Intermezzo Shaina

Keturunan apa?

putritionghoa-225x300
Written by Cicha

Kemaren,Β mama sama papa lagi makan di resto seafood. Disana banyak ikan2 hidup di kolam, jadi sementara mama papa makan, Shaina ditemenin mba jum liat-liat ikan di sana.

Terjadilah percakapan berikut ini :

Mas-mas yang kerja di resto itu : Mba, umur berapa momongannya?
Mba Jum : Satu taun lebih, mas. 16 bulan.
Mm : ooh, orang tuanya China ya?
Mj : engga mas, indonesia asli tapi campur-campur. Ibunya jawa sama padang, bapaknya asli gorontalo.
Mm : kok putih banget, matanya juga agak kecil ya mba kayak anak china?
Mj : ya ngga tau saya, memang anaknya putih.Β 
Shaina : *ngeliatin itu mas-mas terus ngajak pergi mba jum, ngga mau deket-deket*.
Mm : ih, adek marah ya dikirain orang china?
Shaina : *makin bete jadi malah gak mau liat ikan akhirnya teriak-teriak manggilin mama yang lagi asyik gragotin ikan nila bakar dibalik jendela restoran*.

Setelah si mas-mas pergi. Datang mba-mba juga sama momongannya, laki-laki umurnya 9 bulan.

Mba-mba : umur berapa mba?
Mba Jum : 16 bulan. Itu anaknya umur berapa mba?
Mm : ini baru jalan 9 bulan
Mj : ooh.. besar ya? *emang badannya gede, laki kali ya?*
Mm : majikannya china ya, mba?
percakapan selanjutnya kurang lebih sama dengan yang sebelomnya. Tapi kali ini Shaina gak terlalu judes amat, karena ada temen buat liat ikan di kolam.

Shaina emang kulitnya bisa dibilang putih lah. Dulu mama waktu hamil, setiap berdoa, setiap meminta, selalu disisipin doa semoga anak mama putih hehe. Alhamdulillah dikasih πŸ™‚ Padahal kalau diliat-liat, mama kan ngga putih-putih amat, sedeng lah. Papa? malah tambah ngga putih lagi hehe.

Pertanyaan kayak di atas beberapa kali emang sempet terjadi. Sebenernya mata Shaina ngga terlalu sipit kok, ya rada sendu gitu lah. Tapi memangΒ ada saat-saat dimana anak mama ini sekilas kayak anak turunan tionghoa. Contohnya, seperti foto berikut ini :

duduk seperti putri tionghoa

Hehe.. lucu ya (maap narsis). Ini foto diambil kurang lebih 2 minggu yang lalu. Kalau di foto yang di atas mama sih ngakuin, anak mama kayak anak turunan tionghoa. Padahal engga lhoo.. asli anak campuran indonesia πŸ™‚

32 Comments

  • haha..kok sama yak?.kinan sering dibilang kyk cina..bahkan 4 orang tionghoa lo yg blg gitu…pdhl..aku g putih2 amat, trus ayah kinan rada2 item..waktu hamil konsumsi jambu biji nya kebanyakan kali ya..hihihi..

  • waktu pelajaran sejarah, ingat gak pertanyaan, dari mana asal nenek moyang indonesia? jawabnya: dari yunnan. (yunnan itu salah satu propinsi di china). jadi sebenarnya orang indonesia itu keturunan dari mana? ada yang dari china, ada yang dari india .. di mana di pelajaran sejarah disebutkan dinasti pertama yang datang ke indonesia adanya di kalimantan .. kalo gak salah ingat..rada2 lupa. terus ada lagi yang datang dari arab. di sumatra .. jaman dulu, jaman2 kerajaan, juga sering terjadi perkawinan campur raja2 setempat dengan putri2 dari china. khususnya kalo lihat orang palembang..banyak yang putih2.
    makanya banyak juga orang indonesia “asli” yang putih2 seperti orang china, sebut saja suku manado dan dayak. belum lagi campuran belanda, inggris, portugal, yang dulu menjajah indonesia .. gitu lho … jadi mungkin nenek moyang Shaina ntah generasi ke berapa sudah merupakan campuran. baru keluar ‘gen’ putih nya sekarang..wkekekeekkekkkk…!
    kalo jaman sekarang, udah makin gak jelas campurannya, udah dari seluruh penjuru dunia ada.

