MPASI Things to Remember

Tentang Alergi & H-2 Nyolong Start MPASI!

mpasipertamaku
Written by Cicha

 

1st mpasi..

Akhirnya.. Shaina nyicipin juga rasa lain selain susu mama (oh ya, selain rasa sekitar 300cc susu formula di 5 hari pertamanya πŸ™ bete ah inget2 lagi). Pepaya saring sekitar 30cc ditambah ASI mama sekitar 20cc-an.. encer deh pokoknya. Waaa.. senangnya anak mama ini.. nyengir-nyengir girang dan ngabisin sampe bersih mangkok isi pepaya saringnya. Sampe terharu mama. “Another Milestone Achieved!” – walau rada ga afdol karena harusnya MPASI (Makanan Pendamping ASI) pertama Shaina itu tanggal 10 Agustus besok (Shaina lahir 10 Februari kan, maksudnya biar angkanya pas gitu lho).

Btw, kok pepaya saring bukan bubur ASI (tepung beras merah / putih dijerang trus dicampur ASI) ??

Sebelumnya mama gundah, bingung.. mau ngasih apa buat MPASI pertama Shaina. Sebenernya yang kebayang dari berbulan-bulan yang lalu adalah bubur beras + ASI seperti banyak yang direkomendasikan ibu-ibu milis. Tapi.. mama sempet baca di beberapa buku, katanya buah lebih cocok untuk MPASI pertama bayi karena karbohidratnya ringan dibandingkan beras dan pati-patian yang mengandung karbohidrat kompleks.. (konon bikin pencernaan bayi bekerja lebih berat-walau disajikan setengah encer) nahlo.. pro kontra kan? πŸ™‚

Naah.. kebetulan jadwal imunisasi Hepatitis B nya Shaina jatuh tanggal 7-8 Agustus, mama akhirnya ke dr. Widodo Judarwanto, DSA ahli alergi di Picky Eater Clinic di deket rumah, Benhil. “Sambil menyelam minum air nih,” batin mama.. maksudnya bisa imunisasi sekalian minta arahan soal MPASI.

Pas dateng, yang pertama kali dokternya bilang pas ngeliat Shaina, “wah dedeknya kulitnya sensitif ya?” Dalam hati mama ngejawab, “Iya dok, memang rada sensitif makanya sabunnya aja ga bisa sabun yang bisa dibeli di carrefour/giant” πŸ™

Teruss, ga seperti biasa, si dokter ini nempelin stetoskop ke badan Shaina bagian depan dan belakang.. di tempelin berkali-kali di titik-titik tertentu. Tau-tau blio abis itu nanya, “pupnya suka hijau atau berlendir ya? suka bersin-bersin ya? sering ngucek-ngucek matanya ya?” blablabla, yang jawabannya : IYA SEMUA. “Canggih, ni dokter, bisa tau dari ngedengerin stetoskop” bisik mama dalam hati. Blio juga ngebulak-balik badan Shaina, ngintip THTnya, nyenterin kepalanya.. pokoknya dari ujung ke ujung.

Dari kebiasaan-kebiasaan tadi, Shaina divonis “ada kemungkinan sensitif pencernaannya”.. kok nyambung ke pencernaan ya? Hmm.. karena ciri-ciri yang ada di Shaina adalah ciri alergi terhadap sesuatu.. yaitu dari makanan. Hiks, merasa bersalah mama secara selama ini Shaina cuma minum sari dari makanan yang mama makan πŸ™ Oh ya, ciri fisik seperti sering ada bercak putih kayak panu dibagian punggung Shaina, juga jadi poin tambahan yang memperkuat anak mama ini ada alergi terhadap ‘sesuatu’..

Langsung dr.Widodo ngeluarin kertas yang merupakan daftar makanan dari yang paaaling aman dikonsumsi (tidak mengandung zat elergen) sampe bahan makanan yang paling sering memicu alergi. Ada step-step nya. Kalau step 1 lolos, baru boleh nyoba step 2. Step 2 semuanya okeh, baru boleh nyoba Step 3..

Di Step 1, terbaca ada pepaya, buncis, tepung beras putih (Rose Brand) — *bo’ apakabar tepung Gasol ku*, kentang, biskuit Baby’s Choice — (Whaatt?? biskuit kemasaaan?? apakabar MPASI Home made? makin puyeng mama nih) dan ada beberapa yang lain deh. Terus mungkin blio ngeliat muka mama rada nyureng ngeliat list itu which is ga pernah kebayang sama mama. Mama sempet ngomong dengan rada nyinyir, “saya sih rencana mau masakin sendiri semuanya home made dok,” timpal mama. “Biskuit kemasan dan tepung beras yang dijual bebas di waruung??!@#$!? oh noo!batin mama berkecamuk.

