Shaina Things to Remember

Satu Setengah Tahun!

18bulan1
Written by Cicha

Waaw.. hari ini, 10 Agustus 2009, Shaina 1,5 tahun lho, alias 18 bulan. Ahh.. waktu oh waktu, kayaknya berjalan lebih cepat dari yang aku harapkan. Tau-tau anak mama udah gede aja nih hihi.

Makin seneng diajak bercanda. Makin seneng dibikin ketawa. Ah punya anak tuh sangat amat menyenangkan yaaa?? 🙂

Shaina 1,5y laughing out loud

BAHASA

Urusan tambahan bahasa, kayaknya belom ada yang terlalu signifikan. Shaina bicara 2 katanya masih jarang-jarang banget. Masih seperti bulan lalu. Shaina lebih suka ngomong 1 kata dan nyuruh kita buat ngertiin maunya haha.

Tambahan kata yang paling anyar:

  • Susah (kalau mau ngebuka sesuatu dan Shaina gak bisa ngelakuin sendiri)
  • bebe (bebek)
  • Amo (gak mau, kepalanya biasanya sambil geleng-geleng)
  • Dajah (gajah)
  • Chingching (kucing)

Kayaknya mama banyak PR buat stimulasi ngajarin ini-itu 1 per 1 nih. Kadang suka lupa, ingetnya ngegemesin Shaina melulu haha. Nanti ya nak.. mama belajar jadi guru dadakan yang efektif 🙂

GENIT

Ngaca1


18bulanngaca1

Udah gitu, genitnya gak tahan. Gak bisa liat kaca, dia senyum2 depan kacar sambil bergaya. Kadang kalau mau ngelakuin ini itu, dia ambil mainannya terus main depan kaca sambil ngintip dirinya di kaca sambil maen.. hihi.

Gak jarang, dia liat dikaca terus bilang “atiik” (baca: cantik) terus bayangannya dia di kaca dia ciumin sendiri hahaha. Sampe kotor jigong deh tu kaca kekekek.

BATPIL

Di umurnya yang jelang 1,5 tahun ini Shaina sempet kena batpil, ketularan papa. Untungnya gak terlalu berat sih. Walau itungan batpilnya lumayan lama. Yang berat cuma 2 hari pertama aja. Itupun tidurnya masih normal, makannya dan lain sebagainya masih normal.

Pilek berat 2 hari pertama, dan di hari 3 timbul batuk. Ingusan sama batuk berdahaknya bertahan sampe 10 harian. Selama itu mama emang gak kasih obat apa-apa sih, hanya stimuno aja 1x sehari sama honey dates (sari kurma) 3×1. Itupun mama ajak pergi kesana kemari, gak dikurung aja dirumah.

Lepas 10 hari baru mau ngga mau deh dikasih obat. Mama pilih triaminic expectorant karena itu emang buat pilek dan batuk berdahak jadi 1 obat. Tulisannya memang untuk 2 tahun ke atas. Tapi, kalau dipikir2, dokter juga sering kok ngeresepin obat untuk 2 thn keatas, bahkan obat keras sekalipun untuk bayi sekalipun. Jadi, bismillah aja, tapi takerannya aja yang mama sesuain, mama itung-itung sesuai umurnya dan gak lupa pake pipet taker supaya gak berlebihan dosisnya.. Eh bener, ampuh. 3 hari minum itu 3×1, batuk sama pileknya bener2 BLASS ilang 🙂 Dibantu Stimuno 3×1 juga sih.

