F&B story My Reviews Seputar BSD

Kulineran Ramen Halal di Ramen Village, AEON Mall BSD

Ramenvillage
Written by Cicha

Sebagai pecinta ramen, tentunya super hepi ada Ramen Village di AEON Mall BSD. Walau awalnya, si pecinta ramen yang ga bisa makan pork ini deg-degโ€™an juga, “wah ini semua non-halal, apa ada yang no-pork ya?” Cari punya cari, sementara ini aku sudah mencoba dan menemukan ada 2 tempat yang tidak jual & tidak ada menu yang berbau non-halal sama sekali. Yeaaay, senang hatiku ๐Ÿ™‚

1. Ramen Seirock-Ya Jepang

Ramenvillage1Terpampang nyata = NO PORK RAMEN! ๐Ÿ™‚

Ramenvillage5
Secara rasa, aku suka banget Seirock-Ya ini. Selama ini, ramen favoritku adalah Hakata Ikkousha dengan khas kuah kental dan rasa ayam yang sangat medoknya (cerita tentang Hakatanya di posting terpisah nanti deh). Tapi Seirock-Ya ini bisa sedikit menyeimbangkan dengan kuah yang lebih light, tapi sama sekali tidak mengurangi โ€œthicknessโ€ dari rasanya sendiri. Istilahnya, kuah gak terlalu kental bukan berarti rasanya jadi tipis juga. Menunya juga disini macem-macem.

Ramenvillage6

Cuma kefoto halaman ini doang, bagian Ramen Kental, ย yang ada menu yang aku pilih… Padahal kayaknya ada sekitar 6 sampe 8 halaman pilihan deh ๐Ÿ™‚

Menu yang aku pilih kemaren adalah: Toripaitan Ramen Ekstrim. Haha sounds mengerikan ya dengan kata-kata ekstrimnya. Pas aku tanya kenapa namanya ekstrim, katanya rasanya lebih kuat dengan tambahan ekstra onion oilnya. Pokoknya ada 2 jenis ingredients tambahan yang bakal memperkuat rasa kuahnya.

Ramenvillage3

Toripaitan Ramen Ekstrim

Di sruputan pertama, yang menjadi patokanku adalah Hakata Ikkousha.. rasanya mirip ngga ya. Ternyata, rasanya agak sedikit berbeda tapi ga kalah menarik di lidah! More light, tapi rasa ayamnya tetep kuat. Perfectohh!

Yang membedakan disini adalah mie nya. Disini mie nya kenyal dan lebar-lebar tapi lurus. Dibilang selebar kwiteau engga, jadi kalau ukuran, kurang lebih sebesar mie nya Pho24 tapi jauh lebih padet dan kenyal. Suwer, makan 1 mangkok sendiri bakal begah. Aku sendiri hanya sanggup ngabisin setengahnya.. tapi kuahnya abis 90% deh (tetep banyak yeee haha).

Ramenvillage4

Mie nya yang lebar dan kenyal

Disini ga terlalu banyak condiments. Tapi kayaknya kalau minta, dikasih sama pelayannya, aku liat meja sebelah ada oil2 apa gitu, dkk. Di meja aku sendiri sih ga ada.

My Score :
For the soup I give, 9 out of 10
For the noodle, I give 8,5 out of 10

2. Ebisoba Ichigen
Dari namanya EBI, kita bisa langsung nebak kalau disini kayaknya spesialisasinya udang. Ternyata benar! Unik yah, ramen kan standarnya kalau ga kuah yang non halal, ya pilihannya kuah ayam atau kuah ikan.. ini pilihan lainnya udang. Posisi si Ebisoben Ichigen ini persis di depan sebelah kiri entrancenya Ramen Village.

Iโ€™m not a big fan of shrimps, jadi kalau aku tetep pilih yang kuah ayam. Tapi Nirwan memiih mencoba yang kuah rasa ebi.. Iya gapapa juga sih biar nyobainnya beragam.

Menu ramen yang aku pesan kemaren : Ebi Miso (kuah udang) dan Sapporo Sio (kuah ayam). Yang non ramen, kita coba Yaki Gyoza nya. Dan inilah penampakannya :

Ramenvillage7

Ebi Miso

Pertama aku cobain yang Ebi Soba punya suami. Sruputan kuah pertama, rasanya emang udang banget! Yang a big fan of udang, pasti hepi deh. Diatas kuah ada taburan ebi.. baca dimana katanya itu kepala udang yang diolah & ancurin, jadi rasa udangnya emang kuat. Tapi kalau soal kekentalannya sih moderate aja. Ga bisa disamain sama ramen kuah kental ayam yang biasanya aku suka hehe.

