comic Jalan-jalan MPASI Shaina

Jelang Pulang Kampung..

heinzbabyrice
Written by Cicha

Waa.. Sabtu depan kita sekeluarga mau pulang ke kampung papa Shaina di Gorontalo. Berangkat Sabtu subuh, pulang wiken minggu depannya. Ke Gorontalo itu lebih jauh lho dari ke Singapore.. perjalanannya aja kalau direct sekitar 3 jam, sementara kita pake Lion jadi harus transit sekitar 45 menit di Makassar DAN bawa bayi pulak!

Kebayang banget deh, seberapa banyak barang yang bakal kita boyong, secara bawa bayi yang udah MPASI!! Kalau makanan instan semua sih enak tinggal seduh-sudah. Tapi kan Shaina makanannya MPASI homemade. Hmm.. akhirnya dari wiken kemaren mama coba hunting makanan instan yang GAK ADA GULA, GAK ADA GAREM, GAK ADA PENGAWET dan GAK ADA ARTIFICIAL FLAVOUR. “Mungkin gak ya?” gitu dalam hati mama. Secara kan hampir semua makanan instan pasti ada deh salah satu dari itu. (maklum, si mama kalau di supermarket suka ngutek di bagian makanan bayi, baca-bacain komposisi ama kandungannya. 99% ada sugar – gak pernah ada yang lolos seleksi).

heinz baby first rice cerealDaaan.. ternyata oh ternyata… ADA sodara-sodaraa!!! Waa senangnya..Namanya Heinz Baby’s First Rice Cereal. Itu komposisinya beras putih, ada iron enriched juga, terus ada vitamin c dan apalagi gitu deh. Yang pasti, gak ada tulisan sugar, salt, gluten dan mono-mono gitu. Model begini ini nih yang mama suka buat ngasi makan anak mama sesekali di saat-saat genting 🙂 Mama nemunya di Food Hall Sogo – senayan city.

Jadi, mulailah si mama mengenalkan makanan instan ini. Observasi pup hari pertama AMAN.. gak gelap pupnya, gak kehijauan dan teksturnya okeh. Hari kedua masih sama.. pupnya bagus. Alhamdulillah.. ada juga makanan instan yang bisa dikonsumsi Shaina – si bayi yang pencernaannya rada sensi ini (kok alhamdulillah..? abis kalau lagi pergi2 kesian Shaina jarang mama bawain MPASI 🙁 Kalau gini kan jadinya aman).

Dan, yang lebih penting lagi, SHAINA DOYAANN!! Mau dicampur sama ASI aja, suka. Mau dicampur sama air jeruk manis + sedikit air hangat, suka juga. Lahap hap hap.. dan hampir pasti, NAMBAH 🙂 Jadi pas dalam perjalanan dan udah jadwal mamam, tinggal bawa jeruk aja deh, dicampur heinz ini.

Urusan MPASI saat perjalanan, aman. Terus.. apalagi ya? Wah, pokoknya mama jadi sering googling deh soal apa aja kebutuhan bayi selama perjalanan. Lagi nyari kacamata item bayi nih.. heuheuhe.. abis Gorontalo mataharinya terik banget bo’! Baca-baca, katanya baiknya bayi dipakaikan kacamata hitam supaya sinar ultra violet yang jahat gak langsung nembus retinanya. Beli dimana ya, baby sunglasses?

Gak cuma mama yang rajin googling, Shaina juga ikutan..

babyshaina googling

Begitulah huru-hara persiapan kita pulang kampung. Moga-moga di sana internetnya okeh jadi mama bisa cerita-cerita soal Gorontalo secara Live ya (gak dirapel) hehe.

Eh iya, GIGI ATAS SHAINA UDAH NONGOL 1 LAGI.. Alhamdulillah + deg2an. Soalnya kalau nenenin Shaina udah berasa ‘geli’ ada yang nggaruk-garuk.. Tapi anak mama pengertian kok, semenjak ada gigi gak pernah lagi nenen mama ‘digosok-gosok’ (jepit dikit palingan 🙁 )

18 Comments

  • Shaina & mama cicha lagi terbang yach……!!

    Aisha jg mo pulkam ke Pekanbaru lebaran ke-2 nanti & berhubung ai udh bisa duduk jd di ambilin seat sendiri dech. ai juga kayanya pengen nyobain heinz seperti shaina untuk di perjalanan nanti.
    makasih infonya ya mama cicha….have a nice trip!

  • Selain sungaless, jgn lupa bawa baby sunblock ya mam, yg spf 50, kasian nanti kulitnya.
    O iya, shaina cemilannya apa ya, biskuit ya? Tahu ga mam, biskuit apa ya yg g ada susu sapinya, soalnya vaya kan alergi supi, jd msh bingung cari cemilannya utk di Medan.

