Family Jalan-jalan Traveling

Big Family Trip Plan to Singapore!

Suasana saat meeting itinerary, yang ga juga final-final itu :P
Written by Cicha

Beli tiketnya udah dari…. 9 bulan sebelomnya, pas lagi big sale air asia. Tau2 big family trip Bulan April 2014 ke singapore udah didepan mata, bulan depan! Waktu cepet banget ya berlalu (padahal selalu ngitungin bulan juga sik hahak).

Suasana saat meeting itinerary, yang ga juga final-final itu :P

Suasana saat meeting itinerary, yang ga juga final-final itu 😛

Iya, jadi Insha Allah nanti aku keluarga besarku, mamaku plus kakak adiknya beserta anak-anaknya yang berarti sepupu2, tante2, keponakan2 semua bakalan bareng2 jalan2 ke Singapore. Mama Papa mertuaku juga ikutan biar tambah rame, Huaaah kebayang serunya.

Sebagai seksi repot bin recet, cenchunya aku juga sudah mulai bikin2 itinerary. Cari2 tiket attraction termurah, cek singapore deals sampe cek perjalanan ke sana yg paling convinient naik apa, rute2 MRT tentunya jadi “mata kuliah” utama dalam project ini.

Ya, repot banget buat aku yg tipe perfeksionis begini. Maunya diatur secakep mungkin. Yg dipikirin banyak, ada kesenangan anak2 yg tentunya harus diduluin, abis itu mikirin kesanggupan yang udah 50+ umurnya, apa mereka bisa ikutan hepi atau engga-kecapean apa engga, banyak yg kudu dipikirin.

Coba diabsen berdasarkan umur, ya..

Anak-anak 5-11thn : 5 orang
teens & singles 11-25thn: 5 orang
25-40thn : 8 orang
50-65thn : 5 orang
Total : 23 orang!

Bagaimana mengatur perjalanan untuk keluarga besar ke luar negeri? Bagaimana mengatur itinerary yang bisa dinikmati semua? Bagaimana supaya perjalanan grup keluarga ini bisa teratur dan terarah selama jalan-jalan dan travellling?

Pe-er banget sodara-sodara..

Udah dipikirin dari berbulan-bulan lalu, tetep aja sampai sebulan sebelumnya belum fix.

Secara memang, Singapura memang negara kecil tapi banyak hal yang bisa dilakukan disana. Attractionnya banyak. Dalam 1 area, bilang aja Sentosa, ada belasan hal yang bisa kita lakukan disana. Tentunya disesuaikan dengan umur ya (dan tidak terlepas dari ketersediaan budget masing-masing keluarga). Jadi pilih memilih pilah memilahnya jadi pekerjaan rumah bersama.

Aku sendiri emang udah kesekian kali ke Singapore. Tapi ini pengalaman pertama Shaina 🙂 dan baru kali ini juga ke sana sama keluarga besar dan benar-benar mau bersenang-senang. Ga hanya sebatas jalan-jalan di orchard, wisata naik MRT, kuliner Chicken rice sama foto-foto di Merlion doang :p

Jadi agendanya bener-bener Sentosa all day besoknya Jurong half day, ada agenda Gardens by the bay dan kalau sempet malah aku sendiri mau ke Johor (minus keluarga besar). Itu juga harus dibikin Itinerary A (buat yang bawa anak2), itinerary B buat si teenagers & singles sama Itinerary C (buat 50+) dan diantara semua itu ada 1 itinerary utama buat yang berbarengan semua-muanya. Lagi ngerumusin begimanaaa yang hasilnya cakep. Ngutek2 excel sama word pokoknya.

Budgetnya? ehm.. ya gitudeh *nyengir kuda*. Jadinya pasti ada hal lain yang harus diredam. Seperti keinginan untuk nginep di area Sentosa (udah pasti bonyok) atau hotel bintang 4 di area Orchard, harus disisihkan jauh-jauh. Bener-bener harus memilih hotel yang budget friendly, tapi tetep bersih, aman, dekat dengan MRT dan lain-lain. Untuk yang satu ini sih sudah aman. Thanks to Tripadvisor 🙂

Aaah jadi gak sabar pengen posting cerita-cerita pengalaman jalan-jalan in big group begini, plus tentunya review-review beserta tips yang mungkin aja berguna.