Terus blio sambil ngejelasin ini itu ngomong, “untuk anak yang bakat alergi, bahkan makanan yang paling bagus manfaatnya sekalipun bisa jadi penyakit buat si anak, bu” gitu katanya. Iya juga ya dok? Ampun dok.. pasti blio yang paling tau.. wong DSA ahli alergi, masa mau menyesatkan?? Menurut blio, list yang dia kasih itu dijamin gak akan menimbulkan alergi. OK, I wont take any risk, no matter how small it is. Terus, untuk Shaina yang “pencernaannya sensitif” katanya lebih baik diawali dengan yang ringan.. seperti buah. Secara di list yang pertama cuma ada buah pepaya.. ya berarti pepaya deh jadi MPASI pertamanya Shaina.

Yaudah, akhirnya si Oma iseng2 beli pepaya dan dapet yang bagus. Wah, kesempatan ni.. mumpung hari jumat dan mama kebagian dateng siang hari ini.., jadi sabtu dan minggu kan mama ada kesempatan bikin makanan buat Shaina. Bismillah, mama izin nyolong start sama Allah.. semoga jadi manfaat yang baik buat anak mama.Karena MPASI pertama harus cair, yaudah, pepayanya mama saring aja bukan diblender.. terus dicampur ASI biar rasanya gak terlalu ‘aneh’ di lidah Shaina. Total cuma sekitar 50cc-an pepaya saring asi yang Shaina makan sebagai MPASI pertamanya. Tapi.. LAHAPPP banget.. ditempelin sendok terus.. “sruuupp” disruput gitu.. kayak minum kopi hehe. Subhanallah.. siapa yang ngajarin ya nyruput sendok gini?

 Anak mama udah besar ya.. 2 hari lagi 6 bulan.. Kamu sekarang sudah mulai belajar mengenal makanan nak.. ASI mama bukan satu-satunya penyambung hidup kamu.. ada rasa sedih, terharu karena berhasil melewati 6 bulan kurang 2 hari ini dengan berjuang ngasih ASI untuk Shaina.. InsyaAllah.. mama terusin amanat Allah, untuk sampai 2 tahun memberi Shaina ASI atau sampai kapanpun kamu mau.. Semoga dimudahkan. Amiin..

Setelah 2 hari nyobain pepaya, mama rencana baru mau nyobain bubur beras coklat dari GASOL buat Shaina (rose brand? hmm nanti dulu deh..) abis itu baru mungkin si biskuit Baby’s Choice dicampur ASI. Pro ato kontra nih ibu-ibu? hehe.. pasti banyak yang kontra deh πŸ™‚

17 Comments

  • salam kenal,
    gak sengaja aku ketemu dgn blognya mbak, krn aku sdg mencari tau ttg spot putih (seperti panu) di punggung anakku yg skrg ini umur 6 bulan.
    Langsung aku search dr.widodo, dan juga langsung ke RSIA.Bunda utk kontrol dgn beliau.
    Pertanyaan yg sama diajukan ke aku dan suamiku, detail bgt sampai riwayat kesehatan pencernaan suami dan aku.
    Nah, aku mau tanya2 lebih banyak sama mbak mengenai list makanan yg harus aku lakuin selama 3 minggu..apakah benar berpengaruh dan apakah noda2 putih di badan bisa hilang..
    mohon pencerahannya..
    makasih yah mbak

  • mba,, boleh ga kalo aku copy list makanan nya,, πŸ™‚ dzaky juga ada riwayat alergi,,makasi mba,,inspiratif sekali blog nya πŸ™‚ salam kenal..

  • Yup betul, menurut Dr.A.A , beliau memang bukan ahli alergi, kalo tidak salah, sekolahnya tidak selesai.. apalgi pantangan2 itu, bikin anak yg harusnya berkembang/observasi dengan variasi makanan jadi harus sengsara karena belum tentu alergi thd makanan2 tsb, saya sih baru satu kali ke dia, tp saya kurang cocok, krn semua ciri2 yg dikasih tau, saya yakin itu memang ciri2 anak pada umumnya, masalah nya pencernaan ( kan, memang pencernaan pada anak2, blum sempurna bukan?),

    sampai saat ini, anak saya juga blom bisa ketahuan alergi makanan apa aja, tapi kulitnya msh gatal2 sampai merah2 dan bersisik.

  • hohoho…hati2…dr.widodo itu bukan ahli alergi loh. beliau cuma dokter spesialis anak. kalo dokter alergi anak,titelnya SpaK

  • @ Desi
    @ Bunda Aisha
    @ Mamanya Fida

    aku rencana mau share disini sekalian nih listnya.. tapi belom sempet nih.. karena udah ga ngantor jadi ga ada scanner, ntar minta tolong suami deh.. maaf ya belom sempet japri juga, abis gimana belom diketik listnya n belom juga discan. InsyaAllah bisa bagi2 info di postingan selanjutnya yaa… maaf maaf.. kalau mau chat yukyuk add aja ym ku cichaz πŸ™‚

