comic Jalan-jalan Things to Remember

Jalan – Sakit Tumbuh Gigi & Supermini kopdar

shaina-jalansendiri
Written by Cicha

Sedikit tentang Jalan

shaina mulai jalan sendiriAlhamdulillah, Shaina udah mulai jalan sendiri, udah bisa 10-15 langkah lah, tapii pelaaaaaan sekali, masih tersendat-sendat. Tapi lumayan lah.. ternyata dia mulai melangkah pas umurnya 15 bulan lebih seminggu 🙂

Fyuuuhh.. secara normalnya memang anak mulai jalan sendiri MAKSIMAL 15 bulan. Jadi Shaina tergolong normal.. belom late walker (lebih dari 16bulan – 18bulan maksimumnya).

Tadinya pengen posting khusus memamerkan dia berjalan sendiri tanpa pegangan, tapi apa daya belum sempat terabadikan di video. Nanti kalau udah keambil, segera diabadikan dan di freeze disini..

Selama ini masih konsen menyemangati Shaina untuk bisa lebih giat lagi jalannya sambil menyemangati sih, jadi belom kepikiran buru2 ambil kamera hehe 🙂

Sakit karena tumbuh gigi

shaina sakitMama heran, kalau dipikir-pikir, mulai tumbuh taring, Shaina kalau tumbuh gigi HAMPIR PASTI sakit. Biasanya sumeng-sumeng terus meler, terus batuk. Gak lama kemudian, mulai pecah gusinya. Tandanya, di bibir / mulutnya ada darah kering (tanda gusinya robek dan mengeluarkan darah), atau.. pas dia lagi gigit2 sesuatu, barang itu ada darahnya sedikit sih. Terus mama baru engeh, oooo.. ini sakitnya karena tumbuh gigi tooh. Mama udah tau aja.

Awal-awal ngeliat ada sedikit darah dari mulutnya, woow panik banget mama. Akhirnya mama mertua ngasih tau, “Memang begitu, itu gusinya baru pecah. Kalau udah begitu, malah ngga sakit, karena jalan keluar gigi sudah terbuka.” Tapi iya juga sih, kalau emang udah ada tanda darah gitu yang ketauan sama kita, biasanya udah gak nangis2 histeris lagi.

Kalau dipikir-pikir aneh ya. Tumbuh gigi kok nyambungnya ke batpil? Kalau demam, okelah nyambung. Tapi kalau batpil apalagi diare, itu nyambungnya dimana ya? Soalnya kalo gak salah, bundanya Aulia di Gorontalo (yang udah jarang posting itu haha) pernah sharing, Aulia kalau mau tumbuh gigi katanya diare, gak lama kemudian gigi barunya tumbuh.

Kalau Shaina, penyakit mo numbuh giginya emang batpil. Awalnya biasanya meler dikit, terus badannya sumeng-sumeng 2-3 harian dibarengin sama pilek yang makin parah. Telapak tangan sama kakinya bisa dibilang panas, badannya sih sumeng aja (37,2an). Abis itu sumengnya ilang, biasa lanjut pileknya dan diakhiri dengan batuk.

Jadi minggu kemaren ceritanya,  Shaina sakit karena mau tumbuh gigi, sebentar sih, gak sampe seminggu sakitnya. Tapiii.. kali ini kayaknya menyiksa dia banget tuh. Karena ternyataa.. gigi taring bawahnya 2-2nya mau keluar sempurna (tadinya baru ujungnya aja).

4 hari 3 malem waktu itu bener-bener susah banget tidur. Tidur jam 3 pagi, bangun jam 7. Gak mau tidur siang sama sekali.. kayak trauma. Soalnya, Shaina kalau tidur kan harus ngisep telunjuk, mungkin sakit banget kali ya.. mulutnya gak enak buat ngisep.

Jadinya, dia stress sendiri.. kepengen banget tidur karena udah cape nangis plus ngantuk, tapiii .. ‘obatnya’ (baca:telunjuk) gak bisa dia nikmati 🙁 Belom lagi, kalau dia ngenyut (entah dot susu / telunjuk), idungnya kan bumpet juga, gak bisa napas. Susu sih bisa diakalin dengan disendokin. Tapi kalau tidur.. whoa.. bener2 nightmare kayaknya buat dia.