Kalau ditanya, “kok dijejelin stimuno terus sih?” (baca : pendongkrak stamina & memperbaiki sistem imun). Karena terakhir waktu ke dsa saat Shaina batpil yang pakai demam, sang dsa (widodo judarwanto) ngasih saran, kalau anak batuk pilek itu jangan terlalu cepat dikasih obat-obat pereda pilek atau batuk, tapi konsentrasi aja di daya tahan tubuhnya dulu. Biarin daya tahan tubuhnya sendiri yang melawan selama beberapa hari. Tapi, bersamaan dengan itu, perbanyak sari buah, jus dan boleh dibantu obat pendongkrak stamina khusus anak seperti stimuno. Lepas 1 minggu, baru boleh bantu obat bebas. Kalau ngga mempan juga seminggu kemudian, baru bawa ke dokter. — begitu sarannya — 🙂

GIGI

Kayaknya semua gigi susu Shaina udah keluar deh. Tapi disetiap gusi belakang masih ada 1 space kosong. Jadi mungkin giginya kurang 4 lagi, baru komplit deh semuanya keluar.

btw, komplitnya gigi susu itu ada berapa sih sebenernya?

Menyoal Susu

1,5 tahun, berarti perjuangan mama untuk mompa ASI buat Shaina tersisa 6 bulan lagi. InsyaAllah optimis 🙂 Namanya udah diatas setahun sih otomatis ada susu tambahan sih.. Tapi tetep minimal 50% konsumsi susu hariannya adalah ASI mamanya.

Sisanya? Shaina sekarang oplosan susunya Dancow Nutrigold 🙂 itulho susu Dancow yang baru.

Mmm.. perasaan terakhir Chilmil sesuai anjuran susu yang tingkat alergennya rendah? Iya.. tapi entah kenapa pakai Chilmil pupnya Shaina mama perhatiin selalu gelap warnanya. Terus gak jarang, pupnya jadi 2 hari sekali. Jadi iseng-iseng lah nyoba susu lain, siapa tau ada yang paling cocok buat Shaina.

Sempet nyobain Dancow 1+ (dengan harapan kalau memang cocok dan Shaina suka, bisa diteruskan, jadi gak bikin kantong mama-papanya bolong). Cocok-cocok aja sih, warna pupnya bagus, kuning. Tapi sebelnya, setiap abis nyusu, pasti Shaina pupup. Mencr*t sih engga, teksturnya bagus2 aja walau agak lembek, tapi cape ah, mosok setiap abis nyusu pup? Tapi kita mau coba lagi, soalnya nyobain 1+ nya berbarengan sama pas Shaina batpil sih.. takutnya efek batpil juga tuh pupup berkali2nya.

Nah berbarengan sama keluarnya si susu baru dari Dancow itu, yaudah deh dicobain. So far belom ada masalah yang berarti. Pupnya sehari jadi 1-2 kali. Terus, walau pake embel2 gold, harganya masih reasonable lah ketimbang susu ‘gold’ lainnya.

Kebutuhan oplosannya seminggu kurang lebih masih 400gram.

Oh ya, entah kenapa Shaina kok emoh nyusu UHT plain lagi ya sekarang? 🙁 sedih juga sih, kalau pergi2 dulu masih mau tinggal colok UHT. Sekarang, paling yang disedot paling banyak cuma 50-70cc, sisanya masuk ke perut mamanya 🙁

Udah dicoba berkali-kali, terus gitu aja belum ada kemajuan. Itu walau dalam keadaan haus susu sekalipun lho.

Jadi kalau pergi2, walau bawa uht tetep, mama sekarang jadi sedia thermos sama susu bubuknya deh. Dan.. acara menyusu pun lancar, walau tanpa dioplos ASIP. Yaudalah, mama ikutin dulu maunya Shaina.

Oya, lepas 3 bulan belakangan mama udah males bawa botol ASIP kalau cuma sekedar pergi aja. Abis repot lah, harus bawa tas pendingin segala. Ah, anak mama udah gede ini 🙂 Ntar dibalas dendam nyusu ASIP nya kalau sampe rumah ajah.

