My Reviews Parenting

Disiplin soal Car Seat

her-new-carseat
Written by Cicha

Let’s talk about carseat ๐Ÿ™‚

Buat mama, carseat is very important. Mendisiplinkan anak sejak dini untuk mau duduk diam di carseat saat orangtuanya mengendarai mobil adalah hal yang sangat krusial.

Here’s why :

  • For safety reason
  • Biar anak disiplin untuk duduk diam di kursinya kalau berada dalam mobil
  • Tidak ada istilah gedabrutan : ingin berdiri, maksa berdiri sambil megang hand handle (kayak naik busway gitu deh modelnya), nempelin muka di kaca, main-mainin power window dan lain sebagainya.
  • Orang tua merasa tenang saat urgent dimana harus berduaan dengan anak saja (khususnya anak dibawah 2 tahun yang mayoritas gak bisa diem)
  • Mendorong anak untuk merasa mandiri, dewasa dan dihargai
  • Orang tua lebih tenang dalam berkendara

Kapan baiknya mendisiplinkan anak untuk duduk di carseat? sedini mungkin.

Tapi, Shaina sendiri didisiplinkan baru-baru aja sebenernya. Karena kita (alhamdulillah) baru ada mobil pribadi gak berapa lama ini (ini juga lungsuran almarhum ayahanda. Bukan hibah lhoo.. beli ke ibu tiriku ๐Ÿ™‚ ).

Okay lanjut soal carseat. Jadi, walaupun didisplinkannya Shaina ini setelah umurnya menginjak setahun, tapi gak berapa susah untuk membiasakan dia duduk di carseatnya selama perjalanan.

Awalnya sihh.. wooo jangan tanya. Rewel, gak mau sama sekali. Nangis, minta dilepas. Mama sama papa sih cuekin aja di kursi depan, Shaina sendirian di jok belakang sambil nangis meronta. Awal-awal menenangkannya adalah dengan menggunakan Sesame street dari handphone sepanjang jalan. Manjur.

Trus kalo dia mulai meronta lagi, kita ajak ngomong aja, “Shaina kalau mama / papa nyetir, HARUS duduk dikursi itu. Mama papa gak bisa bantu kalau kamu menangis kayak apapun.”

Tapi pemberontakan ini cuma berlangsung 2 hari saja. Dan kita juga emang harus tutup kuping sambil ngajak ngobrol atau kasih mainan ke dia. Karena she knows, “crying wont help” ๐Ÿ™‚ Selepas itu, Shaina udah mulai enjoy.. bahkan kalau udah duduk di carseat ketemu AC semilir-semilir tau-tau matanya udah merem aja. Mama papa didepan bisa santai. Gak ada lagi istilah rungsing atau rusuh di dalem mobil.

Tadinya, sampe umur 15 bulan Shaina masih duduk di baby carriernya. Posisinya dijok tengah, diiket sama seatbelt tengah hand carriernya. Instalasinya asal-asalan. Kalau di luar sana, udah ditangkep polisi kali kita hehe. Yang penting buat kita : itu baby carrier bisa ‘dipegang sama safety belt’, itu aja. Sebenernya posisi itu sangat improper sama sekali.

Tapi, dengan baby carrier yang diinstall not properly aja sebenernya Shaina udah pewe, tapi lama-lama keliatan banget, kegedean anak dari carseatnya (baca : baby carrier).

Akhirnya, huntinglah kita carseat baru yang sesuai sama umurnya Shaina. Hunting sih udah dilakukan dari bulan-bulan lalu.

Shaina in her old & new carseat

Tapi sepertinya kalau Shaina sendirian dijok belakang, posisi ditengah udah gak safe lagi. Kadang miring kiri-kanan. Karena jok tengah itu hanya ada safety belt paha, bukan yang dari bahu ke pangkal kaki. Yaudah, pindahin ke pinggir deh. Kecuali ada 2 orang dewasa yang ngapit, baru bisa ditengah.

Carseat mahal? Hmm.. kalau liatnya di mothercare, moms and’i dan toko branded lainnya, emang gak ada yang dibawah 1,5jt. Yang paling murah itu buat anak diatas 3-4 tahun, sekitar 1,5jt-an. Kalau buat baby yang bisa posisi tiduran malah sekitar 3-5jutaan. Example : Britax atau maxi-cosi.