    Menurutku siy gpp dikasih yg instan, klo emg perjalanan jauh & ga sempat masak, toh Heinz itu komposisinya jg udah lolos seleksi ya mam. Kasian klo cuma dikasih asi, ga bakal kenyang.

    Ditunggu foto2nya di Gorontalo ya shai…

  • @ bunda zikra
    -iya nih bun. kita jadwal take offnya jam 06:00, di terminal 1A karena naek Lion. Zikra terminal apa? Kalau deketan kopdaran singkat yuk hehe.
    -soal pup, ya itulah kalau sekedar hijau berarti memang ada hubungan ke pencernaannya. Menurut dokterku, makanannya berpotensi alergi ke si anak (baru berpotensi lho, belum tentu alergi). Jadi kalau pupnya bagus, kuning gitu warnanya, bisa dipastikan makanannya cocok, tidak menimbulkan reaksi, dan sudah bisa dicerna sempurna sama si bayi. Jadi, super aman deh tu makanan 🙂
    – shaina lom dikasih keju, rencana si mama sih pas udah 8 bulan mo ngenalin keju ricota / yang merk babybelle itu (tapi ini ada garemnya dikit).. pelan2 lah, moga2 gak ada reaksi 😉
    – soal garam, wadu, aku sih nanti dulu ah ngenalin garamnya, nunggu setahun aja. Ambil garam dari kejunya ajah 😉 asinnya sama kok. Garam itu yang aku baca2 efeknya ke kinerja ginjal sama soal ‘standar’ rasa si bayi. manut ajalah, daripada ‘kenapa2’.
    – Kalau gula, efeknya selain memperberat kinerja lambung n ginjal, gula juga bisa menumpukkan glukosa di dalam tubuh yang akhirnya akan membuat bayi hiperaktif.. selain itu bayi berpotensi jadi picky eater juga (seneng yang manis2 jadi males makan) KATANYA sih begitu 🙂 tapi sedikit2 gapapa kali ya.. 😉

    @ Yendoel
    Shaina pencernaan sensitif menurut observasi dsa ahli alerginya. Padahal cuma dilihat dari sisi fisiologis, tapi ternyata memang iya kayaknya, ketemu makanan yang gak cocok cepet keliatan di pupnya sama kulitnya jadi merah-merah didalem kulit gitu (so far yang kedeteksi baru pisang sama beras merah). Aku memang jadi lebih hati-hati ngenalin ini itu, but tetep.. tekadku untuk bisa ngenalin Shaina ‘table grown-up foods’ di umurnya yang ke 1 tahun nanti diusahakan tercapai 🙂 moga-mogaaa amin 😉

  • jauh aja nie mudiknya… Shaina jaga kesehatan ya… Kl pengalaman sy sie, anak-anak gak ada yg suka makanan instant gitu. Jd kl gak memungkinkan u/ bw makanan jadi, terpaksa deh full ASI seharian walopun dah di atas 6 bulan umurnya.. Alhamdulillah gak ada apa2..

  • oo doyan yah, kalo Tole gak pernah doyan makanan di pot gitu, jadi harus bikin terus dimanapun berada, untungnya ada kesempatan bikin, kalo gak, puasa deh, ehhehehe
    ditunggu critanya dari Gorontalo yah

  • oh ya, biasanya kalo masak bubur, kadang kita campur sedikit (tambahin) beras merah, atau kacang tanah, gandum, atau kacang ijo. dimasak yang lembek aja. tapi kacang tanah gak dikasih makan. buburnya aja. kalo kacang merah, dah lembek, si kecil bisa makan juga. kacang2an/cereal kan kaya vit B2-nya. tapi tergantung sistem pencernaan masing2 bayi, tahan apa nggak. kalo sensi, mungkin dicoba sedikit demi sedikit dulu.
    kalo pepaya bukannya malah bikin gampang pup yah?

  • hallo nissa,
    aku dulu bawa angie pas umur 2.5 bulan, jadi full asi, gak repot ama makanan bayi.karena baby box di depan, dekat mesin pesawat, rada berisik,jadi dia gak mau tidur.yah..digendong terus deh.

    ntar kalo di pesawat minta duduk di depan aja, jadi gak sempit. biasanya deret depan suka kosong, tapi kadang sama pramugari gak dikasih, tapi omong baik2 aja. bawain beberapa mainan kesukaan dia, yg ukuran kecil aja. kalo dia gak tidur, bisa main2.
    kalo gak dikasih, ntar aja, kalo pesawat dah terbang, diam2 pindah aja.

    bayi udah umur 4 bulan pun sedikit gula dan garam sebenarnya fine. angie umur 5 bulan dah makan bubur dan nasi (dimasak agak lembek). terus suka pakai kuah sayur, kaldu ayam kaldu ikan.. dari makanan orang dewasa. umur 6 bulan dah mulai makan ikan, udang (dipenyek2in dulu). dia senang banget.
    4 bulan sudah boleh makan kuning telor. dicampur air atau asi. kalo di sini semua bayi disarankan begitu.

    emang Shania pencernaannya kenapa? seberapa sensi? kali kudu dilatih sedikit demi sedikit.

