Curhat Things to Remember

Batuk Parah & Demam Tertinggi

demambatpil
Written by Cicha

Shaina saat kurang sehat..

Selama ini Shaina kalau sakit, batuk pilek ngga pernah parah-parah banget. Ini juga batuk untuk ke2 kalinya seumur hidupnya. Kalau pilek sih, kayaknya ini yang ke-6 kalinya deh. Kalau batuk yang pertama itu pas seminggu setelah kenalan sama makanan. Ini kedua, dan.. bisa dibilang parah.

Hmm.. selama ini mama memang selalu jaga Shaina. Dari kebersihannya, dari cemaran lingkungan, nutrisinya dan lain sebagainya. Bentar-bentar cuci tangan. Mba Jum juga kalau lupa cuci tangan sebelom megang Shaina mama bisa marah banget. Sekarang dia udah terbiasa, udah tau maunya mama. Pokoknya, gimanapun caranya, Shaina mama usahakan untuk jauh-jauh dari virus, penyakit dan paparan bakteri. Kadang, bisa dibilang, “over reacted”. Eh, tapi suka-suka orang tua dong? Emang kalau anak sakit, siapa yang repot?

Terus, yang namanya takdir kali ya. Hari Selasa lalu papa mertua alias Opa Gorontalo dateng ke Jakarta. Sayang berjuta sayang, pas sampe Jakarta beliau pas kecapean banget dan kondisi badannya drop. Alhasil besokannya beliau sakit, demam, batuk, sakit kepala, meriang.

Ketar-ketir lah mama. Memang Opa juga gak berani megang Shaina (mama gak bakal ngasih juga sih).. tapi yang namanya virus kan kebawa sama udara. Terlebih kubik rumah kita ini kan gak seberapa gede, jadi ya pasti muter-muter disini. Sebenernya setengah gak rela ada virus masuk rumah, tapi kali ini mama kudu ikhlas. Yah, mau diapain lagi kan?

Oke. Pas Opa Gorontalo pulang hari kamis pagi, kamar tempat beliau tidur (kamar mamaku – yang jadi kamar mainnya Shaina sekarang selama omanya terbang) sebenernya udah dibersihin. Segala seprei udah diganti, jendela udah dibuka lebar-lebar. Udah 2 hari gak main disitu, akhirnya bismillah, mainlah Shaina di kamar itu.

Dann.. selang sejam idungnya mulai meler. SH*T!!! Spanneng langsung kepala mama. Tololnya kenapa ya kok malah mama ajak main disini? Abis udah kebiasaan dan Shaina juga kayaknya kangen banget sama kamar mainnya. Nunjuk2 melulu minta masuk.

Okay.. that is where the battle begins.

Hari itu (19 maret) Shaina meler tapi masih ceria, gak ada masalah soal makan dan lain sebagainya. Tapi, malamnya Shaina rewel, nangis2 gak ada juntrungannya. Dan, diakhiri dengan muntah, yang isinya ASIP campur lendir..

Besokkannya (20 maret), mulai bersin-bersin sepanjang hari. Matanya sampai berair teruss.. ya iya.. gak ada 15 menit sekali bersin SEPANJANG HARI. Itu ingus kayak air terjun, gak pernah berenti meler. Siangnya mulai sumeng. Mama thermo 37,6. Siang masih mau makan, malam sama sekali ngga mau karena mulai sedikit-sedikit batuk. Minum ASIP pun gak mau. Malamnya sempat muntah. Akhirnya Shaina tidur dengan keadaan perut kosong – mata sembab karena rewel luar biasa.. jam 02:30AM!!! Mama sampe nangis. Pengan marah, gak tau marah sama siapa. Stress banget beribu banget!!

Sabtu (21 maret), mama milih ke dsa aja. Karena Shaina mulai mogok makan. Pipi hidungnya juga udah merah merona. Matanya berair terus bikin dia belekkan, susah melek. Rewel luar biasa, batuknya parah dan mulai bikin dia muntah. Perutnya kembung karena sering batuk & nangis juga ogah2an nerima makanan / minuman.

