dateng.

Berasa banget sih, walau lagi flu, dibantu sama oles-oles, minum dan diffuse si oil, kondisinya ga bakal drop banget. Mungkin drop 1 hari (lemes, sumeng).. terus aku abuse alias oles terus-terusan seharian itu sampe instruksiin orang rumah juga saat ngantor, besoknya udah beres. Ga lama mereda, mulai ceria lagi. Ya emang si Essential Oil ini sangat ngebantu, khususnya kalau hanya sekedar common cold aja.

Di postingan ini aku mau share oil-oil yang aku pake sebagai “Alat tempur” dan alternatif tanpa obat untuk bantu redakan gejala flu anak. Apa aja sih oil yang aku pakai?

Untuk oles di dada (bagian luar paru2, samping deket leher sampe uluhati). Dioles bergantian, sejam sekali. Atau saat mau mengabuse, oil ini bisa dilayer. Dipake selang 20 menit. Biarkan si oil yang pertama bekerja, baru oles oil lainnya di tempat yang sama.

YLEO-flu1

  • Eucalyptus Radiata.. yg mana baunya mirip sama minyak kayu putih, tapi yg ini theurapeutic grade.. bisa ngabantu menyamankan pernafasan saat batuk-pilek. Si Eucalyptus ini sering menjadi bahan utama minyak-minyak oles yang ada di pasaran. Nah si EO ini adalah “biang” nya 🙂
  • RC.. oil blends yg berfungsi utama untuk meredakan, melegakan, meringankan respitory problem saat anak batuk-flu. Baunya mirip minyak tawon.. tapi cara kerjanya jauh beda sama minyak tawon ya hehe
  • Raven.. oil sejenis untuk problem respitory, alergy saat anak batuk pilek. Dari semua, menurut Shaina, ini yang paling hangat di badan
  • Myrtle.. the mildest theurapeutic grade oil untuk batpil anak yg juga cukup gentle even for babies

Untuk oles di telapak kaki, ini ada 3 oil utama. Ini juga kalau lagi sakit, dilayer 1 jam sekali, ganti-gantian. Kalau hanya untuk protection, sebelom tidur bisa dipilih aja salah 1 mau yang mana. Here’s my top 3 oils untuk dioles di kaki saat anak sakit :

YLEO-flu2

  • Thieves : the most powerful antiviral, antibacteria dan bantu proses penyembuhan lebih cepat. Ini juga biasanya bisa untuk campuran madu. Iya, bisa diminum juga!
  • Oregano : a powerful antiviral, antibacterial, antifungal oil.. ini selang seling sama thieves. Bisa untuk diminum tapi rasanya wow very powerful banget pokoknya.
  • Peppermint : kalau buat emaknya ini paling utama saat sakit perut, pinggang ga enak, buat minum teh anget, buat ngeredain sakit2 badan.. Rasanya enaaaaaaakk banget untuk diminum. Dioles pun rasanya supppeerr hangat, dan baunya enaakk.. bau mentos-minyak angin tapi ga kayak nenek2 hehe. Untuk saat sakit, peppermint bisa bantu saat anak sumeng dan nurunin demam juga kalo diapply di telapak kaki.. di layer sama Thieves biasanya.

Kenapa sih oles di telapak kaki? ini penjelasannya 🙂

YLEO-feet

Untuk punggung, lebih spesifiknya persis dibelakang bagian paru2 sama di sepanjang tulang belakang. Sebenernya sih bisa juga pake yg dioles di dada (eucalyptus radiata, rc, raven, myrtle).. tapi kalau sebelom anaknya tidur, dan biar dia istirahatnya enak, I prefer using :

YLEO-flu3

  • Lavender (diluted – alias dicampur V6.. carrier oilnya Young Living) dan dipijit belakang badannya.. sepanjang tulang belakang, tengkuk leher sampai tulang ekor. Supaya calming, tidurnya enak, meredakan alergi juga. Buat yg tidur disebelahnya, ati2 aja molor duluan secara nyium bau lavender ini juga kayak memprogram otak untuk kalem & ngantuk hehe
  • Frankincense.. the most magical-powerful blends.. untuk naikkin imunitas yg paling utama. Kalau emaknya pake buat campuran krim malem supaya mukanya kinclong & masih puluhan kecanggihan di frankincense. Shaina suka ini dicampur sama madu, sebagai pengganti obat batuk.

Does this oils work? Hehehe bukan work lagi.. BUT IT WORKS LIKE WONDER! Ga bakal kebayang kalau ga nyoba 🙂

Apa harus punya semua oil-oil tadi untuk jadi alat tempur saat anak flu?
Engga juga kok. Sebenernya punya RAVEN atau RC aja cukup. Dengan dioles didada, rasanya udah cukup relieving. Tapi karena kebeneran aku punya koleksi cukup lebay untuk jadi alat tempur, jadi aku maksimalin semua. Yang paling baik adalah ada yg untuk oles di dada – punggung, dan 1 oil yang untuk telapak kaki, itu udah cukup. Gak kurang 🙂

Demikianlah alat tempur di kondisi musim flu begini. Aku bersyukur banget kenal dan bersahabat sama Young Living Essential Oil ini. Bener-bener meningkatkan well being aku sekeluarga deh. Karena udah mulai “jago” dan udah banyak belajar, aku mulai bikin blends untuk sehari-hari dirumah. Ada oil campuran sebagai pengganti minyak telon/kayu putih setelah Shaina mandi, sebagai Insect Repellent, atau untuk skincare pun aku mulai bikin pake campuran essential oil. Seru deeh.

New to Essential Oil? Coba aja googling deh.. di Pinterest juga banyaaaakk testimoni-testimoni nya. Di Indonesia memang belum ada kantor cabangnya. Kita harus beli paling dekat di Singapore.

Kalau temen-temen mau nyoba, mau tau atau bahkan mau kayak aku yang bisa beli banyak dengan harga yang pastinya lebih murah dari harga retail di seluruh dunia yang ada Young Livingnya bahkan, ya harus jadi member. I’ll help you. Ask me. Ga jadi member atau mau nyoba beli satuan pun bisa kok.. I’ll help you either way. Mau konsultasi ttg wellbeing, kebutuhan oil juga boleh. Email me, cicha.zakir at gmail dotcom 🙂

3 Comments

Leave a Comment