Untuk trip ini, udah 2x nih kita meeting keluarga. Pertama di januari, kedua di awal maret kemaren ini (dan hasilnya belom fix juga untuk itinerary nya haha) . Fotonya yang di atas tadi 🙂 Di foto cuma mayoritas cewe-cewe dan emak2 rempong aja. Kalo suami-suaminya pada ngomongin politik sama mobil di area lain.

Dan ini semua anak-anaknya, yang kebayang heboh dan hepinya mereka kayak apa. Apalagi Shaina yang (masih) anak tunggal begini. Ketemu temen seumuran matanya langsung berbinar-binar 🙂

Anak-anak peserta big family trip to Singapore :)

Anak-anak peserta big family trip to Singapore 🙂

Ada tips-tips kah berangkat in group besar begini tanpa guide/travel ke Singapore? Boleh dong dishare.. Atau ada yang punya template itinerary yang simple mungkin? aku mau dwongg..

17 Comments

  • seru banget pasti ya cha…

    ngga kebayang gimana rempongnya tapi pasti ngga akan terlupakan..

    gw tunggu ceritanya aaahh…

    have a nice trip ya 🙂

    Cicha Reply:

    iya seru karena rame-ramenya itu sama keluarga besar kee hehe.
    Siiipp.. gw juga ga sabar untuk bercerita nih haha. Thank u yaa

  • Wah, beli tiket 9 bulan gitu pasti lagi sale termurah ya, Mak hehehe.
    Seru banget nih piknik rombongan gitu. Kapan-kapan ah semoga bisa kayak Emak sekeluarga.
    Semoga menyenangkan, Mak liburannya :))

  • Lama gak mampir kesini, apa kabar mbak? Senangnya aya habis jalan2. Btw Iya pascal punya adik mau umur 4 tahun 🙂

    Cicha Reply:

    haloo .. hehe ini juga blognya baru dihidupin kok say. Btw, jalan2nya masih April maak hihi.. ini baru cerita serunya persiapan.
    Salam untuk Pascal dan adiknya yaa..

  • Saya kalau bepergian ke mancanegara pasti membuat checklist barang yang dibawa mulai ujung kaki sampai ujung rambut agar tak ada yang terlupaka utamanya yang tak bisa dibeli di luar negeri misalnya tanda pangkat,tanda jabatan d,ll. Maklum serdadu.

    Asyik ya piknik rame2, pasti seru dan agak ribet memang ngaturnya.
    Saya ke Sungapura beberapa kali, tapi abidin *atas biaya dinas) karena memang bagian dari tugas. kalau jalan2 sih belum pernah.
    have a nice trip Cichaz

    Salam hangat dari Surabaya

    Cicha Reply:

    Haha.. serdadu ya istilahnya Pakde. Iyalah bintang2 di bahu itu pastinya harganya lebih mahal dari apapun, dan biarpun mahal ga bisa dibeli pulaak 🙂

    Ayo pakde ajak rombongan keluarga sak cucu2 semua paaasti sueru banget deh. Ini aku baru ngebayangin aja udah kegambar serunya.

    Thank u udah mampir ke tempatku, Pakde! Nice to know you 🙂

  • Serunyaaa…. pingin aah nyusul 🙂
    Bikin reng-rengan biaya juga dong Mak, biar ada gambaran hehe…

    Cicha Reply:

    hyuukk nyusuuul 🙂
    Reng2an biaya nanti semoga aku ga lupa share ya, soalnya ini juga belom fix itinerarynya. Harga juga masih berubah2 secara belum pasti mau beli lewat mana.
    Yang jelas, 1 minggu sebelom keberangkatan harus udah ditangan. Will update this after semuanya clear.. sambil berharap dolar pas April besok bisa nyentuh 8.500 rupiah! ! AMIINN hahaha

  • wuaaa.. senengnya liburan rame2 ama keluarga. kapan ya saya bisa kesana. ehehe..

    salam hangat dari bandung, mak.

    Cicha Reply:

    hehe iya seru banget nih, lebih serunya karena rombongannya buanyaaak hih. Didoain biar bisa kesana juga yah..
    salam juga dari BSD! 🙂

Leave a Comment