Parenting Shaina special events

16/3, Selapanan-nya Shaina..

Hari Minggu, 16 Maret 2008 kemaren, Shaina Selapanan. Apaan sih selapanan? Aku juga sebenernya gak ngerti-ngerti amat. Kira-kira begini :

Selapanan dilakukan 35 hari setelah kelahiran bayi. Pada hari ke 35 ini, hari lahir si bayi akan terulang lagi. Misalnya bayi yang lahir hari Minggu Pon (hari weton-nya Shaina nih), maka selapanannya akan jatuh di Hari Minggu Pon lagi. Pada penanggalan Jawa, yang berjumlah 5 (Wage, Pahing, Pon, Kliwon, Legi) akan bertemu pada hari 35 dengan hari di penanggalan masehi yang berjumlah 7 hari. Logikanya, hari ke 35, maka akan bertemu angka dari kelipatan 5 dan 7. Di luar logika itu, selapanan mempunyai makna yang sangat kuat bagi kehidupan si bayi. Berulangnya hari weton bayi, pantas untuk dirayakan seperti ulang tahun. Namun selapanan utamanya dilakukan sebagai wujud syukur atas kelahiran dan kesehatan bayi. (ngutip dari : disini)

Kalau ‘aturannya’ Selapanan itu ada acara potong rambut (katanya bagusnya diplontosin), potong kuku dan pengajian. Tapi kita nggak ngejalanin itu. Hanya pesen “tumpeng Kuwat” aja, dan sebelum dimakan kita berdoa harapan-harapan kita ke Shaina, antara lain agar menjadi sehat selalu, kuat, anak yang shalehah, berguna bagi orang banyak, nusa dan bangsa serta orang tuanya dan selalu bahagia. Amiin ya Rab.

Pas hari Selapanan ini, kita juga ngajak Shaina keluar rumah untuk pertama kalinya. Bergaya banget deh, pertama kali keluar rumah, Shaina perginya ke Senayan City.. huehuehe.. 🙂 Masih belom ‘enak’ sih bawa-bawa Shaina ke mall, secara Shaina masih unpredictable, kadang anteng, kadang suka bosen dan kesel sendiri, jadinya kesian kalau2 rewel.. Tapi kemaren alhamdulillah anteng-anteng aja, tapi Mama sempet 2x nenenin Shaina di Urban kitchen. Tadinya mau nyoba nursing roomnya mothercare, tapi keburu Shaina kelaperan (a.k.a nangis kenceng), akhirnya langsung ngeluarin pabrik susunya ditempat aja deh, ditutupin selimut.. 😉 Seru juga sih, soalnya pake ganti pospak juga di bangku Urban Kitchen. Untungnya dapet di pojokan dan sofa, jadi ketutupan deh.

5 Comments

Leave a Comment