  • Jeng, waktu aku bw fida (22bln) kontrol ke dr widodo pertanyaannya sama persis .. bab yg keras,tidur nunging, kulit sensitif (wkt itu emang kontrol krn kulitnya yg lagi alergi). Aku ikutin aja dietnya, trnyata bbnya naik 1/2 kg. Tp kadang ya pusing juga,lho.. pas bbnya turun dan susah maem,dan dia kayaknya udah bete dgn kaldu sapi, ingin rasanya aku buatin puding sarikaya telur+susu…

  • Dear Mama Shaina,,,
    Aisha juga alergi,,duhhh,,pusying deh,,,
    berkali2 aku pengen konsul ke dokter Widodo, tapi boooo,,ngantrinya kayak mau ngantri minyak tanah,,
    udah 2 kali nih nomer pendaftaranku di reject karena doi kecapekan,,waktu itu aku daftar di bunda, secara dsa aisha di sana juga, jadi sekalian gitu,,kalo kliniknya yang di benhil tuh disebelah mana sih??dan jadwal prakteknya kapan??

    Minggu depan Aisha mau mulai Mpasi niyy,,,sambil nunggu ketemu dokter Widodo, boleh gak share list nya dokter Widodo ke email aku,,??

    Mama Shaina, setelah MPASI asinya masi keluar ndak??sekali mompa dapet berapa??

    MUdah2an Aisha maemnya pinter ya kayak Shaina..

    Terimakasiy Seribuw yaa, Jeng,,,

  • aku sering ngikutin perkembangan shaina mulai dari mamanya hamil, selama ini aku uda bisa dapat gambaran segala perkembangan sampai shaina uda 6 bulan, hm…cepet juga ya. Abi baru 2,5 bulan sih, berhubung cerita tentang alergi (ciri-ciri alergi sama), boleh dong dikasi tau list daftar makanannya (itu dipantang sama ibunya juga ngga?), kalo aku disuruh dokter pantang makanan ini-itu, mau dicocokin aja, tolong di japri ya, tq

  • hehehe… itu dokternya vaya jg, krn vy jg bayi alergi.. sama nih, udah g sabar nunggu mpasi. apalagi vy sekarang udah minum asip nya pk sendok, ga dot lg. mudah2an aja tar pinter mamamnya….

    hhmm… kyknya mama shaina da g sabar ya, baru 2hr lgsg mo ksh bubur.. hiihihih…

  • oohhh gitu ya… hehehe… info baru πŸ™‚
    kalo masih asi excl, alergi makanannya bati dari yang dimakan mamanya?

    so… apa kabar shaina sekarang, semakin lahap makan pastinya yaa… wajahnya makin berbinar aja deh, bener mama, cantik banget pake kerudung, lucuuuuu….

    cicha, kalo menurutku, 6 bulan itu ya plus minus deh, gak mesti teng pas tanggalnya, apalagi kalo cuman beberapa hari, lha kalo Bas, lahirnya bulan februari tahun kabisat, kurang 2-3 hari dari bulan biasa, hihihi.. ngeyel aja πŸ™‚

    eh lihat kopdar mama2 muda lucu yaaa.. pada bawa baby seumuran… kapan dong shaina ketemuan Bas niiih swit wiiwww… Bas ketemu cewek cantik euy πŸ™‚
    ato, shaina bawa main sini deh cha… biar sekalian refreshing di tempat tenang, cieee… πŸ˜€

  • itu yang disebutin ciri2 alergi ya mom cicha?
    apa aja sih sebenernya ciri2nya kalo anak kita alergi?
    tanya mom cicha langsung aja deh daripada ke dokter:p

    shaina makannya kapan kalo mama pergi kerja?
    pagi yah?

  • @ nungqee..
    wah, jelas home made doong.. itu listnya sih berdasarkan yang paling aman dari alergi bu.. tapi soal kesehatan, HOME MADE IS NUMBER ONE πŸ™‚ merk juga disebutkan berdAsarkan kepraktisan aja..

  • wah, shaina udha 6 bulan yaa.. selamat ulang bulan ya shaina sayang.. maemnya yang pinter ya nak.. hm.. jadi bagusan home made atau instan ya ?? udah mulai ikutan bingung nih, masih ada sebulan lagi buatku belajar MPASI πŸ˜€

  • wah asik nih shaina doyan makan yaa..samy pertama kali makan disembur2in..hihihi..tp klo samy malahan pencernaannya sensitif ama pepaya..klo mam pepaya pupnya jd keras n yg keluar masih bentuk pepaya juga..hehe..
    makan yg banyak ya shaina..biar makin tembem n lucu..

  • duuuh..mama cicha pasti bingung yaa kalo shaina alergi gitu?? atha juga dulu waktu baru lahir, bundanya ga boleh salah makan..minum susu ultra lgs merah, nyolek telur & seafood lgs bruntusan…
    tapi skrg alhamdulillah udh ada menu ikan & telur di mpasi-nya..
    semangat terus utk mpasi-nya yaaa….

Leave a Comment