Parenting Things to Remember

She want to learn & write..

belajarnulis
Written by Cicha

Satu lagi yang bikin mama amaze.

Suatu hari Shaina ambil maskara oma (dalam keadaan tertutup) terus dilanjut dengan mengambil amplop tagihan yang kebetulan tergeletak di meja.

Mama kira mau berantakin, akhirnya mama ambil, bilang “ei, gak boleh berantakin barang ya Shaina?”. Shaina pun nurut.

Gak sampe disitu, shaina ambil lagi pensil alis (kebetulan meja rias oma emang kejangkau tangannya dia), dan ambil foto papa yang juga tergeletak di meja.

Mama ambil lagi, dengan ajakan “gak boleh berantakin” seperti di atas.

Ya namanya ngejaga anak, pasti ada melengnya ya.. Pas kita lagi ambil minum ato apalah. Pas mama balik ke kamar, Shaina lagi megang maskara sama amplop tagihan yang pernah dia ambil sebelumnya, dan pura2 ngoret2 di atas amplop. Mama biarin ajalah, tapi gak terlalu engeh maksudnya apa.

Trus besokannya, shaina ketemu ballpoint. Dia ambil ballpointnya dan secarik kertas dan foto papa, terus pura2 oret2 di atas foto papa.

“Ya ampppuuuun,” keluh mama dalam hati.

Mama baru nyadar. Kemaren2 ini shaina ambil barang yang menyerupai alat tulis yaitu yg seperti ballpoint / pensil dan kertas (dalam bentuk amplop, foto dsb) itu karena mau belajar nulis ya nak??

Belajar menulis..

Mama kaget karena to be honest mama belom pernah ngajarin soal ini. Β Serius, bukan krn males, tapi karena mama pikir ngajarin anak nulis itu baru dimulai nanti pas dia umur 2-3 tahun lebih.. Dan mama masih takut megangin bolpen atau apa, takut kecolok!

Memang sih Shaina hari-hari tontonannya kalo gak babyTV, Cbeebies ya playhouse disney. Mungkin dari ketiga hiburannya itu Shaina mengerti konsep “alat tulis dan cara menulis”. Lagi-lagi mama berasa gimanaa.. gitu. Kok ya taunya bukan karena diajarin mamanya ya? hmm.. seriuuus.. mama kira belom waktunya πŸ™

Atau memang.. Instinct “keinginan untuk belajar”nya keluar sendiri.. Dirangsang sama apa yang shaina liat di televisi.. Entah.

Setengah terharu mama. Anak mama udah gede. Kontan mama segera fasilitasi keinginan belajar Shaina. Rencana mau beli krayon yg non-toxic, tp belom ketemu. Akhirnya mama beliin alat tulis sambil bermain yg diatas magnet.. Mmm.. actually mama yang milih, tapi Opa Gorontalo yang beliin, pas OpaGor ada di Jakarta, buat nyerahin berkas final bakal gelar Profnya. Makasih ya Opa. Ayo Opaa, cepet jadi Prof, biar kita pulang kampung lagi πŸ™‚

Anyway, Shaina cepet besar ya nak? Kemarin perasaan mainan kamu masih soft toys, soft book dan boneka. Sekarang kamu udah minta alat tulis… *mellow deh ah jadinya si mama*

17 Comments

  • Hai Shaina+Mamaaa…
    uda lama skaliiii ga mampiiiir πŸ˜€ Ya ampun, Shai ud pinter blajar nulis. Gpp mama, bkn salah mama mutlak kok, tapi Shaina-nya yang keburu puinter πŸ™‚
    nampaknya bakat nya mulai keliatan mau jd penulis, hehehe…
    Kapan ketemuan lagi Shaiii :-*

  • Haloo mama shaina
    Saya dita dari salah satu tabloid parenting di Jakarta. Saya ingin memasukan blog Anda di salah satu rubrik kami untuk itu saya minta kesediaan/izin Anda.

    Terima kasih

    Cicha Reply:

    halo mba dita.. makasih ya sempetin main ke sini πŸ™‚
    silahkan mba.. kalau boleh aku diinform aja, konteksnya apa, apa sekedar mengutip cerita disini kemudian dijadikan artikel, atau sekedar referensi blog saja..
    email aja ya mba.. ke mamashaina at gmail.com πŸ™‚ tapi basically, bebas kok.. boleh πŸ™‚

  • Waaah Siz…Shai pinter ya,
    koq perkembangannya bisa cepet gt?? stimulusnya apaa?

    perasaan aq punya ponakan umur 2 taun juga hobynya nyobek2, jerit2, dan bikin gaduh aja deh..maksudnya belom bisa apa2 gt

    Cicha Reply:

    hai bu… hihi.. kayaknya perkembangan Shaina gak jauh beda kok sama anak2 seumurannya πŸ™‚ Cuma memang aku akuin, Shaina anak yang lumayan gampang diatur dan sedikit kalem πŸ™‚

  • wahh shaina udah seneng nulis yaaa…kalau ina corat coretnya dibelakang kalender, kan lumayan tuch kalendernya besaar…jadi ina bisa puas coret2, tapi tetep aja corat coret di tembok tidak dilewatkan hehehe….

  • iya umur segini emang lagi suka nyoret2 tuh kayaknya alma juga pas umur segini deh tapi ampe skrg gue pen beliin papan magnet itu gak jadi2, hehehe jadinya gambar2 diatas karton gede aja lumayan bikin dia anteng dan berimajinasi sendiri πŸ˜€

  • duuh senengnya shaina udah mulei coret2….asal jgn ky azka yah nyoret2nya bablas mpe sprei, tembok, lemari hihi..padaal udah dibeliin alat tulis segambreng, alat tulis magnet, whiteboard, tetep aja coret2 tembok

  • iya ma, instinct dan mungkin dari hasil ngeliat2 juga. zikra jg gak diajarin tau2 seneng aja nulis2, makanya difasilitasi dgn spidol warna dan kertas gak kepake dari kantor:p
    ide tempat tulis magnet boleh juga tuh, daripada nyoret gak jelas jadinya kayak zikra skrg, semua mau dicoret2nya. untung aja dinding rumah gak jadi korbannya:p keep learning ya shaina:)

  • Shaina makin pinter ya! Kynya emang umur segitu lg interested nyoret2. Mungkin Shaina jg liat orang2 sekitarnya nulis2 gitu jadi mau ikutan.

    Shaina pinter makan ya? Gemuk sehat keliatannya. Anak saya makannya banyak tp cuma gendut di perut. πŸ™

  • Mom, crayon non toxic ada d gramed, gw lupa merknya apa..tanya ajah ama mbaknya, Arthya pake itu buwat coret2, aku sih sediain dia buku gambar, biar dia coret2 sepuasnya, gak bececeran, dan bisa d simpen buat kenang2an :), dr 12 bln dah mulai aku kenalin coratcoret, smp skrg dah habis 3 bk gambar, hehehe, meski teteppp, gak bisa liat kertas nganggur, efeknya pengen nyoret2..hehehehehe

  • shaina lg nulis apa? “I love mama” ya? Pinter deh kamuu.
    jadi pingin minta bliin bunda mainan yg itu juga.
    kontrakan yg lama aku tinggalkan dgn tembok ruang tamu yg penuh dgn oret2 aku πŸ™‚

  • shaina nurunin bakat mamanya nih kayaknya..mo jadi penulis juga ya shainaa..hehe πŸ˜€

    tp jgn kayak samy ya shaina..dah dikasi kertas, ttp aja dinding dan bantal jadi korban kreatifitasnya πŸ˜€

Leave a Comment