IMUNISASI

Ah.. ini dia yang mama tunggu2. Bulan ini jadwalnya imunisasi wajib dpt-polio-hib yang ke 3. Nanti tunggu papa gajian dulu tanggal 21, baru kita mau imunisasi hihi. Gapapa kan telat 11 hari 😉

MMR? Mama ampe sekarang masih belom berani kayaknya. Liat kemampuan bahasa Shaina yang masih 2 kata kurang, bikin mama belum bulat untuk imunisasi MMR Shaina di bulan ini. Kita lihat nanti-nanti deh. Bismillah aja.

Selebih dari itu, anak mama sehat-sehat aja. Makannya gak masalah, gak bosenan walaupun dibikininnya itu ituuuuuuuuu aja sehari-hari. Terus Makin doyan minum-minuman dingin, khususnya jus-jusan. Favoritnya? Jus strawberry nya Mama Roz 🙂 – ini fresh juice kok, walau bisa ditemui di etalase dingin di beberapa supermarket 🙂 –

Ah Shaina, kamu memang selalu bikin mama sayang, bikin mama kangen walau hanya keluar rumah sekedar untuk beli sesuatu. Keep growing my baby.. Doa dan cinta mama selalu ada untuk Shaina 🙂

23 Comments

  • Salam kenal yach bunda.

    Wah…Baca pengalaman Bunda, aq jadi tambah yakin nich pakai Dancow Nutrigold.

    Anak aq 21 bulan minum susu Nutrilon Royal 3 tapi koq pupnya gak tiap hari udah gitu susah. Mudah2an pakai Dancow Nutrigold bisa cocok + Ngirit buat tambah tabungan sekolah.

  • aku pernah ikut seminar kesehatan (PESAT), katanya stimuno dan imboost jangan dipake terus menerus selama 8 hari. karena dia sebetulnya masuk golongan obat, tapi di Indonesia dia bisa masuk kategori suplemen, dimana kalo suplemen konsumen merasa dia akan aman untuk mengkonsumsinya terus menerus. pdhl tidak, itu yg bahaya, at least dampak ke ginjal pasti ada. Aku sampe ‘deg’ juga .. sbtlnya dsa ku juga udah pernah bilang, suami ku juga, tp aku ngeyel. aku sering ksh imboost ke izza. apalagi wkt dulu dia kena cacar, pemulihannya jd lbh cepat dibantu imboost. skrg aku tetap pake (tetep ngeyel) tapi hanya kalo izza (anak pertamaku) lagi drop, dan gak lbh dr 3 hari. takut aku .. ya sharing aja.

    Cicha Reply:

    tfs bu.
    Aku juga ngasih Shaina itu kalau dia lagi sakit aja.. memang kemaren itu 10 hari lebih aku kasih 3×1. Hehe.. ya semoga pilihan kita pada akhirnya tidak mencelakakan anak sendiri ya. Siapa juga yang mau ya? pokoknya yakin aja ngasih yang terbaik buat anak.. setuju?? 🙂

  • met ulang bulan shaina. wah udah 1,5 tahun, udah tambah gede, tambah pinter, tambah cantik…

    emang bener punya anak itu menyenangkan, apalagi lihat tingkah lakunya yang menggemaskan….bikin rumah jadi tambah rame….

  • Met ULbul ya Cantik…..semoga makin sehat en tambah pinter terus:D

    Cha,..Fadly juga udah mau lagi minum susu Dancow 1+ yg rasa Vanila. Klo rasa madu kek nya dia ga doyan. Nah Dancow yg gold kan rasa madu…enak ga ya??
    gw mo beli buat Fadly tapi ga ada yg ukuran kecil….jadi takut ntar klo dia ga doyan …masa Bapak-Ibunya yg kudu ngabisin 😀

    Cicha Reply:

    yang dancow nutrigold itu emang rasa madu, tapi rasanya gak terlalu madu banget kok. Dan yang gw suka, dia manis tapi gak manis banget gitu kayak 1+ biasa. Kayaknya sih lebih gurih dan lebih enak si nutrigold ya. Dan yang paling menyenangkan hati, Shaina kayaknya udah nemuin susu yang ‘pas’ buat dia. Pupnya oke terus, bb nya juga keliatannya nambah, nafsu makan tetep bagus bgt, dan yang ga kalah penting masih kejangkau sama mamapapanya. Sebulan 5-6kotak juga masih lumayan enteng 🙂
    gak ada yang kecil sal. Tapi denger2 sih agustus-september dia mo ngeluarin yang 400gram, tapi di c4 dulu awalnya. Coba aja lo kl ke c4 cek.