Ramenvillage8

Sapporo Sio alias kuah ayam garam

Terus lanjut ke menu pilihanku, pas sruputan kuah pertama, siย Sapporo Sio ini (kuah ayam asin garam).. rasanya light. Malah cenderung too light kalau untuk ukuran kuah kental. Hmmmโ€ฆ karena aku udah punya pembanding kali ya, jadi berasa kayak kuah indomie tapi dengan rasa yang lebih glamour gitu deh hihi. Bukannya ga enak, enak juga kok ๐Ÿ™‚ Kalau Shaina, dia bilang lebih suka ayam juga.. padahal dia termasuk penyuka udang. Untuk mie nya juga unik sih, reminds me a lot of mie ayam kriting di chinese2 resto hehe.

Ramenvillage9

Mie Sapporo Sio. Keriting, kenyal kayak mie ayam

Ramenvillage11

Mienya Ebi Soba ini berbeda ama mie nya kuah ayam. Lebih lurus-lurus, ga keriting kayak mie ayam.

Yang agak kuciwa sih Gyoza nya. Entah kenapa rasanya agak pahit dan kurang enak. Terus entah overcooked atau apa, bagian bawahnya item dan terlalu kering gitu. Ada cocolan kecap asin, tapi pas dicocolin kok uwasin buwanget! Jadi serba salah. Not impressed with the Gyoza.

Ramenvillage10

Yaki Gyoza

Ramenvillage13

Gyoza gosong?

Disini sangat miskin condiments. I did not see any condiments at all, even chilli oil atau kecap asin.. jadi kayaknya kita disuruh menikmati apa adanya… ga bisa nambahin keasinan, keaseman, kemanisan atau apapun hehe. Ini mah style Nirwan banget deh.

My Score :
7 out of 10 for the Sapporo Sio (both noodle & the soup)
7,5 out of 10 for the Ebi Soba (for itโ€™s uniqueness. But this is strictly objective, penggemar udang mungkin akan kasih 9!)
4,5 out of 10 for the Yaki Gyoza

Anywaaaayyssโ€ฆ itulah 2 tempat di Ramen Village muslim-friendly yang sudah aku jelajahi. Belum tau apakah dari total 8 ramen counter di Ramen Village ini hanya 2 ini aja yang aman untuk muslim alias tidak menyediakan non-halal food.. Nanti kapan2 aku cari tau, will update it here.

Kalau ditanya, dimana sih posisi si Ramen Village ini di dalam AEON Mall? Adanya di lantai 3, satu lantai sama foodcourt FOOD Carnival, XXI, dan posisinya didekat sisinya Ace Hardware.

Ramenvillage2

Duh, siang-siang ngomongin Ramen begini jadi basah sendiri mulut keciprat2 liur haha. Selamat puasa yaa untuk teman-teman yang menjalani… Maaf lahir batin yaa.. maapin juga posting ginian di hari pertama puasa hehe.. Semoga temen-temen semua puasanya lancar, afdol tanpa hambatan. . Well.. Itung2 bisa jadi ide buat menu buka puasa kan yaah. Kuah-kuah gitu enak pasti. Sluurrrpp!

Iโ€™ll be writing about some Halal Ramen (no-pork counter) that Iโ€™ve tried and loved, soon. Stay tune ah ๐Ÿ™‚

36 Comments

  • Tks info nya, btw mereka pakai mirin ga?

    Cicha Reply:

    Sama-sama ๐Ÿ™‚ wah pake mirin engganya aku ga tanya sih

    Anna Reply:

    Ka, tokyo ramen recommended gak??

    Cicha Reply:

    Tokyo ramen aku belom pernah coba ๐Ÿ™‚
  • Saya juga nyobain yang di belakang Mbak, deket Ace, itu apa ya namanya kok lupa. Kuahnya kentel banget. Yang di depan emang beneran lebih encer tapi masih nampol juga kuahnya. Belom coba yang ebi nih sayah. Huehehe.