Tapi kalau mama sendiri, mikirnya sayang lah uang segitu. Kalau ada yang lebih murah tapi safety juga, why not? Toh kita bukan heavy car user juga. Memang sih ada harga ada rasa. Bahannya kedua merk yang mama bilang diatas emang yahud. Tapi dari segi safety, pikir-pikir sama aja, tergantung gimana kita meng-installnya di mobil. Selama installnya bener, insyaAllah anak terjaga dari lontaran saat rem mendadak atau insiden lainnya. Itu dulu deh yang penting.

Akhirnya perhuntingan pindah ke ITC ๐Ÿ™‚ Dapet masukkan dari temen mama, dia beli merk Care yang tipe Vision, buat anak perempuannya yang masih umur 8 bulan.. Katanya okeh. Dari beberapa merk yang dia coba-cobain (sesuai beberapa merk ‘ITC’ incaran mama juga), ini yang paling cucok. Harga? 650ribu saja. Lebih murah beberapa ratus ribu dari anggaran ๐Ÿ™‚

Mama senengnya walau tergolong murah, dia bisa direcline juga (posisi tiduran). Secara Shaina kan paling gampang tidur kalo di carseat, jadi fitur recline ini emang penting banget deh buat dia. Walau bahannya so-so (back to ada harga ada rasa yaa ๐Ÿ™‚ ), paling tidak lebih enak dari baby carriernya Shaina selama ini.

Posisi reclinenya kurang lebih kayak gini :

Shaina's car seat position

Rata-rata kalau carseat untuk anak 1 tahun ke atas atau 9 / 11kg keatas memang kayak gini.. Tapi untuk carseat yang rada murmer ini mah udah mencukupi kebutuhan kita, for now ๐Ÿ™‚

Hmm.. kalau kita bicara hukum, memang gak ada aturan disini (indonesia raya) soal carseat. Tapi, kalau memang orangtuanya mikirin untuk safety anaknya dan kemudahan orangtua dalam berkendara, I very-very recommend carseat for baby and toddler under 3 years old.

Lepas 3 tahun kalau mau lanjut terserah, karena biasanya anak 3 tahun udah bisa diatur dan mengerti perintah. Jadi kalau anaknya kalem dan mau duduk diem, selama belom ada aturan dari kepolisian soal carseat ini.. yaa copot aja carseatnya ๐Ÿ™‚

Kalau mama sendiri sih kudu pake ini karena memang gak pake asisten kalau pergi kemana-mana (kecuali event2 tertentu). Jadi kemana-mana cuma ber3 sama papa and Shaina. Even pake asisten dan supir sekalipun mama rasa mendisiplinkan anak menggunakan carseat gak ada salahnya. Bener-bener berasa manfaatnya deh, seriously.

Important info seputar carseat:
1. How to install carseat safely
2. The importance of car seat for toddlers

Important too : penggunaan carseat pada anak HARUS dibarengi dengan adanya fasilitas safety belt di kursi belakang mobil kita. Kalau tidak ada, penggunaan carseat tidak akan maksimal dan anak tetap dalam ancaman bahaya saat ada insiden terjadi.

Are you using car seat for your lil ones, moms?

25 Comments

  • Ma kcih ??ยชยชยชยชยชยชยชยช… Mama Shaina utk infonya ๐Ÿ˜‰
    Diana rencana hari ini baru mau bl car seatnya ๐Ÿ˜‰

  • yippie..carseat+sepatu kita samaan banget,shai..
    Bubu belinya siyh ga 650ribu..cukup 580ribu sajah..
    tenang banget kamana ga mesti bertiga. kan di Pontianak cuma ada Yayah-Bubu-Kk Aurel..kalo Yayah kerja, otomatis bubu+k’Aurel jalan2 berdua. Tinggal di-recline..nyanyi2, tidur deh Kk di carseatnya..CARE-VISION-warna biru..
    sepatu??cool kids pink-item..

  • waaaaaaaah..thanks mama shaina. membantu banget postingannya. apalagi ada foto posisi recline. anakku masih umur 1bln sih..jadi masih pake infant carseat yang merk nania. tapi ancang-ancang ngincer yang care vision ini!

