Shaina Things to Remember

14 months Shaina

naikturuntempattidurr
Written by Cicha

Anak mama udah setaun 2 bulan, alias 14 bulan tanggal 10 kemaren..

Jalan? Belom tuh 🙂

Khawatir? mm.. engga juga sih. Secara perkembangan yang lainnya menurut mama udah maksimal. Ngomongnya udah makin jelas, udah makin mengerti perintah kita. Udah bisa diajak interaksi. Motorik kasar dan halusnya juga perkembangannya bagus.

Perkembangan Shaina di umurnya yang ke 14 bulan. 

naikturuntempattidur

  • Makin lancar naik-turun tempat tidur. Kalau mau turun, kakinya dia julurin duluan. Jadi gak terlalu khawatir lagi Shaina kejungkir dari tempat tidur.
  • Giginya udah 13.. gak lama lagi 15. Yang keluar sempurna dan utuh udah 11, yang 2 (geraham belakang taring bawah) baru aja tumbuh dan yang 2 lagi baru ujungnya (2 taring bawah)
  • BBnya? Terakhir pas nimbang ke DSA ahli alerginya 9,4kg. Itu pas tanggal 6 kemaren.

Kosakata yang sudah dikuasai dan dimengerti betul artinya :

  • Susu = Shushuuw (u belakangnya panjang)
  • Minum = minem / nyeminyem
  • Makan = nyamnyamnyam
  • Elmo (tokoh sesame street) = Momo
  • Ikan = itan / ican
  • Turun = tundun
  • Gendong = gonggong / gunggung
  • Bobo = Bobu’/bubu’
  • Baby (kalau ada gambar anak kecil) = bebuh
  • Shaina = Nana
  • Mama = mama
  • papa = papah
  • minta sesuatu = inih

Lain dari itu juga cukup membanggakan lah. Ini anak empatinya gede. Lumayan sensitif juga perasaannya. Seneng banget musik. Denger musik joget-joget atau kepalanya dia miring-miringin sambil bersenandug. Kalau udah dipasangin dvd Elmo’s world / sesame street bener-bener kayak dihipnotis deh, anteng mlenteng.

Shaina batuk lagi nih dah seminggu ini. Akhirnya mama nyerah sama puyer juga. Abis segala obat udah dikasih, dari yang herbal sampe yang non herbal. Khawatir kalau kelamaan batuknya. Akhirnya bismillah, daripada berkepanjangan.. resep puyer yang isinya obat batuk & anti alergi dari dokter mama tebus n kasihin. Kepercayaan diri mama sebagai ortu yang idealis ternyata runtuh juga. Abis mama takut efek batuk berkepanjangannya sihh.. moga2 keputusan mama ini yang terbaik deh.

Moga-moga Shaina sehat selalu ya nak. Cepetan sembuh deh tu batuk. Tuh kan? gimana mama gak benci ama virus dan penyakit? Benci banget kaaannn??

Yaudah.. selamat ulang bulan anak mama. Moga Shaina sehat selalu dan selalu membanggakan mama-papa, oma-opa. Amiin..

20 Comments

  • wahh shaina giginya udah banyak yaaa…klo ina masih 6 nechh…atas 4 bawah 2

    selamat ulang bulan yaa…mdh2an cpt jalan, biar bisa kejar2an sm ina heheheh….

  • wah, giginya cepat banget tumbuhnya yah! iya, katanya gak baik dibiarkan batuk berkepanjangan, katanya takut kena efek ke paru2nya. aku kalo si angie batuk2 atau pilek kecil, juga dibiarin aja. lama2 sembuh. kalo agak parah, diberi obat batuk 2-3 hari. kalo sudah berkurang, langsung stop obatnya.
    kalo soal jalan, emang masing2 anak beda. aku dulu katanya habis 14 bulan baru bisa jalan. tapi 9 bulan dah ngomong. adikku, 9 bulan dah jalan, bener2 mau ngomong setelah umur 4 tahun!

