Bali Family Jalan-jalan Traveling

Bali Trip day 3 : Turtle Island (Pulau Penyu, Bali)

Turtleisland
Written by Cicha

Review Pulau Penyu. Pulau ini terletak di sana’an laginya Nusa dua – Benoa, Bali.. Deket dari Benoa, tapi masih kesana lagi. Untuk bisa kesana, kita harus naik kapal laut/speedboat di ujung Benoa, yg mana kalau mau cari on the spot, sekarang provider-provider watersport yang tersebar di sepanjang Jalan Pratama, Benoa, rata-rata hampir semua jual.

Berapa dan dimana beli tiket ke Pulau Penyu di Bali? Harganya macem-macem. Kalau cek di website-websitenya (bisa googling dgn keyword : watersport benoa / pulau penyu / turtle island boat), ada yang kasih charge mulai dari 100rb/kepala, 300-400rb’an/kapal (dgn maksimal 10 orang) sampe ada yg 700rb’an untuk group.

Aku sendiri? Cencunya cari yg paling murah. Kebetulan di Groupon ada jual yg murah.. diskon deals jadi 230rb/boat maksimal 10 orang dengan provider watersport NBC namanya. Hari itu kita nyebrang 6 orang. Super yay!

Kita baru bisa nyebrang sudah sore. Sampai di NBC sudah jam 4. Dikasih tau sebelum berangkat “karena udah sore, airnya sudah agak surut bu, jadi harus jalan sedikit ke pulau penyunya nda papa ya?”. Hmm masih belom kebayang maksud si mba-mba tadi apa. Aku iya aja, pokoknya disempetin ke pulau penyu.

Off we go with the glass bottom speed boat. Wooooosshh…

Turtleisland1

Turtleisland2

Turtleisland3

Kurang lebih 1km’an tiba-tiba.. “Brak, kejebruk, dak”.. bunyi si kapal. Sontak kita semua yg didalam speedboat ketakutan. Gak lucu kan kalau ada sesuatu trus kita terdampar. Mana ga pake pelampung lagi.. arrgghh#%€£¥&?!!!

“Kenapa bli kapalnya?

Si mas-mas nya ga banyak bicara bikin kita tambah panik.
Tau-tau dgn santainya dia turun dari kapal, kita kira mau berenang ninggalin kita. Ternyata.. pas turun kapal, kedalaman air lautnya udah tinggal setengah betis dia.. -_- laah udah dangkal tooh.

“Kita jalan dari sini ya bu, ke pulau penyu, karena air udah surut

Tampak si pulau penyu masih jauh dr pandangan mata. Kira-kira 500m++ lebih. Ooh baru ngerti maksud mba-mba tadi.. jadilah kita melipat2 celana sampe batas yg tidak bisa ditentukan & berjalanlah kita semua menuju si pulau penyu.

Turtleisland4

Omi dan speedboat kita yang nampak dari kejauhan

Ada apa sih di pulau penyu Bali ini?

Sejujurnya there’s not much to see there. Kamu akan melihat beberapa kolam isi penyu-penyu ukuran sedang. Kemudian penyu2 itu diangkat sama penjaganya untuk dikasihkan ke pengunjung yang mau berfoto sama si penyu. Cekrek cekrek

Turtleisland6

The Utina bareng penyu-penyu

Turtleisland7

Setelah merasa cukup foto-foto dengan penyu-penyu tadi, kita diajak ke sisi yg agak dalam ada tempat penangkaran penyu yang sudah berumur lebih dr 70-80thn. Kalau yg ini udah pasti ga bisa diangkat, karena udh gede banget..

Turtleisland8

Abis itu ada beberapa binatang seperti burung, ular, iguana besar sampai monyet yg dikerangkeng. Beberapa binatang dipersiapkan untuk foto bareng pengunjung. Okay lets.. Cekrek cekrek.

Turtleisland9

Setelah merasa cukup mengisi camera roll, kita harus kembali ke speedboat..ngeri semakin kebawa jauh means kita jalannya lebih jauh lagi..

Turtleisland11

Turtleisland12

Sejauh mata memandang, masih pasir.. artinyaaaa speed boat kita masih jauh -_-

Turtleisland13

Jadi, apakah pulau penyu ini bagus? Is it worth the trip? Well.. Untuk pengalaman aja sih oke kok.. dan rasanya 1x kesana sudah cukup untuk menjadi cerita “Gue udah pernah lhoo ke pulau penyu”. But in my opinion, I think it is not a place that you want to re-visit 🙂

Tips ke Pulau Penyu :
1. Jangan malas browsing untuk cari promo-promo harga hemat dari provider. Kalau aku kemaren dapet deals dari Groupon.
2. Pergilah saat pagi-pagi supaya ga surut airnya dan jalannya ga terlalu jauh. Kalau bisa setelah ke pulau penyu, lanjut snorkeling dari provider yang sama, pasti seru 🙂
3. Bawa bekal snack & minum

 

The rest of our Bali trip April 2015 stories :

Bali Trip Day 1 : Kecak Dance Uluwatu
Bali Trip day 2 : Safari Marine Park & Klapa Dreamland
Bali Trip day 3 : Turtle Island (Pulau Penyu, Benoa)
Review : KUTABEX Beachfront Boutique Hotel, Bali
Review : Grand Mirage Thalasso, Benoa, Bali

14 Comments

Leave a Comment