Orang nyusu aja ngga mau sama sekali 2 hari pertama.. harus disendokin. Makan harus yang super lembut.. akhirnya 4 hari full makan bubur dicampur sayuran sama ikan juga tapi dihalusiiin banget, baru masuk pelan2. Giliran dikasih nasi, dia gak mau sama sekali.

Selama ‘sakit’ itu, sepanjang hari didominasi sama nangis. Shaina stress.. mama apalagi 🙁 4 hari rasanya badan mama remuk, cuma tidur beberapa jam dan harus menenangkan Shaina yang kesakitan.

Emang keliatannya Shaina kesakitan banget, kesian deh. Lagi main, tiba-tiba nangis teriak, tangannya kayak mau garuk-garuk mulutnya. Atau dia mangap sambil ngasih tau.. sakit (adalah sandinya dia buat ngasih tau kalau ini / bagian tertentu dari body partsnya sakit).

Tapi ya itu.. cuma 4 hari lah perjuangannya. Abis itu.. eeh itu taring bawah kok keliatan udah gede banget… Pileknya langsung kering, batuknya sih seperti biasaa.. masih nyisa dikit-dikit. Urusan batuk emang sembuhnya paling cepet seminggu, standar bener2 ilang batuknya setelah 10 hari, bisa lebih.

Soal gigi, jadi.. gigi Shaina yang udah keluar sempurna total jadi 13 dari 15 gigi yang sudah nongol. Tapi yang 2 (geraham belakang baru setengahnya ajah) — ini yang keliatan yaa.. belom sempet ngintip geraham atas. Terakhir sih udah 1 yang tumbuh setengah sebelah kanan, yang kiri belom cek lagi.

Kenapa yaa.. mau tumbuh gigi aja pake sakit? Moga2 next gigi gak menyiksa kamu lagi ya nak. Amin…

Supermini Kopdar

Sabtu wiken ini kita ketemuan sama Ocha, bundanya Alma. Hehe.. gara-gara ngebet sama Sari Kurma Al-Jaziranya, akhirnya ‘the Ochantiques’ ngemall ke Pacific Place dan ketemuan sama kita, ‘The nirwannisa’, salah satunya buat ngasihin sari kurma itu haha.  Dibilang supermini soalnya cuma ber2an hehe, tapi lengkap dengan papa – ayahnya serta bayi-bayinya dong 🙂

Let the pictures talk aja ya..

Shaina & Alma

Mama senengnya gini nih ngeblog. Dari say hai say hello lewat blog, ketemuan, teruss.. lama-lama bisa jadi temen ‘beneran’ 🙂

mamamamashainalma

Ayo ibu-ibu, temenan yuuuukkk 😉

20 Comments

  • Yah kesian si Shaina, setiap tumbuh gigi pst gitu ya Ca…? si Vanya kalo mau tumbuh gigi pasti kena ruam popok (lebih ngga nyambung lg kan) tapi itu selalu begitu dan ruamnya cuman 1 hari setelah di kasih salep langsung sembuh. tapi kata dokter itu penyebabnya ya gigi mau tumbuh..he3x aneh2 aja ya…

    asiknya yg kopdaran he3x.. yg di ancol jadi bu… kalo bulan juli saya sptnya bisa.. 😉

  • Jadi ikut sedih baca postingan Shaina pas sakit. Secara kaira juga sakit, dan sekarang kayaknya proses penyembuhan. Oya, bole sekalian nanya2 ya. Barangkali mama chicha punya pengalaman atau ada referensi.
    Kaira sejak Jum’at kemarin panas. Panasnya lumayan tinggi. Hampir 40 derajat celcius, deh.. Soalnya waktu dibawa ke dsa (panasnya udah agak turun), diukur masih 38,8. Ngeri, kan?
    Beberapa kali aku kasih penurun panas, turun bentar, tapi abis itu panas lagi. Apalagi kalo tidur malam, PASTI panasnya meningkat.
    Setelah 2x ganti DSA, akhirnya disuruh tes darah. Herannya, abis tes darah (Selasa), sorenya panasnya turun. Sampai sekarang gak naik lagi. Alhamdulillah..
    Tapi yang kesisa, sampe sekarang masih lemes aja. Padahal dia yang biasanya ceria banget. Sekarang senyum aja mahal banget. Apalagi ngoceh. Aku kehilangaaaan..banget !! Oya, hasil tes darah, HCV rendah, Monosit ama Limfosit tinggi.
    Maaf ya, mbak. Jadi curcol. Abis, ga mesti timingnya bisa nulis banyak. Thanks before, ya..

