Shaina Things to Remember

My 20 Months Shaina

eatherself
Written by Cicha

Shaina sudah 20 bulan.. (telat posting 3 hari nih hehe)

Kemampuan bahasa masih belum terlalu banyak perkembangan. Hanya saja, Shaina mulai belajar menggabungkan 2 kata. Tapi masih yang basic-basic, yang standar. Misalnya :

“Mama, bubu” – minta mama ambilin bubu nya
“Nana, ntich” – shaina, cantik
“Gi, abin” – pergi naik mobil (shai kalo bilang mobil abin)
“hawo, mama” (atau oma /opa/ kakak)
“Puush, meow”

Masih sebatas begitulah. Tambahan katanya di bulan ini cukup banyak yang baru, khususnya pengenalan terhadap binatang.

Di bulan ke 20 ini ada beberapa kemajuan (atau kemunduran) di kebiasaan Shaina. Dia mulai menunjukkan ogah ngedot atau nyapih diri dari dot. Sebenrnya mulai pulang dari Gorontalo kemaren. Jadi kalau dot nya ngga mau diisep, caranya ya hanya disendokin. Karena kalau dicemplungin sedotan juga kadang dia tetep GTM. Kalau pake sendok pasti (baca : harus) masuk 🙂 Problemnya, ini ASI gitulowh 🙁 jadi ya HARUS dipaksa.

Sebenernya mama belom pengen dia nyapih dot. Maaf, mama yg aneh ya. Abis, repot bangetnya itu kalau pergi-pergi. Kalau pake dot kan aman, bersih, ga repot, praktis. Sementara kalo disendokin, coba! Kalo di mobil repotnyaa. Ya jadi mau ga mau kalau pergi2 bawanya susu UHT manis. Yg rasa coklat / strawberry. Kalau uht manis Shaina masih mau nyedot sedotannya. Kalo uht plain, doh cuma 2 isep, kelar 🙁

Tapi mama belom pantang menyerah sih. Kadang2 ditawarin dot shaina masih mau walau jaraaang banget maunya. Dari 5x ditawarin, ada 1 yg diterima. Sisanya ditolak mentah2 🙁 Jadi, mo nyoba beli dot lain. Siapa tau dia bosen ama dot wideneck. Yaa..usahalah, siapa tau kan..

Menyoal Makanan

Kemudian, sempet 1 minggu dia menolak makanannya. Makanan inti Shaina itu sehari2nya nasi tim yg dimasak sama kaldu daging / ayam kampung / ikan. Kemudian, kuahnya sup daging / ayam kampung / ikan dengan parutan sayuran. Sengaja diparut supaya sayurnya bisa banyak masuk.

Jadi, sempat Shaina gak mau makan makanannya. Maunya makanan yang mama makan. Nasi kering sama lauk kering paling gampang masuk. Misalnya tahu goreng /perkedel kentang / telor dadar, pokoknya yg kering. Makannya nasinya dibulet2in kecil.

Soal bisa makan orang dewasa, okelah. Tapi kok mama ga sreg ya. Kayaknya ga maksimal aja nutrisnya. Tapi alhamdulillah gak lama sih Shaina ogah makan nasi tim + kuah sayurnya. Ada-ada aja deh ah. Sekarang udah lancar lagi. Mungkin waktu itu bosen aja. Skarang malah dikasih nasi dibunder2in lagi pake lauk udah ogah2an. Bagus lah. Mama rela kok masak khusus buat Shaina. Lebih terjaga kadar nutrisinya ketimbang ikut2an makanan orang dewasa, apalagi yg goreng2an gitu. Nanti dulu lah kalau buat makanan utamanya. Makanan selingan masih oke. Rencana mama memang mau konsentrasi di nutrisinya paling engga sampe dia 3 tahun. Lepas itu baru bebas.

Makan Sendiri

eatherself

Kelihaian Shaina menyuap makanan sendiri sekarang makin baik. Kalau dirumah jujur aja jarang dilatih karena makanan sehari-harinya nasi + kuah gitu kan. Kebayang belepetannya. Tapi kalau kita diluar dan kebetulan makanannya Shaina kira2 bisa dia suap sendiri, maka di saat itulah Shaina berlatih 🙂

Foto di atas sendiri itu contohnya. Shaina menyuap makanannya sendiri. Bener2 kita diemin. Di pizza hut. Makannya pake garpu. Menunya : fusilli panggang. She loves it! Bisa makan setengah porsi sendiri. Banyak banget deh pokoknya 🙂

EMOSIONAL

Memang mungkin udah umurnya seorang toddler mulai keliatan emosinya. Mulai keliatan pinter (baca : nakal) nya. Shai sekarang udah pinter banget nangis kejer kalau keinginannya gak terpenuhi. Misalnya ngerengek minta digendong tapi mamanya lagi sibuk masak, semacam itulah.

Kadang kalau kita cuekin, dia cari cara buat cari perhatian. Misalnya, dengan nyolok2in tangannya ke mulut biar dia muntah. Kalau muntah kan kitanya panik tuh, dia nyadar banget. Jadi dia colok2in sampe hoek2, walo jarang beneran muntahnya. Awalnya mama panik dan kalah sama tipu daya Shaina. Tapi lama-lama, mama cuekin aja sambil kasih pengertian. Tar juga si anak yg kalah 🙂

By the way,
Selamat ulang bulan ke 20 anak mama tersayang. Pintar selalu, sehat selalu..

