Home & Living

Tanaman oh Tanaman part 2 (ditilik dari Primbonnya)

Kalau posting sebelumnya saya bahas dari segi fengshui soal tanaman dan menanam tanaman di rumah, ini saya dapet referensi lagi, kali ini referensi yang sama-sama “percaya ngga percaya” tetapi lebih ke arah mistis 🙂

Sebenernya pasti bakalan setuju kalau bilang, tanaman apapun yang ditanam di halaman kita selama kita suka dan niatnya baik, insya Allah berhasil dan membawa kebaikan juga. Tapi kalau menurut saya, sama sekali ngga ada salahnya untuk baca-baca referensi. Kan kita juga harus menyadari kalau kita hidup di dunia ini gak cuma sendiri, ada makhluk lain juga yang tinggal berdampingan dengan kita..(halaah kenapa jadi ngomong ginian yak haha).

Intinya, ini hanya sebagai referensi, silahkan dipass bila tidak percaya, silahkan diikuti dan dihindari bila mau cari aman. Toh tidak ada salahnya, kalau menurut saya 🙂

Berikut adalah poin-poin menanam tanaman dari segi primbon:

Disarankan menanam pohon sedap malam
makna yang didapat, pemilik rumah yang menanam pohon itu dipekarangan rumah, akan mendapatkan rasa tentram dan damai dalam kehidupan keluarga.

Disarankan menanam pohon pinang merah
makna yang didapat, akan dapat mengundang rezeki. Dapat pula menjadi penangkal niat jahat dari orang yang hobby meneluh, guna-guna, santet dan sebagainya.

Disarankan menanam pohon bunga matahari
makna yang didapat, kebahagiaan dan kedamaian serta keharmonisan dalam rumah tangga pemiliknya.

Disarankan untuk menanam sawo kecik
makna yang didapat, sang pemilik rumah akan selalu dihormati masyarakat

Disarankan untuk menanam pohon kenanga
makna yang didapat, sebagai penangkal ilmu hitam, guna-guna, santet, teluh, dan sejenisnya.

Disarankan menanam pohon kelor
makna yang didapat, sebagai penangkal ilmu hitam, guna-guna, santet, teluh, dan sejenisnya.

Disarankan untuk menanam pohon kuping gajah
makna yang didapat, akan membawa rezeki lebih lagi jika pohon tumbuh subur

Disarankan untuk menanam pohon bunga wijayakusuma
makna yang didapat, akan sebagai pengundang rezeki kepada pemilik rumah, terutama jika sedang mekar

Disarankan untuk menanam pohon bunga mawar
makna yang didapat, sebagai pengundang rezeki bagi pemilik rumah

Disarankan menanam pohon talas besar diempat sudut pekarangan rumah
makna yang didapat, sebagai penangkal pencuri masuk ke dalam rumah

Janganlah menanam pohon beringin di halaman rumah
makna yang didapat, karena akan menjadi tempat tinggal roh-roh jahat

Janganlah anda menanam pohon maja di halaman rumah
makna yang didapat, usaha bisnis akan bangkrut

Anjuran menanam pohon jahe di halaman rumah
makna yang didapat, sebagai penangkal roh halus yang jahat

Janganlah menanam padi di halaman rumah
makna yang didapat, anda akan menderita kemiskinan seumur hidup

Janganlah menanam pohon pepaya dihalam rumah
makna yang didapat, pemilik rumah akan menderita kesialan, karena hasil usahanya akan merosot tajam dari hari-kehari.

Janganlah menanam pohon anggur disekitar rumah
makna yang didapat, pemiliknya akan kehilangan mata pencaharian

Janganlah menanam pohon belimbing wuluh
makna yang didapat, sang pemilik rumah akan selalu diganggu roh halus yang jahat

Janganlah menanam jagung di halaman rumah
makna yang didapat, sang pemilik akan selalu sakit-sakitan dan akan selalu bertengkar dengan tetangga atau keluarga.

Janganlah menanam pohon kemboja dihalaman rumah
makna yang didapat, akan selalu menimbulakn kesan seram seperti suasana kuburan, dan konon dapat mengundang roh jahat yang aka selalu mengganggu.

Janganlah menanam pohon bawang
makna yang didapat, bila menanam di pekarangn rumah akan memberi pengaruh yang menyedihkan yaitu, pemilik akan selalu ditimpa kesialan.

Janganlah menanam pohon cabe
makna yang didapat, bila menanamnya dipekarangan rumah sang pemilik rumah akan selalu bertengkar dan berselisih diantara sesama anggota keluarga dalam rumah tangga.

Dikutip dari : primbon.com

Saya sendiri sebagai istri orang Gorontalo yang memang di daerahnya masih “kentel” soal begini-beginian, ada lagi aturannya, apa yang boleh dan disarankan, dan apa yang dilarang.

Kembali lagi, ribeut ya, soal bikin dan memilih tanaman doang? 🙂 Mau diikutin atau tidak, pilihan Anda. Tapi kalau yang sudah menanam tanaman yang dilarang tapi tidak dirasa ada “efek”nya, berarti kembali lagi, semua tergantung dari niat dan doa kita di kehidupan ini. Betul? 🙂

3 Comments

  • JAh Cha,…cabe, bawang, jahe kan termasuk apotik hidup…bukannya bagus ya buat keluaraga 🙂

    Lagian nanem padi dipekarangan rumah ya ga wokeh dunk. Ntar rumah loe dianggap sawah lagi…..*kabursebelumditimpukchica*

  • Bu, beneran tuh soal belimbing wuluh? scr mertua gw aceh asli, dan seperti yang gw liat, sodara2 jg banyak yang nanem itu di halaman karena nanti belimbingnya bisa dibuat asem sunti dan buat nyayur juga.So far sih ngga ada yang aneh2 banget di rumah.

    Kalo pinang merah, kayaknya mah emang bener ya. selain memang bentuknya ramping.

  • Salam kenal…
    Dari beberapa anjuran dan larangan, ada yg memang dipercaya oleh orangtua sy, salah satunya larangan menanam pohon pepaya di halaman depan rumah.

Leave a Comment