comic Shaina Things to Remember

My 11 Months Baby Shaina..

shainaduduk11bln
Written by Cicha

Shaina 11 bulanShai shaiii.. sebulan lagi kamu setaon nak.

Seperti standarnya postingan mama tentang ulang bulannya Shaina *yang panjang dan kemana-mana soal Shaina pokoknya*. Mama mo update dulu tambahan kemampuan Shaina di bulan ke 10-11 ini.

  • Udah bisa berdiri sendiri… SESEKALI 😉 Kalau berdiri sendiri baru sekitar 10 detik – 20 detik paling lama
  • Udah pinter salim! Jadi kita tinggal nyodorin tangan aja sambil bilang, “Saliim”. Nanti shaina ambil tangan kita terus dibawa keidungnya deh. Tapiii.. dengan catatan moodnya lagi bagus 😉
  • Udah pinter diminta cium. Awalnya sih sering nyiumin boneka Teddy-nya.. Kalau diminta cium teddy / elmo, cepet banget. Giliran mama / papa minta cium suka mood2an hihi.. Tapi kalau lagi seneng nyiumin kita, dari pipi, mata, idung, sampe perut diciumin abis deh sambil bunyi “mmmpphh”.. hihi
  • Sudah mulai mengerti dan mengikuti benar perintah kayak “Coba mulutnya buka.. AAA” – nanti dia mangap semangap-mangapnya. Begitu juga kalau diminta “Angkat tangannyaaa” untuk masukkin meja di kursi makannya – nanti Shaina angkat kedua tangannya kayak ‘menyerah’ gitu
  • Udah bisa marah-marah sambil babbling. Matanya melotot, tangannya nunjuk2 sambil ngomong apa entah. Tapi dengan gini Shaina dah bisa meluapkan emosinya dengan marah dan melotot
  • mulai menye-menye kalau keinginannya ga dipenuhi. Kalau udah maunya dan gak dikasih mulai merengek2 gitu 🙁
  • Udah bisa nunjuk. Kalau ditanya.. “mama mana?” nanti nunjuk ke arah mama. Begitu juga dengan papa dan mba Jum. Tapi kalau lagi gak konsentrasi sesekali masih kebalik2 juga sih.. mba jum pernah ditunjuk sebagai mama 🙁 huhuhu
  • mulai pinter minum dari sedotan.. tapi yang ini masih mood2an juga sih. Kalau lagi gak mood ya gak mau.

Kayaknya sih baru itu penambahannya 😉 Oh ya.. mau liat shaina kalau sayang-sayang / nyiumin teddy / elmonya kayak apa? nih diaa..

sayang teddy dan elmo

Perkembangan MPASI Shaina..

Shaina mulai bulan ke 10 sampe sekarang udah mulai makan nasi lembek (semi bubur). Jadi hari-hari makannya nasi lembek yang dimasak 2x di rice cooker. Pertama pake air biasa.. kedua pake kaldu sapi biasanya.

Terus pendampingnya sup salmon sayuran blender. Sayurannya sengaja masih mama blender terpisah. Karena kalau dimasak bareng di nasi, cuma bisa buat makan sekali kan? Jadi biar bisa untuk 2x makan, nasinya pisah.. sup-sayurannya dibuat terpisah juga. Praktis kan? Jadi masak nasinya cuma sekali aja yang makan kedua tinggal diangetin. Ntar pas mau makan, sayurannya baru dicampur deh 🙂

Sayurnya juga diblender biar kemakan semua gak cuma secuil-secuil. Alhamdulillah Shaina selalu suka makanannya. Oya, kadang kalau terlalu amis salmonnya, mama tetesin kecap manis cap BANGO (sekitar 3-5 tetes) di campuran makanannya biar ngilangin amis & ada dikit manis2 gimanaa gitu. Why Bango? karena ini kecap MSG free ibu-ibu 😉 *thanks infonya Lina mamanya Kakal*

Daan.. mama juga mualai kasih variasi makanannya. Kayak kemaren n tadi bikin Miswa goreng hati ayam. Atau bisa juga di tim. Resepnya ntar dulu ya, lagi masih tahap coba-coba, tapi baru coba2 aja Shaina suka kok..hihi.Yang penting : UDAH BISA MAKAN MIE REMES dengan dikunyah 😉

Di bulan ke 11 ini, mama mulai mau nyoba bikin nasi tim nih.. Lagi mikirin ramuan yang PAS biar peralihan dari nasi super lembek + sup sayuran blender ke nasi tim bisa lancar buat yang makan sama yang ngebuatnya hehe ;).

Mama emang jadi gak terlalu ketat banget nih soal pemakaian gula-garam yang ada di kandungan makanannya Shaina, start Shaina 10 bulan lebih lah. Misalnya kecap kan ada kandungan gula-garamnya. Atau Miswa, itu kan kandungannya terigu & garam. Moga-moga sih mama gak salah kaprah lah. Yang penting, ga ada pengawetnya DAN.. masih jauh lebih baik dari makanan instan kan? (walo sesekali kalau ke mall Shaina makanannya instan juga kok.. hihi).

By the waaayy…

Happy 11th months my baby darling.. sebulan lagi setahun yaa?? Kita ngapain nih nak, kamu setahun? Makin deket hari H mama makin blank.. hihihi. Mentok2 paling kita buka kamar dimana gitu biar ngajak Shaina to take her 1st swim 😉 Abisnya binguuungg.. *padahal mama pengen banget ngadain kopdaran massal bayi-bayi blogger nih*

13 Comments

Leave a Comment