21 Comments

  • aduh….ternyata gak cuma Alvaro yach yang suka korek2 mulut gitu…tapi sekarang Al udah 21 bulan gak gitu lg seringnya pura2 jatoh,nangis pura2 pinter banget padahal gak pernah nonton sinetron, belakangan ini malah lebih extrim naik kuda2an bukan duduk malah berdiri…

    kalo aku justru pengen banget Al lepas dari dotnya mama Shai….pernah kukasih pake straw nolak keras…tetep maunya dot,lg mau coba pake nuby yg sippy mudah2an mau…minggu lalu Al kedokter gigi pengen tau gmana kondisi giginya baGUS SIH ,dokternya bilang mesti belajar lepas dot soalnya kalo udh 2 thn katanya makin susah lepas dari dotnya soalnya anak 2 tahun mulai menikmati….

  • happy 20 months yah Shaina! duh..dah lama banget terasingkan dari dunia blogging (dan fesbuk).
    kali memang Shaina dah gede, dah gak mau pakai dot. beri minum asi-nya dg cangkir aja, Cha. angie dah lama banget meninggalkan dot, beralih ke sipping cup atau gelas/cangkir biasa, kayaknya sejak umur 1.5 tahun gitu deh. minum susu pun dah dg cangkir biasa, kadang dg gelas. kalo maknya lagi sibuk males nemeni/ngawasin karena banyak kerjaan, baru dipakaikan sipping cup. habis minum pun dah naroh sendiri ke dapur atau ke meja makan.
    hahaa… si angie juga tuh dah pintar banget ngambek, dan marah kalo gak diturutin keinginannya. pakai baringan di lantai (padahal di sini mulai dingin). kalo digendong ke sofa atau matras, dia balik lagi ke lantai. untungnya ngambeknya gak sampai lama2.
    hebat..Shaina akhirnya bisa makan sendiri yah! pasti yummy yah! bagi2 dong Shai!

  • mbak, ini mamanya Raisa sori kalo OOT, wah aku baru tau juga kalo ternyata anak pertamaku, izza, kirim-kirim message ya di multiply nya mbak
    Thanks sudah dibalas
    dan mohon maaf kalo ada yang kurang berkenan, mungkin umurnya ya dia ada pertanyaan dia kirim aja langsung tidak konsultasi dulu ..
    mungkin dia tau, aku suka baca blog ini, jadi pasti ini teman mama ..
    siap-siap nanti beberapa tahun lagi shaina juga begitu mbak he..he..

    Cicha Reply:

    hai ibu.. hehe no problem. Anak2 itu lucu banget ya.. Aku baru engeh itu Izza sendiri yg nulis 🙂 hihi gemes deh.
    Sama sekali ga ada yg gak berkenan kok, I’m very impressed. Kiss buat Izza & Raisa yaa..

  • Shaina, ‘met ulbul ya.. ngomong2 ttg dot.. anak ke-2 sy juga susah bgt kl di suruh ngedot.. Cm masalahnya kadang dia suka minta minum susu, tp kl di kasih di gelas lebih banyak yg tumpah2 atau seringnya gak abis.. Jd solusi sy, lubang dotnya sy besarin aja (dibolongin pake gunting). Jadi dia bisa cepet minumnya, tapi susunya gak tumpah2an.. 😀

  • met ulang bulan shaina…wah dah pinter makan sendiri nechh…klo soal ngambek sama ama ina, ina juga klo lihat mamanya pasti minta gendong, kalo ngga diturutin ina suka gigit apa aja yang ada di dekatnya heheh….

  • met ulbul ya shaina….wah bentar lg dah bs ngomong lancar ya…mamamnya udah pinter sendiri lagi…semoga sehat2 terus ya….almanya masih sakit 🙁

  • selamat 20bulan shaina…
    makin cerewet nih 🙂
    Soal emosional samaan nih, Kyara sampe sekarang juga masih suka ngerengek minta gendong kalo liat mamanya sibuk masak. Kalo nggak diturutin bisa kesel nangis kejer. Tinggal kitanya mesti tebel kuping hehehe…
    sehat terus ya…

  • ah iya, zikra juga mulai pinter nyuap ‘pake sendok’ sendiri hehe. bener ma, kalo makannya kuah2an ya siap2 aja belepotan kemana2:p
    hihi shai lucu ya, udah pinter nyolok2in tangan ke mulut. awas lo nak mun2 beneran, kan gak enak:) shaina mah udah jago ngomongnya, udah bisa ngerangkai 2 kata. ah kapan ya zikra begitu, biar bisa bercakap2 ala toddler dengan shaina?:)
    happy 20months ya shai, sehat dan pinter selalu..

  • Met ulbul ya, shaina cantik..
    Senangnya, udah bisa makan sendiri..
    Btw, kalo soal emosi, Kaira (1 th) udah bisa nunjukin emosinya, lho.. Persis sama shaina, suka merengek2 trus nangis kalo minta gendong ga diturutin. Tapi kalo soal ‘kreatifitas’ kaya’ masukin jari ke mulut, sih, belum. Belum kepikiran, dia. Hehehe…
    Oya, aku juga susah banget akses situs ini. Dari kompi kantor dan juga HP. Napa ya?

  • Widiih, fusilli panggang.. Shai met ulbul yaaa, ayo mam semangat nyendokinnya ya, 4 bulan lagi!
    Btw, ko aku ngga bisa akses nirwannisa.com dari pc kantorku ya sejak diganti kulitnya yang ini, jadi susah deh baca bacanya..:((

Leave a Comment