Seputar ASI Shaina Things to Remember

Shaina 1 Month Old : TV dan Bingung Puting?

Alhamdulillah, Shaina sekarang udah 1 bulan.

Cukup banyak perkembangan dan perubahan yang mama perhatikan dari gerak-gerik, kebiasaan dan sesuatu yang baru dari Shaina. Berikut listnya :

  • Sudah senang ‘main’, biasanya papa jadi teman main favoritnya Shaina. Main disini macem-macem, dari merhatiin kita ngomong terus sambil merespon dengan suara-suara seperti “aahh, eh, eyahh” atau dengan gerakan kaki dan tangan. Saking senengnya main, kadang Shaina masih merespon dengan mata tertutup.. Ah sayang.
  • Mulai mengeluarkan suara-suara baru selain tangisan. Antara lain “ngguh, wawawa, hiii” Kalau “aah, eh” udah dari umur seminggu..
  • Mulai bingung puting? PAS di umur 1 bulan, Shaina menunjukkan gejala bingung puting. Memang, alhamdulillah bukan menolak puting mama, melainkan menolak dot.. Selama ini Shaina memang dibiasakan dengan 2 itu, nenen mama dan dot botol (dari ASI perahan yang mama pompa). Botol biasa dikasih saat tengah malam, saat mama butuh istirahat. Tapi entah kenapa, Shaina mulai menolak, mencucu-cucu, bahkan nggak mau menelan dari apa yang dia hisap dari dot. Alhasil, jam 3 pagi tadi, Shaina ngamuk sementara papa masih berusaha ngasih botol sambil ngasih pengertian “Shaina harus bisa dua-duanya, dari dot sama dari nenen mama, kesian kamu kalau mama udah mau ngantor, nanti kamu susah minum susunya,” bisik papanya. Tapi tetep, Shaina masih ngamuk sampai kurang lebih 10 menitan, sampai kelelahan teriak dan berontak habis, akhirnya kecapean Shaina terlelap tidur di pangkuan papa, tanpa minum susu 🙁 Tadinya mama mau nyodorin nenen, tapi papanya bilang, “gak usah gapapa mom, biar dia belajar.” Akhirnya mama cuma melihat dari agak kejauhan sambil miris.. “sabar ya Shaina sayang…”. Mungkin besok mama mau cari pipet untuk ngelatih Shaina minum susu selain harus “menghisap”.. Soalnya kalau disendokin, sama aja, ngamuk malah dilepehin.. weleh-weleh..
  • Mulai bisa mengontrol kepalanya. Biasanya kalau disendawakan, Shaina suka angkat-angkat kepalanya, tapi saat naro kepalanya ke pundak yang menyendawakan, Shaina masih ngebanting kepalanya lantaran gak bisa kontrol untuk naro pelan-pelan. Sekarang, sesekali Shaina udah bisa kontrol kepalanya.. jadi abis ngedangak ngeliat siapa yang nyendawain, nanti dia taro lagi kepalanya pelan-pelan..
  • Senang nonton TV!! Wah, surprise juga. Awalnya, saat ditaro ditempat tidur waktu mau main sama papa, Shaina menoleh ke kanan dan menemukan televisi menyala di jarak pandangnya. Terus, “lho kok anteng banget,” pikir mama. Tau-tau kita ngedapetin Shaina matanya konsentrasi tertuju ke televisi. Yaudah, mama langsung pindahin ke channel Disney (waktu itu filmnya lagi action kekerasan, jadi gak pas banget deh). Pas dipindah ke playhouse, ehh, pas kartun. Mungkin karena warna-warnanya mencolok dan variatif, alhasil, Shaina tambah anteng dan mulai menunjukkan respon ketertarikan dengan menggerak-gerakkan tangan dan kakinya. Cukup lama lho dia anteng gitu, 10 menitan.. Ck ck ck, ada-ada aja kamu nak. Yang pasti, maapin mama ya, karena saat Shaina lebih besar nanti, NO SINETRON UNTUK SHAINA.. Mama bakal ngunci channel-channel Indonesia yang sering nayangin sinetron.. Nonton kartun sama film anak-anak aja ya sayang? Gapapa, mama ngeluarin uang lebih daripada kamu dididik sinetron Indonesia yang *maaf* kalau mama liat-liat sama sekali nggak mendidik!