    Cicha Reply:

    Yang dibelakang kayakanya Seirock-Ya deh. Kalau yang depan apa namanya? Yang aku tau, yang ga ada porknya cuma si Ebi loh, lainnya yang didepan ada menu pork hihi
  • ini yang lagi rame banget mallnya, ya. Kapan-kapan ah ke sininya ๐Ÿ˜€

    Cicha Reply:

    Yuk BunChi.. kalau kesini ketemuan, aku guide-in hahaha kayak beda benua aja ya pake diguide ๐Ÿ˜€
  • hadoooh baca beginian jam menjelang jam 11…..:D pas timingnya, pas juga saat perut asa ga enak, butuh yang anget2 berkuah

  • Ito motret makanannya pakai apa mbak? SLR? Bagus bener gambarnya, sampai kuah dan mie nya keliatan teksturnya ๐Ÿ˜€

    Cicha Reply:

    Aku ga punya SLR, ini motonya pake henpon iphone6 ๐Ÿ™‚
  • uwaaaa liat kuahnya aku lgs ngiler ^o^… memang susah ya mba cari ramen halal… rata2 babi semua… selama ini ramen fav ku ikkudo ichi yg di kokas itu halal.. tp ngeliat yg mab tulis ini, lbh mnggoda bgt ^o^.. sayang nih mall jauh bener dr rumahku -__-

    Cicha Reply:

    Hehehe wah iya aku juga perna di ikkudo Kokas. Kamu kayaknya WAJIB cobain di hakata ikkousha yang di Senayan City deh. Itu no-pork juga, rasanya 10 out of 10! Apa mau ngeramen di sency bareng yuk janjian ๐Ÿ™‚
  • penasaran sih sama rasanya ramen. #ndeso bingit# tapi ada yang buat vegetarian gak ya mbak?

    Cicha Reply:

    Rasanya yang jelas kuah ya sangat2 berasa ayam banget sii hehe. Hmm kalau vegetarian kayaknya yang kuah Miso namanya.. Kalau pure miso berarti basicnya vege tuh ๐Ÿ™‚
  • nah kalau ada info kay agitu di luar jadi pembeli gak ragu-ragu lagi ya mbak

    Cicha Reply:

    Iya kalau terpampang nyata no-pork gini aku juga berani, apalagi di dalemnya banyak ibu2 pake jilbab juga hihi
  • Tergoda sama Seirock-Ya deh… Duh, jadi pengen reramenan.

    Cicha Reply:

    Hehehe… Niaa disana ada ramen2an juga ga bok?

    alfakurnia Reply:

    Yang resto khusus ramen sih nggak ada, Cha. Biasanya sudah termasuk dalam menu resto Jepang bareng sushi, bento, dll. Cuma pilihannya nggak banyak. Kangen sama yang pedesnya level-levelan gitu ๐Ÿ˜€

    Cicha Reply:

    Di seirock-ya juga ada yang ramen pedes ekstrim. Aku sih ga berani.. Namanya punya riwayat penyakitan di perut ama asam lambung, jadi liat kuah merahnya aja takuut haha. Yg penggila pedes kayaknya sih boleh dicoba tuu

    bundanaole Reply:

    Wah..adayg pedes? *lap iler..
    btw mba..aq kan awam bgt ni ama makanan jepang..
    baru tau sushi aja sih..
    nah klo ramen ini, slaen kaldunya, ada ga sih bahan lai yg ga halal? Misal seasoningnya gt..
    kaya shoyu sushi kan jg jarang tu yg halal..
    makasi infonya y mba

    Cicha Reply:

    Iyaa ada yang pedesss. Aku sendiri agak ngeri sih makan yang terlampau pedes.. takut perutnya ga kuat hihi.
    Kalau yang bahan lain, yang aku hindari sih yang make sake-sake’an alias yang beralkohol. Soal bener2 cap halal, aku kurang ahli mba. Aku cuma taunya yang penting ga ada alkohol dan ga mengandung ibab + ga make penggorengan/panci bekas masak b*bi aja, aku berani makan. Masih cetek ilmuku huhu.

    bundanaole Reply:

    Sipp..makasi infonya ya^^

  • Pas baca ini aku lagi ga puasa, mbak. Ya ga ngeces-ngeces amat. sih tapi aja pengen cicip2in. ๐Ÿ™‚

    Cicha Reply:

    Hehe aku jg lagi ga puasa nih.. Kalo aku ngebayangin rasanya, bawaanya kepengen nyeruput kuahnyaa.. Enakk ๐Ÿ˜€

Leave a Comment