Home & Living

Rumah Vs Fengshui part 2 (Tanaman oh Tanaman part 1)

taman-BEFORE!
Written by Cicha

Ini adalah bagian dari perjalanan saya memasuki rumah baru. Artikel ini panjang, tidak bermaksud menggurui.. sekedar sharing apa yang saya baca. Posting ini adalah bagian kedua dari artikel Rumah Vs Fengshui. Sebelumnya saya bahas soal warna

Tanaman itu (dulu) di mata saya memang mempercantik pandangan. Tapi saya ga pernah show some interest samasekali. Cuma sebagai penikmat aja, itupun jarang-jarak menikmati πŸ™‚ Mungkin krn bawaan, dari jaman SMP gak demen ama biologi.

Tapi oh tapiii… Setelah saya punya rumah, dan memang lagi finishing, mau gak mau ngelirik tanaman buat taman rumah sendiri. Tiba-tiba kepengen punya taman yg bagus, colorful buat di taman rumah, walau cuma setengah petak besarnya πŸ™‚

Jadilah saya mulai hunting-hunting tanaman. asus bios herunterladen.

Bahagia banget ketemu 1 lokasi besar berisi tanaman hias dan segala jenis pohon-pohon bertebaran di Taman Tekno, BSD City, dekat rumah saya. Cantik cantiiiiik banget deh. Cari taneman ga perlu ke Mekarsari deh. Itu satu blok isinya tanemaan semua.. ini sempet foto beberapa sudutnya,

check it out!

Sebelom memilih, step pertama, cari ilmu dulu, baca-baca soal fengshui (lagi). Jenis2 tanaman yg bagus, (konon) bawa keberuntungan dan menghindari jenis2 tanaman yg dianggap kurang mempunyai nilai yang baik untuk di taman rumah.

Sebagai seorang muslim, apakah saya syirik, musyrik karena ngikutin fengshui anno 1602 herunterladen? Silahkan menilai. Saya sendiri sih hanya sebatas “cari aman” aja. Toh saya yakin segala yg direkomendasikan dan tidak direkomendasikan itu pasti beralasan. Saya ambil dari segi logika aja sih dasar filosofi-filosofinya. Kalo masuk akal ya ikutin, kalo gak masuk akal ya tinggalkan πŸ™‚ Semoga tidak dikategorikan sebagai musyrik yah.. πŸ™‚

Kalo dari segi tanaman, saya cuma ikutin fengshui “jenis” aja. Gak ngerti dari soal warna-warnanya berdasarkan sudut-sudut dan unsur-unsurnya. Intinya, sama seperti fengshui warna yang saya terapkan untuk di rumah. Soalnya kalau ngikutin segala “chi”, unsur-unsur ini itu beserta itung2annya rada ribet herunterladen. Saya sih soal warna taneman mah yg penting saya suka warnanya dan enak dipandang..

Tapi berikut poin-poin hasil saya browsing :

Jenis tanaman yang bermakna baik untuk rejeki dan keberuntungan :

– Money Tree
– Pohon Jeruk Mandarin
– Delima (Punica Granatum)
– Palem merah/palem raja
– Cempaka Mulya: memperoleh berkat dan karunia Yang Maha Kuasa,
– Wijaya Kusuma: memperoleh kejayaan hidup, keharuman nama serta berkat Tuhan,
– Melati: nilai kesucian hati, Cemara/Pinus: umur panjang dan keteguhan jiwa.

Tanaman yang tidak diajurkan dalam Fengshui :
– Kaktus, Karena duri-duri yang tajam dapat menimbulkan sha qi (qi negatif). Tanaman kaktus tidak baik
jika ditanam di bagian depan rumah.tanaman kaktus juga dapat mengakibatkan kemandulan atau tidak punya keturunan bagi pemiliknya
– Bonsai, Tanaman bonsai (di kerdilkan) juga kurang baik, karena lambang dari sesuatu yang tumbuhnya terbatas dan
terhambat.

sumber: Β dari sini

Oh ada lagi tanaman yang pantang ditanam di halaman rumah : Bugenvil (Baugenvillea sp.), misalnya bluetooth to download. Bunga tanaman ini diyakini memberi efek hawa negatif yang memancing emosi. Secara teori memang sulit dijelaskan, tetapi berdasarkan pengamatan, tanaman bougenville memang sering menghambat ekonomi dan karir orang yang menanamnya. Pada kasus yang berat sering mengakibatkan sulitnya anak perempuan penghuni menemukan jodoh. Demikian juga dengan kaktus serta tanaman lain yang berduri tajam. Yang lainnya adalah bonsai (pohon yang dikerdilkan). Tanaman ini dianggap membatasi energi yang mendorong pertumbuhan penghuni rumah. Ini menurut fengshui πŸ™‚

Kalau dari segi fengshui berdasarkan lafalan. Berikut ada pantangan lagi :

Pepaya, pisang, anggur, salak, dan nanas juga pantang ditanam di halaman rumah. Pantangan ini disebabkan karena lafal namanya:

Pepaya : payah sekali
Pisang : berpisah
Anggur : menganggur
Salak : berbuat salah
Nanas : mengenaskan

Kamboja termasuk tanaman pantang horse games for free to.

Selengkapnya bisa dibaca disini : http://www.tabloidrumah.com

Ada lagi aturan soal letak sesuai rumah kita menghadap kemana :

Dimanakah letak taman anda?
Ada 3 hal penting di taman yang diperhitungkan dan diatur Feng Shui, yaitu letak taman, penggunaan jenis tanaman dan bahan elemen taman yang sesuai. Letak taman dapat mempengaruhi harapan dan pencapaian keluarga penghuni rumah. Untuk meningkatkan chi sebaiknya diselaraskan dengan pemilihan tanaman, warna dominan dan bahan elemen taman agar membangun dan memperkuat maknanya.