Btw, ini dia cuplikan video Shaina yang kita rekam lagi asyik nonton Playhouse.. Serius banget sayang? hihi

8 Comments

  • halo mamanya sasha..

    shaina sekarang udah mau dot.. alhamdulillah bulak balik nenen-dot juga udah lancar (malah kalau siang dia maunya dot aja, biar banyak minum asinya katanya hihi 🙂 ).

    Kalau aku nyiasatinnya pake dot yang lebar (wideneck) bukan kayak dot biasa yang cuma bikin mulut mencucu bukan mangap kayak nenen.

    Sekarang ada botol-dot oke tuh, merk Tommee Tippee – Closer to nature. Ini mirip puting ibu cara menghisap dan model mangap mulut babynya. diharapkan moga-moga anak asi gak terlalu ‘kaget’ sama dot.

    Sayangnya tommee tippee baru ada di jakarta 2 bulan setelah shaina ditinggal mama ngantor, jadinya shaina udah biasa sama botol-dot dari Avent / Bimi, alhamdulillah lancar sampai sekarang.

  • salam kenal shaina..bingung putingnya sama ky sasha..dia g mau dot..ampe kwalahan jg krn sminggu lg mamanya ngantor..d coba pk sendok/pipet kasian jg cm dikit yg dtelen slebihnya d lepehin lg..shaina gmana skrg uda mau pk dot?ada saran gmana crnya biar mau dot?

  • […] Seperti yang mama pernah ceritain, Shaina (kadang) kena sindrom bingung puting.. tapi memang, alhamdulillah disini bingung putingnya gak mau botol bukan nen mamanya. Dibilang ‘kadang’, karena kadang-kadang juga mau, khususnya saat nggak laper-laper banget alias belom minta minum sampe nangis. Tapi unpredictable juga, soalnya saat tenang pun kadang Shaina nggak mau. Yah, mama, oma dan papanya harus extra sabar kali ya.. Kalau udah nolak dot, ya ampun ngamuknya gak ketulungan.. kasian […]
  • lucuuu bangeeet!!!!! hihi… kecil2 hobinya udah sama yah kaya’ mamanya… hehe…. iiigh, gemeees bangeet,,,, pgn tak cium2in mpe merah2 pipinya.. sinih, kirim ke kl aja mbak.. byar aq yg jaga, sbg gantinya aq kirimin adek aku, umurnya 16 taon, n ga lucu! hehe….

  • @ dewi_atha
    iya, anak2 sekarang suka nonton yah. Shaina sih kayaknya karena ada gambar gerak-gerak aja di tv jadi nyita perhatiannya. Soal bouncer, tunggu ya, aku lagi minta kado ama sepupuku antara bouncer atau baby gym. Kalau dibeliin baby gym, nanti ku email yah.

    @ andrei
    bener banget Drei, sinetron Indonesia beneran gak mutu. Adekku aja dulu umur 2 tahun bisa bilang “bangsat” sampe semuanya ternganga2.. usut punya usut, dia ngaku, “kayak di tivi” gitu katanya. Aduh, engga deh!!!

  • Waah pinternya…seneng ya Mbak liat perkembangan anak sejauh ini 🙂

    ak setuju banget tuh Mbak! jauhkan anak2 dari pengaruh sinetron Indonesia yang jauh dari kata mendidik!. setuju!!!!

    sun sayang buat baby shaina 🙂

  • hihihi..lucu ya kalo udah mulai bisa nonton..sama ky atha jg seneng ditaro di bouncer sbl nonton barney..
    oia MOM,bouncernya berminat? harga nego koq..email aku aj ya kalo b’minat ([email protected])thx

Leave a Comment