  • hai Mba Chica dan Shaina

    Wah sama banget baru kemaren anakku tumbuh gigi, pas baca pengalaman Shania jadi ngebayangin pasti sakit yach…wah sekarang sibuk ngejar2 Shaina lari2 dunks, posting ceritanya dong hehe…*penasaran*
    Iya nich…aku juga terinspirasi ngaktifin lagi blog aku karna sering mampir disini baca kisah-kisahnya Shaina, tapi blom brani di-publish hehe masih acak2an. Mba komiknya lucu banget deh, pas banget lagi ko mimik mukanya Shaina juga mirip hihi…Maw dong diajarin edit foto jadi komik

  • wah anak2 emang unik ya ga khas sm sekali. duh kebayang capeknya shaina dan mama hehe tapi moga2 next tumbuh giginya gak pake sakit2 lagi yaa..

    sunghee malah kalo numbuh gigi gak ada reaksi apa2 sama sekali. atau maminya kurang ngeh? hehe
    moga2 sunghee jg nambah giginya baik2 aja hihi

  • Ikut seneng deh, Kak Shaina sudah mulai jalan. Habis itu lari-larian ya Kak, biar mama makin capek ngejagainnya hehehe. Lhah itu kan resiko anak bisa jalan dan lari tho? 😀 .Sekarang saya dan tetehnya juga lagi gencar2 nya netah Dita, biar semangat buat cepet jalan.

  • 🙂 senengnya dah bisa jalan…selamat ya Shaina! selamat berexplorer jg!

    Mamaku jg sering bilang, kalo anak panas,diare atau tiba2 batpil biasanya “mau tambah pinter apa gitu? huhehehe…lucu emang, dipikir gak ada hub-nya, tapi sering kali terbukti.

    Mom, tadi aku baca tentang proses persalinan Shaina, cukup menegangkan ya? aku juga baru tau kalo kalo ternyata rahim yang diangkat tuh krn abis dicesar tidak kontraksi…*thanks info-nya, jadi tambah ilmu. *Sedikit bikin begidik juga sih!
    Secara aku kelahiran ke-3 ini pasti cesar lagi, karena kelainan bentuk Serviknya yg cenderung melengkung.

    Cerita ttg melahirkan memang selalu menjadi crita yg mengharu biru ya…:)

  • duh kasian shaina…tp gak papa ya..kan biar giginya makin banyak..biar cepet2 makan yg kriuk2..hehe.
    Sama tuh mom..Samy juga tiap tumbuh gigi pasti sakit deh..biasanya sih batpil. Ini juga baru sembuh dua hari gak mo makan n agak uhuk2..trus nyongkel2in dalem mulutnya terus sampe tanganku juga ikutan dibawa kemulutnya..gak taunya gerahamnya udah keluar semua..mungkin ga enak kali rasanya..gimana gitu…
    Ttg anak sakit klo tumbuh gigi aku rasa ada benernya juga..mnurutku sih mungkin pas tumbuh gigi itu daya tahan anak jadi berkurang, ditambah lagi biasanya anak suka masuk2in tangannya ke gusi yg gatel/sakit itu..jdnya kuman gampang masuk dehh..
    Emang lelah banget ya klo anak lg sakit..tp semua terbayar begitu ngeliat anak segeran n ceria lagi..itu lah nikmatnya jadi ibu..
    duhh asik bgt nih kopdar kecil2annya… 🙂

  • wakakka komiknya lucu banget. hmm kalo zikra susah makan boleh juga sari kurmanya:) ngeblog ternyata banyak manfaatnya yah kekeke:)

    wah shai, selamet ya sayang udah bisa jalan:) ayo yg semangat latian biar makin lancar:)

    hmm zikra juga udah ada taring dan geraham tapi belum sempurna. walo sekarang suka flu tapi masih kayak biasa sih, nafsu makannya juga masih bagus walo suka dilepehin sesekali. tiap anak emang beda yah:) shai, moga2 gak sering2 ya sakit begini tiap mau numbuh gigi. kasian banget bacanya:(