  • Shaina gpp dibilang ky china hehehe kan china juga cantik2. Org padang kebanyakan matanya juga sipit kan, Mbak. Ortuku asalnya dr Padang, mataku juga sipit. Malah si alisha juga sering dikirain china.

    Duuh jd inget waktu hamil azka, aku diundang temenku ke acara ultah anaknya. Anaknya tuh putih banget secara ortunya juga putih2 (palembang-padang), trus, suamiku nyeletuk semoga ajah anak yg dalem perutku juga putih. Temenku itu ngetawain krn papa azka kan item. Begitu lahir,ternyata azka kulitnya merah dan akhirnya putih ky bule. Skrg siy udah agak item, udah main panas2an, main bola, sekolah naik becak siang bolong.

    Duh komenku panjang bgt jd kayak postingan blog hihihi..sori yah. Sun ah buat Shaina yg cantik.

  • kalo tak liat2 si Shaina ini mirip sama Andien-ku. kaya cina juga..dimana-mana pasti dikomentarin ‘ih, matanya kecil, kaya anak cina’..

  • Ternyata doanya ibu2 sama semua ya minta supaya anaknya sehat, putih, cantik/ganteng. Soalnya itu jg yg ummi & abi minta setiap doa dan Alhamdulillah…banyak yg bilang kalo Zalfa putih, tp emang ngepasin jg ummi & abi nya gak item2 amat he..he..he..
    Shaina emang pantes dikira keturunan Tionghoa, gak pa2 kok yg penting cantik !

  • Huehehehe, sama banget dengan Arthya , sering banget dkira keturunan Tionghoa..padahal gak ada sama sekali, Jawirrr asliii.. Gapapa Shaina, yg penting cantikk kok..

  • wah trnyata emak2 dsini selama hamil berdoanya minta anaknya yg “putih” yaaa…dan Alhamdulillah terkabul…hihihi kalo hamil lagi aku mau berdoa sprti itu ahh, tp nanti tetangga curiga ngga ya kalo anaknya putih secara emak-bapaknya item heheheheh….

    karena Shaina putih dan matanya agak sipit jd byk orang yg nyangka chinese…dulu ina juga gitu mom, disangka chinese..tp skrang udah ngga lagi soale udah makin gede kulit ina jadi item hihihih…pdhal waktu bayinya putihhhh dan matanya sipiit….

  • wkwkwk…Shaina hanya disaat2 tertentu aja kan. Emang sih putih…tapi wajarlah secara loe juga putih. Nah Fadly malah lebih aneh…emak en bapaknye ga ada yg putih…tapi kulitnya fadly lebih putih dari kita bdua….:D

    Shai,…yg penting tetep sehat ya. Mo putih, coklat, hitam….apapun….yg penting sehat en happy baby

  • kalo aku bilang shaina ga china2 amat sih,kalo putih..iya putih banget,aku malah bigung shaina tuh mirip siapa he..hee..lebih banyak sih papahnya ya,btw anak2 sekarang kyknya putih2 ya,pengeruh gen atau ga ya?? biasanya pas bayinya merah katanya “gedenya pasti putih”,kalo farissa suka dibilang ” orang padang”.,ga percaya kalo ortunya asli “bima” yang notebenenya hitam he..heee

  • Jd pgn comment lg ah…kynya bener Mama shaina deh, temenku juga ada yg selama hamil menghindari yang dekil2..minum susu hamilnya putih,gak makan coklat dan kecap selama hamil eh bener aja anaknya putih bersih…mitos apa gak entahlah tp kejadian jg ya…wkt aku hamil Alvaro aku berdoanya lupa minta Al putih dan mancung,tp untungnya Al lumayan putihlah tp gak mancung ya sudahlah…yg penting sehat…he he he…

  • shaina kaya china? karena kulitnya putih kali ya…kalo matanya sipit itu karena pipinya yang tembem hehehehe gak nyambung…

    gpp, yang penting shaina tetep cantik ya…

  • Kok ga ada yg mau dibilang China ya? China kan juga manusia, hehe..

