Shaina Things to Remember

Shaina di Umur Setahun..

setahunseminggu
Written by Cicha

1 year 1 week ShainaAhh.. setelah posting month by month mukanya Shaina dan cerita tentang ngapain aja kita di ulang tahun Shaina yang pertama, sekarang mama mau update beberapa perkembangan baru dari Shaina di umurnya yang ke 1 ini.

Udah pinter apa aja?

  • Manggil mama-papa semakin gape. Dulu kadang papa dipanggil mama dan sebaliknya. Sekarang udah bener-bener tau.. liat mama ya manggilnya “mamaahh” liat papa manggilnya “papaahh”, kalau liat boneka Elmo atau ada Elmo di tivi, Shaina panggil “Momoooo”.
  • Berdiri sendiri lebih lama, tapi melangkahnya masih belom. Kalau di titah, kadang mau alias excited, kadang kakinya dilemesin, maunya selonjoran aja.
  • Udah bisa melanjutkan kalimat dan nyanyian. Misalnya.. “Satu-satuu.. Shaina sayang??” nanti dijawab “papahh”. Tapiii kedua ketiga juga sayangnya PAPAH. Hikss.
  • Melanjutkan kalimat semakin pinter “Shaiii?” “Anak Maa??” atau “Anak Paa?”, “Alhamduliii??”
  • Kalimat yang udah dikuasai bener : Ikan (kalau liat air dan gambar ikan), Ujan (kalau diluar bunyi berderu-deru gitu. Kadang motor juga dibilang ujan”), Cicaah / cecaah (sambil mata-matanya berbinar ngeliat cicak nemplok di dinding)
  • Makin pinter minum pake sedotan. Justru dotnya sekarang udah jarang… maunya cuma kalau udah ngantuk aja. Kalau lagi ‘aware mode’, Shaina lebih prefer minum segala sesuatu (ASIp, airputih dsb) pake sedotan. Jadi mama nyetok sedotan banyak deh sekarang..

Kalau perubahan yang ekstrim apa?

  • Shaina udah minum UHT mulai umur setahun sehari! 🙂 Tapi sehari mama batesin cuma 1 kotak aja yang ultra plain 200ml. Setelah seminggu, mama udah kasih UHT Ultra yang rasa madu (karena kandungannya ada madu murni, jadi gapapalah) yang 125ml. Biasanya di selang-seling aja hari ini plain, besok madu. Alhamdulillah gak kenapa2 dan cocok-cocok aja.. SISANYA? Masih ASI tentunya. ASI masih sekitar 450-500cc sehari, sisanya ya baru UHT sekotak.
  • Makannya udah nasi semi orang dewasa. Jadi nasi lembek gitu, utuh. Biasa didampingin sama sup jadi-jadian buatannya mama yang harus ada ikan & sayurannya pokoknya 🙂 Tapi kemaren makan nasi kuning ulang tahunnya juga udah jago kok hehe.
  • Kalau ke mall-mall, mama udah gak bawa makanan dari rumah lagi. Nyari tempat yang ada makanan yang bisa dimakan shaina, misal bubur ayam, cream soup atau mashed potato. Ah, enak deehh gak repot lagiii hihi

Anak mama ini juga ada kebiasaan baru. Meminta sesuatu dengan teriak “AAAAAAA” sambil nunjuk apa yang dia mau pegang. Kalau gak diturutin, teriaknya bisa diikuti sama air mata yang berlinangan. Aduh Shaii.. bingung deh mama. InsyaAllah mama bisa ngedidik Shaina yang bener ya, bahwa dengan teriak semua yang Shaina pengenin gak selalu bisa didapat.

Keep growing my baby.. doa dan cinta mama dan papa selalu iringi perkembanganmu..

9 Comments

  • Alloow…salam kenal…seneng liat blognya,simpel +bagus…abis jalan-jalan ke tempatnya alma…trus mampir sini…

    selamat ulang tahun ya shaina…pinter banget udah pake sedotan ajah…en jempol buat mama dooong…masih ASI…hebad..hebad…

  • 1st of all happy belated day yah shaina sayang moga do’a dan harapan mama&papa juga semua org yg mencintaimu dikabulkan Allah S.W.T ameen..maaf tante baru bisa mampir lagi,duh mamanya rajin banget bisa report lengkap ttg perkembangan shaina..bagus tuh apalagi tuk thn pertama kehadirannya di dunia nie sangat special.
    Sun dr jauh ajah deh buat shaina dr tante ama farah;)

  • oh ya, yg blush-on itu karena cuaca. saat dingin, tapi mereka hangat (pakai baju banyak) atau tidur kala selimutan, jadi bisa memerah gitu. tapi kalo parah, buat yg kelamaan di luaran, krn udara dingin, pipi bisa jadi merah (udah gak pink lagi), kita nyebutnya “gosong”. kadang malah bisa luka.

  • ah salut deh sama banyak mama yang begitu telaten. yah, memang sbg mama kita selalu berharap semoga bisa mendidik anak di arah yg baik dan benar. gambatte, mama Cicha!
    Shaina pinter lho udah mulai ngomong banyak!
    dulu belum setahun, oma suka kasih angie yoghurt. mau ngelarang gak enak, akhirnya untung ipar search di net dan bilang kalo msh terlalu kecil gak boleh yoghurt, dg penjelasannya napa gak boleh. baru deh oma percaya. angie juga kadang2 dah minum uht atau susu sapi murni (yg pesen botolan). kadang minum air madu. (dulu umur 2 bulan pernah diberi madu, gara2 7 hari gak juga pup). bikin cemas maknya!
    Shaina minumnya banyak juga yah. angie cuman 120. mungkin karena makan nasi, sesudah itu, masih pisang,minum air dll.jadi nyusu cuman 120

  • sama nihh!tante juga sekarang bingung bgt nyari cara utk ngasih tau Samy klo teriak n nangis2 itu bukan cara yg baik utk menyampaikan keinginan..tapi klo didiemin kok jadi makin kenceng teriakannya..hihi..klo dah ada ide kasih tau ya mom.. 🙂

  • @Ocha
    Shaina belom bisa turun sendiri kalau ke lantai, kalau ke tempat tidur bagian bawah udah.

    @Sally
    iya ada bu.. UHT Ultra rasa madu, ada yang 125ml lagi, pack mini sekali sruput 🙂 Cari aja di rak2 uht, ultra yang bungkusnya kuning rada oranye gitu.
    Shaina 200ml itu sekali minum buuu hehe.. walau emang berenti 2x, tapi dalam setengah jam deh habis 🙂

  • wihh,..tambah pinter Shaina….makin lucu pastinya.

    Btw mba,….ultra rasa madu ada yaa??UHT??? aku jujur aja belum pernah liat 😀

    Klo yg plain Shaina 200 ml utk brapa kali minum??

    Niatnya sih klo nanti Fadly dah setahun…aku juga pengen dia nyobain UHT. Makanya liat Shaina dulu….ntar baru dicobain ke Fadly 😀

Leave a Comment