Family Gorontalo Jalan-jalan special events Traveling

From Gorontalo, With Love

shainapasha
Written by Cicha

Kita udah di Gorontalo nih 😉 Alhamdulillah selama perjalanan Shaina baik-baik aja, walau harus dibangunin jam stengah 4 pagi. Pas take off juga ok, karena sengaja dibikin haus biar pas take off tinggal nenen. Tapi pas mo landing tidur aja tuh, untungnya ga papa.

Shaina seneng banget deh di Gorontalo. Buktinya kerjaannya nyengir-nyengir terus dan nyaman dia tidur di kamar yang ‘asing’ buat dia. Mungkin berasa rumah sendiri kali ya (emang iya sih 😉 ). Mungkin senengnya lagi karena disini dia banyak sosialisasi. Oma sama opa kan ngajak main terus. Terus juga ada anak kecil lain yang itungannya Oom sama Tante nya Shaina. Padahal umurnya ga beda jauh.Â

Shaina sama Oom Pasha

Ini Shaina sama Oom Pasha. Mirip gak sih? kok perasaan mama ada miripnya. Beda yang paling mencolok cuma di mata. Oom Pasha matanya lebar dan bulu matanya masaolooo lentik banget. Pindahin ke Shaina dong Oom 😉

tumbila tohe di depan rumahOh ya, pas kita dateng, pas lagi tumbilatohe alias malam pasang lampu. Event ini digelar 4 hari pra-idul fitri, rata-rata semuanya berpartisipasi nyalain ‘lampu’ api yang terbuat dari minyak tanah. Jadi, botol kecil diisi sumbu minyak tanah. Dijejer sedemikian rupa, jadinya cantik banget deh, kayak lilin berjejer. Sayangnya mama ga sempet foto ditempat yang ‘heboh’ pasang lampunya secara mama nyetir dan papa gendong Shaina bobo, jadi gak ada yang sibuk sama kamera. Cuma sempet foto di depan rumah aja. Lagian, pas lagi event ini, ya ampuun Gorontalo macetnya ngalahin Gatot Subroto lepas 3in1 🙁 Ya kira-kira kayak gitu deh model tumbilatohe.. di depan rumah ini mah, ga ada apa-apanya 😉

Oh ya, disini mama juga menggila banget makan ikan. Secara, di Jakarta mama jarang banget makan ikan karena ‘takut’ bikin Shaina gatel-gatel. Tapii.. what da heck lah, Shaina kan udah 7,5 bulan, sedikit-sedikit kayaknya kudu diajarin ‘ngerasain’ ikan laut lewat ASI mama. Tapi ya itu, emang udahannya punggungnya merah-merah 🙁 Hiks maapin mama ya, nak. Kan biar Shaina belajar dengan harapan..nanti pas mama kenalin ikan, udah ga repot lagi ama urusan alergi (si mama bisa aja membela diri – soalnya kalo di Gorontalo makannya biasa-biasa aja, ga berasa di Gorontalo hehe).

woku, kuah asam & bakar rica goropa. slurp

Coba aja lit nih ikan Goropa Kuah Asam, Bakar Rica sama Woku. Beli di resto Viskana (posisinya di depan kantor Walikota). Aduh, pokoknya si mama kalap lap lap.

Di Gorontalo, yang namanya hari raya idul fitri emang berasa banget. Banyak banget ritual yang dijalanin, salah satunya adalah ritual ganti gorden setiap hari raya. Katanya, kalau gak ganti gorden setiap tahun, bakalan jadi omongan orang. Halah-halah ada-ada aja ya. Tapi emang begitu katanya. Yaudah, akhirnya si opa harus naek-naek tangga masang-masangin gorden baru.

pasang gorden jelang lebaran

Oh ya, Maafin lahir bathin yaa.. aduuh udah lebaran aja. Kali ini lebarannya udah ada Shaina. Tahun lalu, Shaina masih di perut mama.. Berkah, alhamdulillah.

10 Comments

  • Pasha ama shaina emang mirip pipinya sama idungnya 😀

    Kalo aulia gak sempat jalan2 liat TUMBILOTOHE, soalle pas rencana mau jalan eh.. aulia malah sakit perut sampe bikin bunda panik.. Jadinya cuman liat tumbilotohe di kompleks aja.

    Hehehe… sapa bilang lebaran ganti gorden? Wakakakak… oma-opanya shaina aja kali yang emang lagi pgn ganti gorden… hahaha.. tapi kalo diinget2 ada benarnya juga. Malah bukan cuman gorden doang tapi semua dan semuanya.. Kalo kata ayah aulia, di gorontalo orang belanja setahun sekali ya? Pas mau lebaran. Hihihihi…

  • Masih liburan ato dah pulang…?
    met lebaran ya bu… mohon maaf lahir bathin ya…
    itu cantik banget pagar dihias lampu api… wah emang paling enak di daerah makan ikan segar gitu ya…

    Btw itu Shaina mirip banget ma om nya… ya ampyun..kuat juga gen nya….

  • hehehhe… itu mah mirip bangedddddd!!
    tp sama, vaya jg gpp wkt naik pesawat, dia nangis cm krn bosan dipangku trs…

    gimana mpasinya? lancar… udah mamam ikan? kira2 alergi ga…

  • mirip banget! trutama idungnya, dapet bgt.
    iya cm matanya yg beda.

    waah seru, seru…!
    salam sm GORONTALO ya cuyy..
    gini2 ada darah grntalo neyh.. hehehehe..
    Shaina looks happy gituh,
    ditunggu ya crita selanjutnya

    MINAL AIDIN WALFAIDIN YA BU.
    MAAP LAHIR BATIN & salam sm nirwan

Leave a Comment