Utara
Adalah area yang mempengaruhi kreativitas, pengembangan dan pertumbuhan personal. Warna hitam/gelap, seperti tanaman Puring (Codieaum variegatum) atau yang mendekati seperti ungu tua pada Manggis (Garcinia mangostana) internet stream herunterladen. Elemen yang baik digunakan: air dalam bentuk kolam atau tanaman air dan logam untuk berbagai elemen taman. Elemen yang sebaiknya dihindari batu.

Timur Laut
Mempengaruhi pertumbuhan kebijaksanaan dan intelektualitas. Elemen taman yang dianjurkan berbahan batu.

Timur
Merupakan area yang mempengaruhi kesehatan, penyegaran, peremajaan penghuni rumah, serta kehidupan berkeluarga. Warna yang dianjurkan adalah kuning seperti pada Cabe hias (Capsicum anuum) dan tanaman buah seperti Jeruk Lemon (Citrus sp.). Pada taman ini dianjurkan untuk menanam buah, sayur dan obat-obatan tradisional/ Toga (tanaman obat keluarga). Elemen yang baik digunakan adalah berunsur kayu dan menghindari bahan logam.

Tenggara
Melambangkan kekayaan materi dan keberlimpahan. Elemen yang baik digunakan adalah kayu dan menghindari bahan logam ios 9en op iphone 4.

Selatan
Merupakan area yang mempengaruhi peluang/kesempatan baik, keinginan, penghargaan, hasil pencapaian dan kebahagiaan para penghuni rumah. Warna yang dianjurkan adalah merah seperti pada Mawar merah (Rosa sp.) dan Soka merah (Ixora sp.) Elemen yang baik adalah yang berunsur api, seperti untuk barbeque atau pencahayaan dekoratif. Sebaiknya menghindari penggunaan elemen air.

Barat daya
Mempengaruhi keadaan perkawinan dan keharmonisan keluarga, juga melambangkan kasih seorang ibu,. Disarankan menggunakan elemen berbahan batu dan menghindari elemen kayu. Tanaman Yang disarankan yang berbunga merah muda seperti Bunga Mentega (Nerium oleander) dan Azalea pink (Rhododendron sp.) geoportal nrw karten herunterladen.

Barat
Tempat yang baik untuk aktivitas anak karena berpengaruh besar kepada kreativitasnya. Baik juga untuk bersosialisasi dan mengentertain tamu-tamu anda. Elemen yang baik digunakan adalah logam. Hindari unsur api. Warna yang dianjurkan adalah putih sehingga digunakan tanaman seperti Melati (Jasmimum sp.) atau Kacapiring (Gardenia sp.).

Barat laut
Mempengaruhi keadaan usaha dagang pemilik rumah dan perjalanan. Area ini melambangkan dukungan dan bimbingan seorang ayah. Elemen yang baik digunakan adalah logam dan menghindari: api. Tanaman yang disarankanadalah melati (Jasminum sp.)

sumber: http://lestarilanskap.multiply.com

Demikian beberapa poin yang saya dapat herunterladen. Eits, tidak sampai disini. Ada juga lho PRIMBON soal tanaman ini πŸ™‚ Hehe.. bacaan referensi banyaaak sekali. Soal primbon, akan saya lanjutkan poin-poin Β soal tanaman yang dianjurkan dan tidak, di Tanaman oh Tanaman Β part 2).. beberapa hari lagi πŸ™‚

Karena suami orang Gorontalo, ada juga pantangan-pantangan ternyata. Misalnya : dilarang ada tanaman merambat di rumah dan beberapa yg lain.. Ribeut ya ternyata soal taneman doang?!?!? *jambak-jambak rambut sendiri*

Sekarang saya belom bisa cerita banyak, blom bisa sharing tanaman apa yg saya pilih, karena project bikin tamannya baru minggu depan, dibantu sama Bundanya Alma (lagi). Sementara ini saya banyakin baca dulu, sambil memilah, kira-kira jenis tanaman apa yang mau saya pilih buat di taman mungil saya.

Tapi udah kebayang lah icons for ts3 for free. Saya pengennya taman yang colorful, manis tapi tetep minimalis. Kebayang ada warna kuning, warna merah-pink dan warna ungu (selain ijo tentunya). Wiw berwarna bener ya.

Kemaren liat-liat tanaman yang dipajang.. wow.. cantik banget deh.. saya sempet foto-fotoin πŸ™‚

Kita lihat saja nanti, akan seperti apa taman yang sebelumnya penampakannya seperti ini (keadaan apa adanya dikasih kontraktor – dan keadaan masih berantakan soalnya sementara masih beberes finishing – bertebaran ubin hehe) :

Tunggu tanggal maennya. *Sah elah*

2 Comments

  • Wow. Pantes aja tiap ke tukang bunga pasti yang banyak ya jeruk mandarin.
    Aku juga suka bikin taman lebih berwarna. Cuma yang harus dipertimbangkan adalah daunnya jangan yang gampang rontok (biar ga terbang kemana2 trs halaman jd kotor), dan harus jg yg kuat kena matahari. Bunga di rumah sih cm ada melati, selebihnya pohon2 ijo. Biar adem aja dikit πŸ˜€

  • tunggu tanggal maennnya akan gue garap itu taman menjadi lebih indah. Asal sabar rimbunnya bisa 6 bulan ;p kl mau ngikutin fengshui yang sebenarnya bisa ribet cha, banyak banget. padahal prinsip dan tujuan fengshui itu hanya supaya manusia tidak mengeksploitasi lingkungan/alamnya saja

Leave a Comment