  • hihihi…anteng bgt Shaina ๐Ÿ™‚

    gw mah cuma bisa ngejualinnya doang Cha…secara kendaraan gw cuma motor ๐Ÿ˜€

    Sampe saat ini pun Fadly klo pergi menggunakan mobil pasti beramai2 :D.

    Tapi kepikiran juga sih mo beli carseat wat motor aka baby bonceng ๐Ÿ˜€

  • Hebat!
    Hal ini udh mau aku terapkan ke Alika nih Mom, carseat udh disiapin wkt alika usianya 6bln, beli dari kaka Iparku model carseat yg babynya udh kuat buat duduk sendiri. Tappppiiiii….emang deh PRT gak mudeng, itu beltnya kebuang wkt lagi beres2 huh! alhasil skrg tinggal bangkunya aja, jdnya gak bisa sama sekali dipake. krn cari2 yg jual beltnya aja gak ada. ๐Ÿ™‚

  • @Ira.. ofcourse i remember youuu hehe. Kita sama2 bergigi kawat saat itu kan? hehe. How’s your baby? bikin blog dong tentang dia.. biar gw bisa ngikutin perkembangannya hehe

    @Mama Zaheer..
    hahaha.. kok boil baru? sapa yang bilang baru? yang baru carseatnya kali buuu hihihi…

  • sy gak pake carseat. Wkt wkt anak2 blm bs duduk sendiri, tiap kali jalan2 sy pangku. Tp kebetulan anak2 dari dulu sp skrg kl di jalan itu bs duduk tenang. Gak pernah berdiri2 apalagi sp gak mau diem ๐Ÿ™‚

  • Hai Cicha

    Ini Ira Suara Pembaruan, yang dulu pernah ngeliput Microsoft bareng2 ke ITS itu lhoo *mudah2an inget*

    About carseat, anak gue (four months old now), masih pake baby carrier gitu. Untungnya, anak gue mah model yang anteng bok. Jadi, ditaro di car seat di belakang sendirian pun, sibuk ngeliatin jalan, mainan di handle car seat-nya, dan gak berapa lama, molor deh ๐Ÿ˜€

    Yang rada rese adalah mertua dan bokap gue. Biasa deh, beliau gak tega gitu anak bayi disuruh duduk sendirian di belakang. Makanya, kalo berangkat dari rumah mertua or rumah ortu, biasanya gue pangku dulu anak gue. Setelah agak jauhan, baru minggirin mobil dan naro anak gue di car seatnya, hehehe… ๐Ÿ˜‰

  • Bener banget tuh Cha, si Vanya ampe 2thn lebih masih di carseat. sekarang dia dah ngga mau tapi untungnya umur segini udah bisa di kasih tau hrs duduk diem…

  • car seat??wajib disini hukumnya mom hehehe..baru abis lahiran ajah musti kudu ada car seat buat baby..kalo gak kita gak bisa bawa balik tuh anak hehehehe.biasanya kalo disini sepaket deh jualannya ama stroller,emang anak jadi lebih disiplin,dan tentunya safety first yang diutamain*jadi nyebut brandnya juga niy hehehehe*sekarang Farahku dah pake utk ukuran toddler sejak umur 11bulan krn saat itu BBnya yg udah ampir sama dgn anak usia 2thn

  • @Zee.. belom sempet nih mengabadikan dia berjalan divideoin. Ntar kalau udah sekalian di update yaa ๐Ÿ˜‰

    @Mama Kaira
    kalau yang model kayak shaina gini (bisa direcline), bisa buat dari newborn kok, dan sampe 18 kg, maksimal banget 20kg kata orangnya. Tapi kalau untuk newborn, posisinya harus “posisi 3” yang tiduran sekali. Nah, berarti kalau untuk 7,5 bulan sih udah bisa banget dong ๐Ÿ˜‰ kan udah bisa duduk. Kalau dirimu sering nyetir sendiri, cepet2 biasain say.. biar gak repot. Ini opiniku lho yaaa ๐Ÿ™‚

  • Nyari motorseat, hehe..

    yang pembalap motor seperti kami berdua gimana yak? tampilan umum sih aman2 wae bawa anak di tengah. tapi pastinya ga rekomen untuk pulang kampung pas lebaran

  • Mama cicha, anakku Kaira baru 7,5 bulan, BB masih 7kg-an. Enaknya pake carseat ato ga ya? Ato model yang dipake shaina itu bisa dipake BB kisaran berapa ya..? Secara aku sering banget bawa mobil sendirian. Thanks banget sebelumnya!

