Sekolah Shaina special events

Hari Pertama Shaina Jadi Anak SD

Kelas 1 di SD Alfath BSD
Written by Cicha

Yeaay! Tahun ajaran baru telah tiba. Kalau banyak yang tahun ajaran barunya udah minggu lalu per Senin tanggal 7 juli, kalau sekolah Shaina di Al-Fath BSD, masuknya baru Selasa tanggal 15 Juli, which is hari ini. Daaann… setelah seminggu ini memantau dan memandang-mandangi foto anak temen2 mommies yang udah masuk sekolah yang berseliweran di path & blog, hari ini giliran Shaina deeh.

Shaina depan kelasMaapkan rambutnya yang acak-acakan ga sempet sisiran haha -_-

Kalau diliat dari seragamnya sih, sama aja ama seragam TK.. jadi ga ada sesuatu yang baru. Batiknya masih sama, model rok celana nya masih sama, baju olahraga sama baju muslimnya juga sama persis sama TK. Bedanya di SD ini ada tambahan baju pramuka nya. Untuk hari pertama ini pakenya baju batik Al-Fath.

Gimana hari pertama sekolah Shaina?
Yang jelas anaknya semangaat sekali. Ya iyalah, selama liburan ga kemana-mana (mama-papa saving uangnya untuk nanti liburan & pulkam pas lebaran), jadi liburan sekolah ini dia bosen juga kali yaa.. pengen buru-buru sekolah dan punya temen baru.
Jam 6 lewat 15 udah bangun. Mandi-sarapan (dia bilang sahur – soalnya selama di sekolah bakalan puasa) langsung deh berangkat dianter mama, papa dan omi. Lengkap pokoknya yang nganter kayak nganter mo brangkat haji haha. Jam masuknya jam 07:45, tapi anak-anak diusahakan harus di sekolah jam 7:30 (istilahnya dikasih waktu 15 menit buat “terlambat” πŸ˜€ )

Sampai di sekolah, banyak teacher yg sudah berjejer di depan lobby sekolah. Masing-masing megang nametag untuk setiap kelas. Sebelom antri ambil nametag, Shaina lihat dulu di papan pengumuman, dapat kelas 1 apa. Setelah tau kelasnya, baru antri bilang “Shaina, kelas 1 *apa*”.

Kelas 1 di SD Alfath BSD

Ini dia kelas barunya Shaina. Kalau dilihat layout nya aja, keliatan kan bahwa si SD Al-Fath ini bukan tipe konvensional yang bangkunya berjejer dan guru ada di depan kelas. Jadi tipe kelasnya memang seperti ini. Ada 2 meja bulat yang besar, ada 1 meja panjang & 2 meja kecil. Biasanya ada karpet atau play mat juga yang digelar di sudut kelas, tapi pagi tadi belom digelar. Gurunya ada 2 di setiap kelas. Dan ngajarnya muter-muter.Β Tapi kayaknya kalau lagi ulangan atau ujian, baru deh itu layout kelasnya di setup lagi.

Namanya pun sekolah Active Learning, jadi konsep pembelajarannya emang ga terlalu konvensional. Banyak diskusi, banyak practice, banyak peran aktif yang ga bisa dilakukan dengan kondisi kelas konvensional (meja-kursi berjejer padat dan guru duduk di depan seperti di atas podium). Well, apa itu metode pembelajaran active learning? Bisa dibaca di sini.. atau bisa baca makalah orang disini.. atau bisa baca disini .

Suasana kelas ShainaSuasana kelas Shaina. Belom semua temen-temennya masuk, soalnya perjalanan menuju ke sekolah maceet di hari pertama

Mama tadi sempet inspeksi intip-intip ke kelas. So far oke. Cukup luas, ada jendela juga yang bisa terbuka lebar tapi ada tirai buat nutup kalau terlalu panas mataharinya. Seperti di TK, depan kelas ada rak sepatu yang sudah ada nama-namanya, dan di dalam juga ada loker tempat taro tas yang setiap anak dapet jatah 1 sesuai nama yang tertera. Kelasnya ga pengap, dingin nya cukup dan setiap kelas ternyata juga udah ada projector untuk mempermudah proses belajar. WC perempuan nya persis di sebelah kelas. Setelah selesai inspeksi, foto-foto dikit trus dadah-dadah deh πŸ™‚

Hari pertama si sekolahan penuuh sama mobil. Semua emak-babe kayaknya masih pengen nemenin – ngeliatin anaknya dan ngejogrog di depan kelas untuk foto-foto & liat apa anaknya udah bisa ditinggal, dsb. Khususnya sih yang bener-bener anak baru di Al-Fath.

SDAlfath hari pertama

Semoga mama-papa ga salah milih sekolah untuk Shaina, atleast sampai 6 tahun ke depan. Kalau selama TK Shaina sangat suka sekolahnya, karena di SD ini sekolahnya juga sama, otomatis metode juga nya sama, jadi harusnya ga akan sulit untuk beradaptasi di SD. Semoga Shaina betah, seneng, suka, berkah, rajin belajar, ga bosen dan bisa menangkap semua pelajaran-pelajaran di SD ini dengan baik. Ga sabar baca diary dia hari ini πŸ™‚

8 Comments

Leave a Comment