  • shaina mudik ke gorontalo?
    sabtu subuh tanggal 27?
    sama tapi zikra naik airasia takeoff jam 6.20
    barengan gak yah terminalnya?
    sapatau bisa ketemuan?;)

    hmm zikra pernah pupnya setelah mpasi ini warna ijo kuning *tp banyakan ijonya* trus aga encer dan ada lendirnya..
    itu alergi ya ma?
    shaina pernah dikasih keju gak ma?
    boleh gak sih dikasih keju?
    oiya kalo dikasi gula ato garam gitu ato perasa buatan efeknya apa sih buat bayi?
    aku pernah baca bayi yang udah 6 bulan sudah boleh diberi garam atau gula sedikit dalam makanannya
    ada disini ma.. http://prisillia.multiply.com/reviews/item/3

  • @ bunda aulia
    rumah papa shaina di daerah Franco Nero (kompleks dosen UNG) posisinya disamping kampus. Kalau rumah omanya di perempatan UNG.

    @ nungqee
    kalau pup warnanya gelap, menurut dokter ahli alerginya Shaina, berarti memang ada ‘something’ either itu kandungannya gak cocok or belum bisa dicerna sempurna. Kalau bayi formula cenderung memang pupnya gelap, karena ada kandungan sesuatu yang ‘berlebihan’ alias komposisinya gak pas (ga kayak anak ASI yang pupnya terkontrol, kuning). Tapi kalau gelap tapi masih ‘kuning’ masih gapapa, mungkin itu aja ada kelebihan komposisi. Pup lebih ‘padat’ gapapa, tapi kalau keras kayak pup kambing gitu (bulat-bulat gelap) itu tanda alergi dan gak cocok sama sesuatu. — shaina begini kalau kena beras merah sama pisang 😉

  • ya eyyalaaah jelas enak & doyan dia.. nemunya aja di foodhall..
    HEINZ itu mknan impor kan y?
    ‘orang kita’ mah kan ga pernah bikin/produksi makanan yg bener!
    jujur, laki gw diet juga nyari snack/mkanan selingannya susah klo d cari d supermarket2 lokal, adanya di foodhall itu, farmers market, pokonya supermarket yg jual mkanan IMPOR deh. hehehe.. bkn cm si shaina aja yg ribet, si om jg repot idupnya.. hehe

  • duuh shaina mo ikutan mudik yah;)….jadi pengen mudik juga niy.Btw gak usah khawatir mom..shaina akan baik2 ajah..kealaman ama mommy sekeluarga waktu mudik 6bln lalu,farah wkt itu baru umur 4bulan3hari,perjalanan dr Toronto ke Abu Dhabi(UEA)-Islamabad(Pak)12jam lebih trus Islamabad-jakarta 8jam-an..alhamdulillah farah baik2 ajah,kasih nenen wkt take off or mo landing pesawat biar telinga babynya gak sakit.kalo dah nyampe ditempat tujuan istirahat sebaik mungkin..
    siip dah selamat mudik yah..

  • wah thanx info nya mbak cicha, boleh juga tuh aku mau cobain buat Azkia. Btw pup normal kayak apa ya? kemaren MPASI pertama Azkia makan pepaya, apel dan beras merah (pake tepung gasol), pup nya baru sekali sedikit, dan agak padat warnanya agak gelap. Apa itu berarti bermasalah?

  • Asyiiiik… asyikkk… kita kedatangan tamu jauh niy! Moga nanti Shaina betah selama di Gorontalo yaaa!
    Pas Shaina datang di Gorontalo ada TUMBILOTOHE. (malam pasang lampu) Tanya aja deh ama papanya… 😀

    Insya Allah perjalanannya lancar yah. Aulia juga usia 1 tahun (lebaran tahun lalu) mudik ke Pekalongan. Setelah seharian perjalanan gtlo-jkt, malamnya ke Pekalongan naik BIS MALAM. Hehehe.. gak bisa dijelasin deh gimana repotnya! Cuman karena aulia anteng2 ajah jadi ya dibawa asyik ajah…

    Selamat datang di Gorontalo ya Shainaaa…..
    (Btw, rumahnya papa Shaina di Gorontalo dimana?)

  • cha, thalla umur 6 bulan sama 8 bulan udah pernah naik pesawat 1,5 jam.Sama, waktu itu juga makan heinz.Emang enak kali buat bayi ya?Gerber yg cereal (bukan yg botol lho) juga oke.Waktu umur 1 thn malah naik pesawat 24 jam.Pegel tapi untung Thalla ga rewel.Bawain mainan sama buku aja yg banyak hehehe…

Leave a Comment