MPASI My Reviews

MamaShaina’s Secret Recipe

alatbantumasak
Written by Cicha

Masak makanan buat bayi emang kudu pinter-pinter. Gimana caranya biar ngga susah pake geras-gerus ini itu tapi tetep enak, ngga ada MSG dan pengawet ini itu. Caranya? Kudu kayak orang gila melototin label-label di isle supermarket 🙂 Hasil huntingan mama dibawah adalah beberapa bumbu masak tambahan yang non msg, no ini itu.. biar makanannya Shaina bisa makin enak, tapi yang masak juga ngga repot.. hehe.

Apa aja sih botol-botol andelan mama buat ngebantuin mama masak makannya Shaina?

alat bantu masak MPASI Shaina..

Dengan urutan dari kiri ke kanan..

1. Onion powder (bisa dari 8months+)
2. Garlic powder (bisa dari 8m+)
3. Extra virgin olive oil (bisa dari 8m+)
4. Sesame seed oil (merk bisa apa aja karena komposisinya rata-rata hanya sesame seed aja) – bisa dari 9m+ setelah kenal butter & olive oil.
5. Kikkoman Naturally brewed soy sauce (yang tipe ini no alcohol & no msg -buat sup ikan bisa ngilangin amis!!) – mama pake dari 10m+
6. Kecap manis cap bango (juga no MSG) – mama pake dari 10m+
7. Kaldu blok merk KALDUKU, keluaran produsen HONIG (either sapi / ayam) 12m+

Yang 1-3 itu bisa dibilang wajib setiap sup Shaina pasti harus kudu ada, even sebelum Shaina setahun. Yang nomor 7, sekarang jadi andalan baru mama lepas Shaina umur 1 tahun ini karena udah lebih bebas nambahin garam dan gula di makanannya juga kan? 🙂

Waduuh.. Kok bikin makanan anak pake kaldu bo’ongan gitu? Kan ada MSGnyaaaaa?? EIT EIT.. SIAPA BILANG? Silahkan liat lekat-lekat komposisi kaldu blok ini.

komposisi kalduku

Nah.. ga ada tertulis sesuatu yang aneh seperti glutamat, sodium blala, pewarna buatan atau sejenisnya kan?

Mama ini orangnya GILA LABEL kalau urusan makanannya Shaina. Apa-apa yang mau dibeli, apalagi.. khususnya alat bantu buat masak HARUS KUDU WAJIB gak boleh ada istilah pengawet apalagi MSG. Buat mama haram hukumnya. Hmm.. kecuali kalau kita pergi-pergi terus anak mama makan makanan restoran yang ada MSG yaa wallahu’alam deh.

Jadi, girang banget waktu lagi iseng-iseng ngubek bumbu masak sambil baca-baca komposisi kaldu boong-boongan tau-tau nemu ini KALDUKU di Sogo Foodhall (walau kayak orang gila melototin label, ternyata ada baiknya kaan 😉 ).

Kalau produk udah ngeklaim ngga ada MSG begini, mama harap sih memang bener ya. Kalau sampe ada MSG dan tidak ditulis di komposisinya, maka terkutuklah kau KALDUKU! hahaha.. Mama sampe e-mail honig lho.. tapi gak ada jawaban. DAMN!

Intinya.. ketemu kaldu ini bikin mama girang banget deh. Dan, modal percaya sama produsen kalduku yaitu si Honig bahwa kaldu blok mereka gak ada penyedap buatan alias MSG. Akhirnya nambah 1 lagi alat bantu yang bikin makanannya Shaina tambah enyak-enyak-enyaakk 🙂 Soalnya si kalduku ini emang enakkk.. Shaina makin seneng makan dehh 😉

16 Comments

  • wauw kalduku bener nih gak pake MSG MSG-an????
    kalo bener, bisa dicopy tuh!!
    selama ini aku kalo masakain anak2 (3th & 2 th) selalu pake bumbu alami.
    oche, makacih ttg KALDUKU.
    ntar pulang kantor ke spmarket deh, cari yang namanya KALDUKU………… sip!!!!

  • enak juga nih tinggal copas merk2 yg aman, tp kalu aku lbh sering pake yg alami.. kek kaldu gitu mending bikin deh, fresh kan.. sedikit banyak kalo produk kemasan pasti ada pengawetnya ya.. kalo makanan anak batita aku gak bnyk kasi bumbu2 gitu, yg penting gizinya masuk, toh anaknya jg lom ngerti rasa yg sesungguhnya.. makanya aku gak pernah samain masakan buat anak sama taste aku..

  • wahh mama shaina benar2 top margotop…klo aku kurang perhatian utk masalah makan anak, soale waktunya terbatas, mksih infonya yaa….sekarang klo bikin sop utk ina pasti lebih sedap krna pake KALDUKU….

  • Beneran tuh, mama Chicha, KALDUKU ga ada MSG-nya? Terus terang aku rada parno. Kalo ada rasa2 yang enak gitu, pikiran pasti “Ada MSG-nya, nih!”. Semoga nggak yaa.. Wah, semoga di Sidoarjo ada, nih..

  • @Jeung Chica,…
    aku nyiapin makanan wat Fadly cuma pake orchid butter(salted biasanya :D), sedikit kecap bango, bawang merah, bawang putih plus rebusan ayam yang udah dikasi bawang merah dan bawang putih. Kayanya Kalduku ini bisa dijadiin alternatif ini 😀

    Btw, mama Shaina ini emang top klo urusan menu Shaina 😀

  • yah mama Cicha, bener2 top!
    sayang aku working mom, gak banyak waktu, mana gak pakai pembantu lagi. gak semua produk dijual di sini. jadi gimana mertua nyiapin makanan buat si kecil, aku nrimo aja lah. habis gimana? tapi mertua juga gak mungkin kan ngeracun anak2. hahahaha.. mertuku lumayan rajin masakin kaldu ayam, kaldu ikan, kaldu dari tulang biba, buat anak2. terus ditambah sedikit garam, biar ada rasa asinnya.

  • cicha…pake kaldu itu emang rasanya jadi kyk gmn sih? Alma dari sejak makan mpe 1 thn gak pernah gue kasi macem2, bener2 plain banget cuma kaldu ayam rebusan, orchid butter (unsalted), trus isinya ya sayuran dan daging jadi rasanya hambar paling rasa kaldu ayam. Trus setelah 1 thn baru deh mulai pake bawang, garem dan lada tapi sedikit semuanya. sampe skrg kalo makan jg pasti masaknya tersendiri gak gabung sama makanan kita, kadang2 aja sih. Dan gak pernah pake penyedap apa2 sih jg sih kecuali kecap bango.

  • @Sally.. resepnya menyusul ya jeung 🙂

    @Oos.. iya, kadang bikin kaldu sendiri juga kok.. Ini aku pake buat bantu2 nyedapin makanan aja biar gak pake geras-gerus bumbu dan lain-lain. Tinggal cincang2 sayur, masukkin daging (ikan biasanya) trus tambahin kalduku itu deh. Fungsinya kan mirip sama royco gitu

Leave a Comment