Gorontalo special events

Jurnal Lebaran 2009 di Gorontalo

gtloTRIP
Written by Cicha

Alhamdulillah, kita sekeluarga (mama-papa-shaina) selamat, sehat wal afiat dari berangkat ke Gorontalo hingga kembali ke Jakarta, dlm rangka mudik lebaran kemaren.

Skarang saatnya menulis jurnal perjalanan kemaren deh 🙂

18 Sept
Kita berangkat dari rumah pagi subuh buta, jam 3 lebih 20 ke airport. Karena cuma ber3, barang bawaan juga banyak, akhirnya kita memutuskan untuk bawa mobil & parkir menginap di Bandara Soekarno-Hatta. Deg?an juga awalnya, tapi bismillah ajalah. Toh di tempat parkiran nginep ada yang jaga 24 jam, ada pos yg jaga gitulah. Lagian resmi kok, bukan calo. Jadi aman.

Shaina sendiri gak kita bangunin, tapi dia bangun sendiri. Jam 3 tau? melek. Mungkin udah feeling mau pergi, jadi bangun sendiri tanpa kita bangunin. Baguslah, kalau dibangunin kadang Shaina suka marah, riweuh, bete. Untungnya dia bangun sndiri.

Trip to Gorontalo

Pas perjalanan di pesawat jam 5:30 shaina udah kembali ngantuk. Karena Shaina dibeliinnya tiket infant, jadi masih dipangku. Wadoh, mana sempit kan. Udah deh nangis2 dia, gak nyaman karena sulit nyari posisi enak untuk tidur. Mana Shaina ini anak yang paling ngga suka ditidur gendong, jadi sudalah.. Sudah diperkirakan bakalan riweuh. Mama-papa udah tutup kuping aja nyengir2.. Tapi gak lama (stlh stngh jam) baru Shaina tidur. Itupun setelah si Bubu’ yg segede gadem itu dikeluarin.

Dan kita landing dengan selamat di Gorontalo, tanah kelahiran PapaShai. Alhamdulillah.

Waktu hari kita sampai, Tumbilatohe alias malam pasang lampu udah sepi, karena udah hari terakhir.. Gak sempat menikmati deh.. biar afdol, pasang foto tumbilatohe depan rumah tahun lalu deh 🙂 abis gak sempet moto juga kemaren. Tapi lilin didepan rumah penataannya masih sama kok kayak ini :

tumbilatohe

19-20 Sept
Di Gorontalo Shaina punya temen seumuran. Oomnya, Pasha. Mereka beda sekitar 9 bulanan. Tapi Pasha ngomongnya udah jago banget. Udah jelas.

Shaina & Pasha 2009

Shaina jelas seneng, ada temen lari-lari, temen berusuh-rusuh ria di mobil (dia bebas merdeka gak di iket di carseat slama di Gorontalo), dan yg lucu Pasha sayang banget ama Shaina. Ngemong. Ngajakin main terus, berusaha bikin Shaina ketawa 🙂 lucu deh. Jadi kalau udah mau dipisahin, Pasha nangis-nangis.. Kehilangan kali ya?

Oh ya, kalau tahun lalu sih mereka berdua belum bisa main kayak sekarang. Wong ?masih piyik2. Fotonya liat deh di liputan lebaran tahun lalu. Kayak metamorfosis hihi..

Shaina juga disempetin dipijit sama Oma Aci. Tahun lalu juga sempet.

Diurut Oma Aci

Kalau tahun lalu, kelar dipijet Shaina langsung bisa merangkak dan nafsu makannya meningkat. Nah kalau tahun ini efeknya lumayan keliatan. Nafsu makan tambah membaik, bahkan shaina udah bisa makan nasi kering bulet. Dan, anehnya..lepas dipijit oma aci kok Shaina udah gak mau sama sekali ama botol dot. Adoh.. Maunya dicelupin sedotan. Gak tau deh ada hubungannya apa engga, tp kenyataannya begitu.

LEBARAN

ShalatIED2009

Tahun ini Shaina udah mama ajak untuk Shalat ied di Lapangan kampusnya Opa di Universitas Negeri Gorontalo. Kl taun lalu kt cuma nunggu di mobil. Well, mama sih belom bisa shalat ied, abis ya harus megangin Shaina. Tapi paling engga udah ikut nontonin orang shalat ied. Untungnya selama proses Shaina diem-diem aja. Anteng, tapi gak mau lepas dari pangkuan mama.

Seneng deh, ikut bisa merasakan syahdunya shalat ied di hari idul fitri bareng keluarga.. 🙂

Yang lucu lagi, Shaina kan kita pakein jilbab putih, bajunya juga putih-putih.. maksudnya biar keliatan kayak pake mukena gitu. Trus, disana matahari memang cukup menyengat jadi sebenernya rada gerah. Tapi, karena Shaina liat semua orang pake jilbab / mukena, jadilah dia gak mau dilepas sama sekali itu jilbabnya… hihi. Anak-anak lain mah gak betah Shaaii.. anak mama ini ada-ada aja 🙂 tapi lucu.. hehe. Be a good muslimah ya anak mama…

“Jakati”

Di Gorontalo itu masih ada tradisi anak? minta “Jakati”, jakati itu asal katanya dari “zakat”, jadi anak2 itu intinya minta duit / salam tempel dlm rangka bagi? rezeki ramadhan. Jadi 10-30 menit sekali anak-anak dari kampung? sekitar sana bergerombol dr 1 rumah ke rumah lainnya untuk minta jakati. Rumah kita pun kebagian.