  • Kalo Vaya dulu aja waktu msh ada stroller yg lama yg sekalian ada carseatnya, iya masih pakek. Tp begitu stroller+carseat dijual, alhasil gak pernah pakek lg, hehehee…

    Rencananya nanti 2bln lagi begitu Vaya bener-2 mantap dlm arti emg udah kuat berdiri dan agak bisa jalan (mudah-mudahan…) baru dicoba lg pake car seat. Mudah2an dia betah…

  • hehe sunghee pake carseat kalo pergi2 berdua maminya doang nih..
    kalo pake supir or sama ayahnya pasti maunya dipangku mami.
    wah harus pelan2 diajarin pake terus nih hihihi..

  • Pake dooong ๐Ÿ™‚
    Udah ganti juga, tadinya pake model tentengan itu trus udah gak cukup lagi ganti Britax deh, aman sampe sekarang :p
    Yang paling susah emang mendisiplinkan anak itu mbak Cicha, cape deeeh denger nangis2nya.. :p
    O iya saking pedulinya soal carseat ini belakangan klo ada teman lahiran aku ngadonya carseat atao ngajakin temen2 lain patungan beli carseat :p

    P.S : aku abs nyoba fitti, ternyata betul!!, enak dan keriing… Bakal beli yang pak gede bulan depan.. Tapii sizenya agak kecilan dibanding mampok ya

  • Oh di Indo itu carseat gak harus ya? Disini wajib harus! Hahaha. Dulu aja abis gave birth kalo ga ada baby seat, ga boleh bawa pulang loh babynya…. Malah sampe umur 12, ga boleh anak duduk di passenger seat, musti di belakang. Mbak, itu carseat gak ada “dudukan”nya? Harusnya bisa sih dikencengin (jd ga geser kanan kiri).

  • hebat postingnya mama Shaina! kami belon punya mobil. jadi belon nimbang yg satu ini. kali suatu saat. terus terang aku juga suka ceroboh soal yg satu ini.kalo pergi rame2 naik taksi, bawa anak dua, berikut dg mertua, mau tak mau kudu satu anak dikasih ke mertua. terus mertua mabokan, kudu duduk di depan, jadi sambil gendong anak satu di depan. aku suka waswas sih, tapi mau gimana, gak bisa gendong 2 sekaligus. untung cuman perjalanan2 singkat, sebisa mungkin ke depannya mau ngindari deh. thanks buat sharingnya , mama Shaina.
    kalo di amrik, kayaknya pernah dengar dari mama-michael-ryan-emily, anak kecil gak boleh duduk di depan sampai umur 6 atau 7 tahun kali yah…lupa.

  • atha jg dl wkt baby pk baby carrier…mulai gede *gedean.bayi.drpd.carrier* mo beli tp ditawarin lungsuran stlh bbrp kali dicoba cm 1-2x diemnya selebihnya ngamuk duluan klo mo ditaro…

    iseng2 kmrn rental yg care vision *drpd udh beli mubajir*..pjalanan dr rmh (pancoran)-tgr-smanggi-pancoran dia anteng wlpn dirayu2 pesawat & uht..hihihi…

    jadi kayanya yg carriernya mo dijual nyari yg baru deh…hihihihi

  • Pake mam, cuman karna suka diturunin-dimasukin dari mobil jadi suka lupa bawa, hahah. Kebetulan suamiku jg strict banget soal pakai carseat ini, soalnya Ez (10 bulan) udah ngga bisa diem banget klo dimobil. Harus pinter pinternya kita ngajak maen, supaya bisa anteng diem duduk manis walopun dipangku. Kmrn ini malah, gw musti nyanyi sepanjang perjalanan Margo city Depok sampe kerumah gw, which is 45 mins, supaya Ez anteng! Kering kerontang deh itu tenggorokan..

Leave a Comment