    Tapi gapapa mamaShaina, sapa tw ntar pas gedhenya Shaina tampang oriental booming lagi (maksude opo).

  • yg pasti shaina ca’em. ^^ smuah pasti setuju. kalo ngomongin shaina pertama yg kelintas pasti pipi gembilnyah. yah, mam, kira2 aku masih kekejar ga yah berdoa supaya anakku putih. hehehhe, tapi ntar malah bingun kok bisa putih. hehehhehehe

    Cicha Reply:

    hehe.. coba aja berdoa, minta hihi..
    Sama nih kayak aku, mama papanya biasa2 aja kok anaknya putih… hehe makanya banyak pertanyaan sana-sini.. tapi soal berdoa, worth to try πŸ˜‰

  • aku gak setuju agh, shaina dibilang keturunan tionghoa. Gak Lah mom, gak chines kok bener deh cuma shaina tuh muka sendu bgt jadinya matanya terlihat mengecil. mirip bgt sama papanya siy klo aku bilang. Ya klo putih siy ya iyaLah, bersih gitu.

    klo alika seringnya di bilang “bule” hahhaa iya..ya bule, “bulepotan” maksudnya. πŸ˜€

    Cicha Reply:

    hehe emang ngga chinese nta, gw bilang ada kadang2 saat dimana Shaina emang bener kata orang2 itu, salah satunya saat ketangkep kamera ini, pas dia lagi nyengir kuda matanya sipiit hehe

  • Hahaha kok sama sih Mam. Waktu masih baru di kompleks, kalau Dita diajak jalan-jalan keluar sama ART, pulangnya ART suka cerita kalau Dita dikira keturunan chinese. Malah ada satu nenek yang manggil Dita si Amoy hehehe. Padahal saya orang Jawa asli dengan kulit sawo matang lah (haha gak mau bilang item). Tapi emang kulit Dita Alhamdulillah nurun dari Ayahnya yang orang Mandailing. Kalau diperhatiin, emang mata Dita agak “cithut” gitu, kayak Bundanya. JAdi geli sendiri ya baca komen mom yg lain, berdoanya semoga anaknya kulitnya putih. Soalnya saya juga berdoa spt itu hehe, doa saya dulu semoga kulit anak nurun dari Ayahnya πŸ˜€

    Shaina sayang, gak papa dibilang keturunan chinese ya. Yang penting sehat dan pinter plus putih lagi ya sayang πŸ™‚

    Cicha Reply:

    haha.. emang ternyata setiap ibu berdoanya pasti minta anaknya putih yaa.. gak tau kenapa πŸ™‚

    iya gapapa kok tante, aku gak keberatan.. yang pasti sih aku anaknya mama – papa πŸ™‚

  • huehueee… tp shaina memang putih banged kan.
    tp mama cicha kan gak item, lumayan putih kok, jd agak nyambung juga sama shaina.
    daripada maminya vaya, item tp vayanya putih. orang sering kirain vaya anak bule, dikirain ayahnya mgkn bule, padahal batak gitu!! hahahaa…
    tp biarpun misalnya nanti dapat anak item, gpp… tetepppp disayang πŸ™‚

    Cicha Reply:

    emang aku gak item, tapi gak putih juga kaan? Dulu waktu bayi malah parah bener sodara-sodaraku malah bilang, “ini anak putih darimana sih? emak bapaknya butek begini?” haha aseeemmmmm!!
    hehe.. iya dong mami.. mau item mau putih, namanya anak sendiri disayang mah pastiiii πŸ™‚

  • Mending sih, shaina emang gak sipit. Klo rizki ketularan sipitnya gw. Kulitnya sangat putih menuju kulit bule dan rambut agak coklat. Keturunan dari keluarga ayahnya yang aceh asli, tapi mama mertua yang kulitnya putiihhh banget. Sayang hidungnya rizki mancung kedalam, klo ngga, pasti jadi paling ganteng (hihihi). Kebetulan bokap gw jg putih banget (banjarmasin-madura), dan nyokap keturunan jawa sunda.