Mama udah tebak sih, dokter pasti ngasih resep yang memang udah mama kasih sebelomnya. ALCO – untuk pilek, TEMPRA – untuk kalau badannya panas, MUCCOPECT – kalau lendirnya mengganggu, dan yang terakhir LAPICEF (ternyata ini sejenis antibiotik. Sigh). Setelah diminumin obat, malam minggu itu Shaina bobonya udah enakkan. Jam 10 udah tidur, sudah mau makan walau sedikit dan sempet muntah. Tapi sebelom bobo, minum ASIP kembali lancar.

Minggu (22 maret), siangnya Shaina menunjukkan kemajuan. Udah ceria, makan setengah lancar, nyusu lancar. Tapi, malemnya tiba-tiba badannya panaaaaaaaaaass sekali. Omigod. Mama thermo sudah menginjak 38,6. Tapi mama yakin lebih panas dari itu karena waktu dithermo Shaina gak bisa diem.

Sedih banget ngeliatnya. Matanya sayu, kuyu, berair. Badannya lunglai. Tapi waktu papa ngajakkin bercanda, Shaina masih ketawa ngakak-ngakak. Nangis deh mama 🙁 Kesian.

Kemaren, (23 maret), urusan nutrisi udah gak mengkhawatirkan. Karena ASIP, airputih dan makanannya masuk sempurna, porsinya sudah 3/4 porsi normal. Suhu badan juga udah normal, udah mulai ketawa-ketawa. Tapi kalau batuknya masih kayak orang gede kalau lagi batuk berdahak.

Hari ini, (24 maret, jam 11:02), dia masih bobo krn tadi malem ngajakin begadang – tapi bukan karena rewel, tapi karena kangen maen kali ya.. Trus barusan mama raba badannya suhu normal, walau sering kebatuk-batuk yang penuh dahak itu. Kalau pagi biasanya gitu tuh.. karena pas bangun tidur lendir ngumpul ke tenggorokan semua. Semoga hari ini jauh lebih baik dari kemaren dan esok jauh lebih baik dari hari ini.

Mama perhatiin,waktu panas tinggi 2 hari lalu, Shaina gak ada abis2nya gigit2in tangannya ke gusinya. Memang waktu DSA kemaren periksa kerongkongannya, keliatan ada 2 geraham yang mau tumbuh di kanan dan kiri gigi belakang. Ya Allah, masa sih mau tumbuh geraham aja pake kayak gini?

Pokoknya PALING BENCI KALAU ANAK SAKIT!! Asli deh. Jangan heran kalau mama paling musuhan sama orang sakit kalau Shaina lagi sehat. Sialnya, kemaren papa mertua yang bawa virus. Hiks. Mau musuhan atau marah gimana coba??

Yaudahlah.. cuma curhat nih.. Bukan marah sama papa mertua juga sih.. cuma menyayangkan aja, kenapa pas kesini pas lagi sakit? huhuhu.. 🙁 Minta doanya aja ya semoga anak mama cepet sembuh dan dijauhkan dari virus2 atau bakteri jahanam yang bikin anak mama sakit!!! Amiiinn…

16 Comments

  • duuh,..
    kasiaan,.
    ky sodaraq kmrn tuu,..
    alhmdllh skrg udh smbuh..
    dy pke PROPOLIS & CHLOROPHYL
    coba dehH,.
    klo btuh informasi lbh lnjut tlpn aj aq mungkn q bs mmbantu,.0899456924

  • Sama,mbak.Aq klo lg ke mertua,trus ada yg sakit,uh,pgn buru2 pulang aja.2 kali weekend ini,pulang ke mertua,yang ada sakit melulu.Alhamdulillah Kaira oke.Cuman mamanya yg langsung bersin2.Ga papa deh,nak.Mending mama aja yang sakit.Walah,jd curhat.Hehe..
    Ohya,senengnya udah mau kopdar-an lagi.
    Salam muah-muah buat shaina ya,mam..