  • @Mami Vaya & silvi
    batuknya Shaina sampe hari ini (13-apr) sih udah gak sering, tapi lendirnya masih nyangkut nihh.. Jadi mamanya malah berharap dia sering batuk biar lendir nyangkutnya bisa lepas dan ketelen / dimuntahin sama dia. Ini lendirnya grok2 di leher tapi udah gak batuk. Bingung dehh 🙁
    So far sih gak pake pilek / meler apalagi demam. Badannya fit2 aja. Cuma batuk dan lendir nyebelinnya itu lhooo!!

    @all, thanks for your kind attention tentang batuknya Shaina yaa..

  • selamat ulang bulan ya shaina…gimana batuknya..?? udah sembuh belum..? bener cha..kita ortu pan punya feeling kuat…kapan musti brangkat ke dokter.. *ampe itu bener-2 pilihan paling akhir*

    kaya anakku arfa, gara-gara bat-pil berkepanjangan (udah sekitar 3 minggu waktu itu)dan si emak nyangkain ntu virus pingpong…ealaah…ternyata akhirnya pneumonia…sempet kejang dan akhirnya opname 9 hari…

    sejak itu aku lebih aware deh…Alhamdulillahnya dokternya mayan RUD…semoga shaina cepet sembuh yaa…

  • Iya nih, Shaina pinter banged ya, udah cepet ya ngomongnya. Vaya masih bumbling gak jelas aja nih. Hehhee…

    O iya, hari ini gimana batuknya? Semoga cepet sembuh yaa…. biar bisa berenang lagi. 🙂

    Sehat-sehat ya Shaina, semoga di usia 14bln ini semakin sehatttt dan ttentu tambah pinter 🙂

  • Wah Shaina hebat udah pinter ngomong. 🙂 Gak papa lah belom bisa jalan, eventually pasti bisa. Kan tiap anak juga beda2 perkembangannya. Semoga Shaina cepet sembuh dr batuknya ya!

  • @Oos.. kemaren lupa udah tanggal 10 haha.

    @Cicie.. makasih yaa.. cepet sembuh juga buat Samy

    @Irma, iya, aku sih gak berharap dia HARUS cepet-cepet bisa jalan. Ntar kalo dah bisa jalan juga tambah repot ngejagainnya hahaha. Bukan soal itu sihh, tapi yaa memang sesuai kemampuan dia ajalah 🙂 Giginya emang duluan nih, ngomongnya sih lumayan lah..

    @Nta, iyaa giginya Shaina banyaak, makasih yaa

    @Bunda Fabian, kenapa gak negor Shaina?? hehe.. kalo Shaina ditegor pasti mamanya engeh kalo ini temen2nya Shaina dari internet hehe.. Iya, tadi lagi nyari makan sambil ketemu temen2 deket mama-papa di sana 🙂

    @Mama Kaira, yup bener banget. Apalagii sepupuku anaknya kemaren masuk RS gara2 penyakit sepele, batpil, malah keponakanku itu panas tinggi mendadak sampe kejang 3x cuma gara2 batuk berkepanjangan 🙁 Akhirnya, aku langsung belok arah mau nurut aja ama dokter deh.. takut sok2 idealis malah menyelakakan anak. Soalnya batuknya udah 2 minggu bu.. makin hari lendirnya makin banyak 🙁

  • slm kenal saya bunda’y fabian. Slama ini tante rajin lho ngikutin pkembangan shaina. Met ulbul jg ya. Kayanyd dirayain di grand indnsia ni. Td liat shaina di food louver. Awalnya liat si “ijo mutsy spider” koq familiar jgn2 punva shaina. Tnyata bnr lg b’empat sm tmn mama/papa ya. Shaina cantik deh…

  • Met ulbul Shaina… lucu banget kosa katanya. Soal jalan mah tenang aja, kan perkembangan tiap anak memang beda, sepertinya Shaina gigi dan bicaranya yang maju duluan ya…

Leave a Comment