  • halo mba Cica…aku newmom anaku 1 usianya 8 bulan, dari dulu seneng bgt baca2 blog mba Cica ttg si lucu Shaina, inspiring bgt mba… apalagi ttg menu mpasinya Shaina…semoga Shaina slalu sehat dan pinter yaa…

  • Setelah sekian lama baca blognya Shaina,akhirnya comment juga hihihi,selamat ya Shaina udh bisa jalan, dan mba Cichanya juga sabar banget nunggu, kalo aku sih pasti udh bertanya2 dan worry, sekali lagi selamat yah…:D

  • cihuuuyyy..akhirnya shaina bisa jalan.. 🙂
    ayo shai jalan-jalan keliling rumah.. bikin mama mu repot ngejagain kmu.. hhehehehehehe..

    wah kyanya pengen nyoba sari kurma juga nih..
    emang blogwalking banyak gunanya selain dapet ilmu juga dapet temen baru.. 😀

  • iya, enaknya blogging, jadi kenalan, terus temanan, nyambung, krn ngomongnya pasti soal anak. suka dg komiknya , mom. ekspresinya shaina juga ngepas banget..hehhee!
    selamat yah shaina say..akhirnya melangkah dg pasti!!!
    aku gak seperhatian/setelaten dirimu cha, tau2 angie giginya dah ngintip. gak lihat ada darah segala.tapi kayaknya sama kayak cicinya, tumbuh giginya gak pakai rewel. ada satu kali doang, malamnya tidurnya agak rewel. aku cuman duga mau tumbuh gigi. tapi kan tumbuh gigi itu pelan2, jadi hanya dugaan, gak tau bener apa nggak.

  • Mam, katanya ya buat mengurangi rasa sakit pas tumbuh gigi itu bisa pake Orajel. Tapii, stengah mati nyari di Mall gede ngga ada juga (Well, baru nyoba nyari diguardian sency sih..). Aku dapet info dari temenku yang di US sih, ngebantu banget katanya. Klo aku search di inet ya, di Indo namanya Bonjella, tapii nyarinya itu yang susah juga..

  • plok plok plok! shaina dah bisa jalan!!! kalo gitu nanti kita ketemuan ndiri aja yuk ma temen2 yg lain ^,^

    tapi sedih liat shaishai sakit. merana sekali. tau ga shai? waktu aku batuk yg parah kemaren itu ternyata gigi gerahamku yg tambah gede. hehehe… tapi dah sembuh kan ya skrg.

    bundaraya: ini yg aku suka dari blog-an, jadi bisa share dan nambah ilmu juga. salah satunyah yah sari kurma ituh. kemaren baru beli dan mulai dikonsumsi kita betiga. abis raya selera makannya dua hari ini menurun drastis.

  • hihihi komiknya lucu banget, moga sari kurmanya ada manfaatnya ya cha. Iya tuh knpya tumbuh gigi pake sakit2 segala, alma biasanya jg pasti pilek tp gak pake batuk sih. Yang terakhir parah tuh ampe dirawat. hhahaha..

    Shaina moga2 cepet lancar jalannya 😉

  • Duh neng Shaina,…kasian bgt sih kamu nak. Klo tumbuh gigi pasti bikin sakit ya sayang. Smoga besok2 klo tumbuh gigi lagi udah makin kuat nahan rasa sakitnya 🙂

    Fadly juga alhamdulillah udah mulai berani jalan sendiri. Udah bisa 10 – 15 langkah. Nanti klo ketemuan udah bisa jalan barengan dunk kita 😀

    @Cicha,
    jadinya Ancol gimana tuh???

  • Aduh kasian Shaina… Emang ga enak ya liat anak sakit, walaupun cm beberapa hari aja. Shaina bibirnya seksi hihihihi. Samu liat Shaina bilang “baba kut!” artinya “baby cute”. Hahahaha. Sayangnya nih saya di Seattle ga ada temen yg punya anak, pdhal kan seru ya liat anak kecil main2 bareng. 🙂

Leave a Comment