  • gak papa ya shaina, biar makin kuat ngelawan virus disekitar kita. memang bikin kita emaknya jadi senewen dan sedih setengah mati. moga shaina jadi lebih kuat lagi daya tahannya dengan sakit ini.

    ayo ayo sembuh, kan kita mo kopdaran gede2an shai hehe:)

  • wahhh shaina sakit ya? duhh emang suka senewen sndiri ya klo anak sakit….tp syukurlah skarang shaina udah mendingan, mudah2an cpt sembuh ya sayang….

    iya ya mom kadang gak abis pikir, knapa ya anak mo tumbuh gigi hrs sakit dulu? mau pinter hrs skt dulu…mdh2an setelah ini shaina gak sakit lg ya..

  • hmmm shaina cepet sembuh ya.
    memang sih, kita udah usaha sampe bersih2kan semua, udah ganti seprai, tp tnyt msh bs kena juga.
    mam, mungkin bisa coba semprotan anti bakteri, klo ga salah merknya caplang. jd klo ada yg bersin2, lgsg semprot aja ke area bersinnya, biar kumannya sebar kemana-mana. aq selalu sedia itu di rumah & jg dibawa kemana2, jd misalnya mo ke mall trs di nursery keliatan ga bersih, tinggal semprot. wanginya kyk minyak ky putih.. botolnya hijo gede…
    utk jaga2 aja sih mam kalo ada lg sodara datang pas sakit… semoga cepet sembuh ya shai…

  • Wah Shaina sakitnya kayaknya masuk tahap parah ya… semoga cepet sembuh ya Shaina. Salut nih buat mama Chica yang selalu melindungi Shaina, ga rugi deh jadi full time mom 😉

  • Cepet sembuh Shaii… Mama dan papanya Shaina juga harus jaga kesehatan ya, biasanya kalo virusnya dahsyat sakitnya gantian deh, semoga aja nggak ya… 🙂

  • memanglah paling pusing kalo anak sakit. rasanya pengennya sakitnya dia pindah ke kita aja, biar kita aja yg nanggung sakitnya. moga Shaina cepat sembuh. salut ama mama Cicha yg perhatian banget sama Shaina sampai sedetil-detilnya. kalo aku banyakan seleboran dan cueknya (*tapi bukan gak sayang anak lho*).
    mungkin demamnya banyak sebab, pertama karena virus dari opanya. kedua, mungkin mau tumbuh gigi baru. soalnya ada anak yg pas tumbuh gigi rewel dikit. ada yg sampe demam. ada yg gak nafsu makan. kalo soal takut dia muntah, kasih makannya sedikit demi sedikit. tapi sering2. jadi yang sedikit, sempat dicerna dan diserap dulu (gak muntah). baru isi lagi dg jumlah yg sedikit juga. aku biasanya gitu kalo anak lagi sakit dan muntah. bahkan kadang dipuasain beberapa jam. kayak semacam ngosongi perut dulu. biasanya lumayan, muntahnya akan berkurang atau gak muntah lagi. terus kalo misal lagi radang tenggorokan/batuk2, puasa minyak dan puasa telur. IMHO lho…

  • cepet sembuh ya shaina…alma juga kayaknya udah 2 mingguan deh pilek awalnya pake batuk tp trus batuknya ilang. Pileknya udah mo sembuh eh kmrn kambuh lagi trus gue jg lg batuk lg nih skrg. Duuuh…kalo pilek pake ALCO itu sembuh ya cha? gue pake triaminic tp kok kayaknya lama amat yah.

  • farissaku juga masih sakit nih..kena campak…alhamdulillah sekarang sudah normal makannya tinggal batuknya..jangan dikata panik.comnya kita kaya apa ya cha..kasian liat anak sakit,apalagi farissa sakitnya baru kali ini.panas batuk pilek semua di borong.cepet sembuh ya shaina..sayang..

  • Aduhhh kasian Shaina. Semoga cepet sembuh ya.. Anak saya jg uda batuk 3 mingguan ga sembuh2.. Emang paling sedihhh kalau liat anak sakit ya. 🙁

Leave a Comment