Nah, dalam rangka tradisi ini papa udah nyiapin uang 2000an baru untuk dibagiin ke mereka. Biasanya sih jakati itu 1000an. Tapi kali ini kita mau bagi-bagi kesenangan lah, anak2 itu pasti seneng kan dapet uang baru? Semoga berkesan buat mereka 🙂 kebahagiaan deh buat kita..

Ah udah panjang nih.. Tar bikin part 2 aja deh. Dilanjut ada cerita Shaina naik bentor (becak motor) dan ketiduran di atas bentor, ke tempat wisata pentadio dan crita printilan hari raya khas Gorontalo.

Skarang mama have to go back to Shaina + beberes sedikit. Maklum si mba Jum kan pulkam.. 🙂 Crita / jurnal pulkam 2009nya dilanjut part 2 aja deh.. Biar ga kepanjangan juga.

Oh ya, selamat hari raya idul fitri ya semuanyaa.. Mohon maaf lahir dan batin. Maaf lom sempet blogwalking.. Tp nanti disempet2in deh kalau urusan Shaina, rumah & dapur udah beres semua 🙂

12 Comments

  • Hallo mba, salam kenal. pas iseng ngintip blognya liat deh niy postingan pas lebaran. wahh…org gorontalo jg yah ternyata. sama Mba mamaku jg gorontalo asli niy.

    salam & my big hug buat shaina yah mba

  • Maaf lahir bathin juga mama shaina, met idul fitri

    duh shaina pinter ya jilbabnya gak mau dibuka, kalo ina malah gak mau pake jilbab padahal dah dibeliin jilbab kecil….

    senengnya bisa lebaran di kampung halaman suami, tapi sayangnya cuma 5 hari ya..padahal tiketnya lumayan mahal….

    Cicha Reply:

    sama-sama mama Ina.. minal aidin wal faidzin yah. Iya Shaina gak mau buka jilbab soalnya semua pada pake kerudung putih (entah jilbab atau mukena) sih 🙂 Jadi mau keliatan sama ama yang laen hehe

  • aaah lucuu amat ada jilbab mini gt, kemarin aq sempt nyari2 disni tapi ga dapet…tapi yaa hikmahnya mgk emg Kayla ga cocok dipakein jilbab saat ini mengingat suhu kota Smg berkisar 38-40 tiap harinya, lah pas lebaran kmrin berhubung banyak tamu otomatis Kayla nya dipajang seharian di rg tengah yg ga ber AC, pke baju u can see aja keringetnya udh ky gt…mesti bolak balik fashion show 🙁 efek global warming nih ya *loh kok topiknya mpe mana2*

    anyway minal aidzin ya mbaa, kiss kiss bwt pippinya Shai 😉

    Cicha Reply:

    minal aidin wal faidzin juga ya bu.. Sun buat kayla.
    Waww.. 38-40derajat? sadiss haha. Gorontalo sih cuma mataharinya aja nusuk gila2an.. kalau udah neduh ya gak terlalu berasa panas sih.

  • cantik banget shaina..seneng bnaget ya bisa mudik,kebayang repotnya bawa baby tanpa mba jum ya..farissa alhamdulillah udah bisa di ajak sholat ied,diam aja sambil liat sana sini,selesai sholat dia ikutan berdo’a sambil bilang ” amiiin “.di tunggu cerita mudiknya lagi ya,penasaran sama tukang pijetnya ..he..hee

  • Selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir bathin juga..
    Shaina pinter ya, dipijit nggak nangis. Kalo kaira dipijit yang ada nangis kejer. Suka nggak tega emaknya. Alhasil jarang dipijitin. Oya, jadi inget shalat id kemaren. Nyoba2 ngajak kaira shalat id. Ditaroh di strollernya, diapit aku dan eyangnya. Yang ada selama shalat, sambil bersedekap, satu siku menahan stroller, karena kaira malah berdiri-berdiri ngeliatin anak yang nangis di shaf belakang. Pfiuuh….

  • gaya Shaina lagi dipijit asyik bener 😀

    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir & bathin ya…

    Cicha Reply:

    iya,Shaina keenakan dipijit 🙂
    Sama-sama, minal aidin wal faidzin yaa.. Maaf lahir batin kalau ada salah2 🙂

  • shaina.. selamat idul fitri buat shaina skluarga ya..

    pinter nih shaina betah pake jilbab. si oma aci mantap banget ya pijetannya. coba di jakarta ada yg kaya oma aci juga. ada gak ya kira2.. boleh juga nih kalo emang betul bisa bantuin menyapih, biar kyara bisa pelan2 lepas nenen kan dah mau 2th hehe..

    dilanjutin part 2 nya ya mama shaina..

  • wah enaknya shaina bisa mudik ya…cantik pake kerudung putih. Shaina emang blm bs ditinggal sholat ya cha…thn lalu gue jg gak bs, thn ini alhamdulillah walopun alma nangis minta plg tp gue tetep sholat aja setengah kusyuk, hahaha

  • Wah.. shaina pinter nih.. ga mau lepas pake jilbabnya.. beda banget sama tania yg malah ga mau sama sekali pake jilbab.. masih belum betah dia..

    iri deh liat shaina udh bisa diajak nonton orang sholat Ied.. mudah2an tahun depan aku sama tania bisa menikmati kekhusyukan suasana sholat Ied.. kangen banget lebaran dengan ikutan sholat Ied..

    di tunggu cerita part 2 nya ya…
    terakhir… mohon maaf lahir bathin juga ya mom…

Leave a Comment