  • Iya yah klo diliat dari fotonya emang kya keturunan tionghoa, untung udah sering mampir sini jadi tau klo ibu bapaknya bukan tionghoa. Dulu slain berdoa minum susu kedelai jg ngga mam? Aku dulu minum susu kedelai tiap hari, tapi Ez kluarnya item manis gitu, hehehe, padahal aku sm poponya termasuk putih. *gr bgt*

    Cicha Reply:

    aku gak minum susu kedelai tuh.. tapi kalau susu selalu susu putih, gak mau susu coklat, takut anaknya jadi coklatt ahahaha.. norak deh.

  • hehe..liat status mama shaina di fb lagi ngomel2, langsung deh meluncur kesini.

    paling orang2 itu asal nebak aja..kadang juga gw suka sok tau bilang “cowok ya..” klo lagi liat bayi, eh ga taunya cewek..jadi tengsin sendiri deh πŸ˜€

    Pas Samy masih baby banget malah pernah 2 kali ditanyain ” bapaknya bule ya..?” wakakak gw ngakak banget dalem hati, kagak tau bapaknya item manis ala ambon begitu..hihihi.pas hamil juga gw ngarep biar anak gw putih kayak maminya plus setiap hari rajin2 minum susu kacang kedelai segala..awal2 sih lumayan putih tapi kesini2 sekarang kulitnya samy udah mulai ngikutin papinya tuh, pasrah aja deh gw πŸ˜€

    Mudah2an kalo tante punya anak cewek bisa putih kayak kamu ya shaina..gak apa2 deh klo ntar dikirain anak tionghoa, yg penting kinclong ‘kan..? πŸ˜‰

  • Iya Cha, Shaina belo nggak sipit nggak. Sorot matanya teduh, kalem.
    Shaina ini yang dibilang produk campuran suku di indonesia hehehe.. Kalo tar dah gede ditanya orang mana, pasti bingung jawabnya. Jawab aja orang Indonesia ya shaina πŸ™‚

    Wah kalo ada turunan padang sih kayanya dah pasti kemungkinan besar putih ya. Anaknya sepupuku putiiih banget, pada bilang kulit n mukanya kaya orang jepang. Padahal kalo liat orangtuanya gak ada yang putih. Ibunya jawa coklat, bapaknya padang item. Tapi keluarga bapaknya emang putih smua, jadi tetep ada keturunan putihnya meski bapaknya padang item.

    Dipertahankan putihnya ya Shaina hehehe..

  • ow lo ada padangnya juga cha, sama donk kayak gue tp gue padang asli. heheh…iya emang shaina agak tionghoa dikit ya mukanya…kalo soal putih mah emang putih banget! Dulu gue pas hamil jg mintanya yang cantik dan putih dan hasilnya emang putih dan cantik, wakakaka narsis jg dah. Padahal bapake item kelam πŸ˜€ Kalo alma malah banyakan pada bilang kayak bule sejak dari lahir mpe skrg komennya sama padahal mah kagak ada bule2nya acan kok mukanya πŸ˜€

    Cicha Reply:

    iye gw turunan padang dari opa gw dari almarhum bokap. Sisanya jawa semua πŸ™‚ Iya di foto ini emang beneran kayak anak tionghoa dia haha. Kalau alma menurut gw mukanya latino, mungkin orang gak ngerti latino, jadinya ya ‘bule’ aja komennya hehehe..

  • Aduh shaina difoto yg itu kamu oriental banget ya….tapi kalo tante bilang mata shaina gak sipit ah kayak kubil gitu sipit enggak belo nggak..(bener gak ya) sorot matanya teduh banget deh…

    Cicha Reply:

    iya tante, shaina di foto ini pas nyengir gitu matanya jadi sipit. Aslinya sih ya gitu kali ya.. tapi aku baru denger nih istilah ‘kubil’ hehe.. tapi ya kurang lebih gitu lah, belo engga sipit juga engga πŸ˜‰

Leave a Comment