  • Waaa Shaina udah 1,5 th yaa…ga berasa bgt

    dulu aq nyasar ke blog ini pas baca crt perjuangan melahirkan Shaina, waktu itu babyqu masi 8 bulanan berenang2 di perut…jadi wondering gmn proses pertemuan sama baby qu kelak

    tyt waktu berjalan sangat cepat, skr udah ada Kayla 5 bulan, dan Shaina udah setaun lebih 😉

    Happy Ulbul yaaa Shaina,
    sehat & pinter yaa nak..
    Shaina dulu yg menginspirasi bunda Kayla
    krn perkembangan & crt nya senantiasa aq ikutin

    Cicha Reply:

    makasih ya bunda Kayla.. maaf belom sempet di link. Abis ini aku linkback kita sering2an kunjungan yaaa 🙂

  • waduh…si merah merona ( pipinya merah banget..he..he)ulbul ya sayang.ayo cha pancing ajak ngobrol aja..nanti juga kosa katanya banyak.Farissa juga sekarang minum susunya oplosan he..hee..alhamdulillah.UHT ga doyan..cuma disedot sekali.Buat shaina sehat selalu,tumbuh jadi anak yang kuat n kebanggaan semuanya..amiin

  • ‘met ulbul ya Shaina.. Sama Cha, sy juga kl anak2 batpil gak lsg di ksh obat tp pk stimuno aja dulu. 1 minggu blm sembuh br ksh obat bebas, kl belom sembuh juga br ke dokter.. sama lah pokoknya.. 🙂

  • hai shai,
    sudah gede ya, udah satu setengah tahun.
    semoga sehat selalu ya, jgn kena batpil lagi…
    vaya jg blom mmr, nanti aja kalo udah 2thn…. sama, bicaranya jg masih bahasa planet… hehee..

  • tante cicha..dancownya manis ga?? aq wkt itu dikasih nutrilon ma bunda ga doyan…hihihihi…

    met ulbul yaa shai…kpn qt jln2 bareng lg?? (^_^)

  • met ulbul ya ya shaaaiii..
    haduh poto2 di kacanya lucu deh…
    klo soal UHT sama nih tania juga ga doyan UHT nih..setiap nyedot paling baru 20 cc udh ga mau lagi..di tolak mentah-mentah ya alhasil terpaksa emaknya yg ngabisin 🙂

    bener ya makin gede anak2 itu makin gemesin dan ngangenin..

    cayoooo semangat ya cha..perjuanganmu tinggal sedikit lagi.. 😉

  • Shaina… happy 18 months yach…
    tetep sehat, tetep genit, tetep bikin si mama gemez…
    hihi Shaina udah tau rasa tuh, dah gak mau dikasih UHT plain lagi. Moga2 sukses ASI sampe 2 th ya bu, pasti bisa deh 🙂

  • Shaina met ulbul yang ke 18 bulan…iya emang gak terasa ya cha, tau2 aja udah gedeeee, heheheh…apalagi umur segini lg lucu2nya banget deh emang tiap menit ngangenin…Shaina lucu banget sih foto depan kacanya, hahaha ampe si papa jg ikut2an 😀

    Cayo cha lo pasti bisa deh 6 bulan lg…ASI kan masih banyak, soal UHT pelan2 dikasi lagi pasti lama2 insya allah shaina mau.

    Sehat2 terus ya cantik…

Leave a Comment