MPASI Seputar ASI

Jempol Kaki , Menu & Berkah

jempolkaki
Written by Cicha

Kali ini postingan mama campur-campur deh. Abis, baru kesempetan posting sementara banyak yang bisa diceritain πŸ˜‰

Seperti yang mama pernah ceritain, Shaina emang hobi banget ngisep jempol kakinya. Mau lagi boboan, digantiin baju, sampai mandi sekalipun, gak mau banget tuh ketinggalan momen untuk ngisep jempol.. Let these pictures talk πŸ˜‰

jempol kaki di segala suasana :)

Today’s Menu

Terhitung hari ini, Shaina udah 2 minggu MPASI. Udah kenal apa aja anak mama ini?

Pear Kukus, Pepaya Kukus, Apel Kukus -> Buah dikukus sampe empuk, blender, campur ASI / jeruk baby manis, jadi deh πŸ™‚ Berapa banyak cairan yang dibutuhkan? Tergantung kekentalan si makanan itu sendiri. Awalnya pasti butuh rada banyak, lama-lama cairannya dikurang-kurangi biar ga terlalu cair.

Bubur beras + Buncis / Bubur beras + Labu kuning. Caranya : satu sendok makan tepung beras (kalo mama pake tepung beras coklat dari Gasol) dicampur airputih kurang lebih 30cc. Didihkan air putih 100 cc di atas api, kalau udah mendidih, campur tepung beras yang dicampur air tadi. Aduk-aduk terus sampai mengental. — Di tempat lain, kukus sayuran (buncis / labu kuning / lainnya) sampai lembek. Angkat, blender. Bisa dicampur setelah keduanya ‘ready’ atau bisa juga, sayur blender tadi dimasukkin ke panci yang lagi masak bubur beras.

Oh ya, mama pernah ngenalin beras merah. Tapi waktu itu rancu, karena besokannya Shaina mulai batuk-batuk dan merah idungnya pasca batpil. Kirain reaksi dari beras merah, jadinya sehari dikenalin langsung distop deh. Besok setelah kelar ngenalin labu kuning deh mama coba lagi beras merahnya. Pernah juga waktu itu mama bandel nyobain Farley campur ASI, alhasil abis itu pupupnya sehari 3x n malemnya rada anget. Duh.. ntar dulu kali ye makanan kerdusannya. Homemade baby food is the best πŸ™‚

mpasi buncis - bubur beras

Foto diatas ini adalah contoh bubur beras putih campur buncis. Kalau yang ini buncis blender-saringnya dicampur sama beras di atas api kecil. Rada menye-menye sih waktu dikenalin buncis, soalnya emang ga manis kayak pure buah kukus. Tapi, dengan ngabisin 3/4nya aja, udah cukup kok πŸ˜‰

Semua Ada Hikmahnya

hasil 1x pompa, 22 agustus 2008Waktu Shaina sakit, mama memang rela seharian ngasihin Shaina ASIP lewat dot. Karena apa? Anak batpil kan obatnya cuma ASI, ASI dan ASI.. jadi harus super banyak deh minumnya. Sebentar-sebentar diminumin.  Mama sengaja mompa aja biar sekalian  tau, berapa sih ASIP yang dikonsumsi.

Alhasil, jeleknya memang Shaina rada males ditempelin ke nenen, karena mungkin orientasinya “diajak bobo”, padahal waktu batpil itu, tidur adalah momen yang paling ngga enak. Why? karena saat bangun dari tidur itu pasti nyiksa. Idung tersumbat,  lendir di leher numpuk pokoknya ga enak deh. Kayaknya Shaina juga nyadarin itu.

Karena itulah, setiap ditempel ke nenen mama, Shaina ngamuk, dikirain mau diajak bobo. Sempet sedih sih, tapi pikir-pikir lagi, ngapain sedih.. wong anak lagi sakit butuh cairan kok. Masa mo egois? Yasudalah, mama ikhas. Toh tengah-tengah malam Shaina masih nenen sama mama.

Tapi oh tapi, sejak itu, kuantitas ASIP mama memang naik rada drastis. Karena 3 hari full setiap 3 jam sekali ama keluarin sampe kosong (terakhir mompa jam 9 malam). Emang seberapa drastis? Hmm biasanya, pagi-pagi, mama mentok dapet sekitar 220cc. Tapi udah 4 hari belakangan ini jadi 280 sampai 340cc-an. Sampe bingung, mo digimanain nih ASIP, yaudah di stok aja.

Masalahnya, anak mama ini doyannya cuma sama yang fresh.. maksmial 2 harian lah. Kalau udah masuk freezer, rada males-malesan minumnya. Mungkin karena rasa dan baunya udah beda kan.. jadilah banyak stok freezer mama yang kebuang karena udah kadaluarsa.

Abis, Shaina minumnya juga blom terlalu banyakk, masih mood2an. Kadang selama mama ngantor bisa 450cc, pernah juga 650cc. Tapi gak jarang, Shaina cuma ngabisin 350ccan selam kurleb 9 jam mama tingga ngantor. Gak heran knapa Shaina cuma gembil di pipi, sisanya? masih terbilang ‘langsing’ lah..

Intinya, walau sempet ogah  nempel nenen, tapi.. ada sisi positifnya juga, alhamdulillah πŸ˜‰

ket foto : 3 botol sekali perah.. yang botol UC 140cc, masing-masing lainnya 100 cc

12 Comments

  • asi bisa disimpan di freezer selama sampai 4 bulan lho. ah.. kalo memang Shaina gak mau minum, pakai aja untuk cuci muka, mandi dll.
    asi bahkan bagus ditetesi ke mata bayi, ada tetangga mamaku, anak2nya semua kala bayi mata ditetesi asi, sampai udah kerjapun gak ada satupun yang berkacamata. padahal doyan banget maen komputer.
    anak keduaku juga mata ditetesi asi (tapi yg fresh).
    untuk orang rumah kalo mata lagi capek, kadang suka minta asi buat netes (yang perasan tentunya..hehehee…).
    terus, sebenarnya kan orang rumah juga boleh minum. waktu aku tugas luar kantor 4 hari, asi perasan aku minum sendiri. selain itu bisa buat mandi (mandi susu toh…)

  • iyaaa itu berkahnya bener2 deh…
    bisa banyak gituuu? asik bangeeet, hehehe…
    tar ini lagi ngitung2 makannya shania dibandingin bas. Makannya duluan Shania sih ya…

    Kalo Bas lagi pengen makan nih:
    1 sdm puree Buncis plus 2 sdm oat + 1 sdm asi = 60 ml, kentel banget sih.
    Shaina totalnya berapa sdm yang dimakan? Kayaknya Bas kurang banyak ya, soalnya suka masih mangap terus, heheh

    Trus shaina udah berapa kali sehari makannya?

  • Cha…kata nyokap kalo anaknya doyan ngemut jempol kaki…berarti mo dapet ade lagi…hehehen Rumus yang aneh…

    Btw, mama shaina emangnya lagi ‘isi’ ya hehehehe kali aja gitu shaina mo jadi kakak bentar lagi

  • mama shaina mau nambahin sufor buat makannya shaina?
    sayang bgt ma.. asi mama berlimpah gitu..
    bb zikra akhirnya nambah jg setelah dicek terakhir kemarin.. kayaknya karna makanan deh…
    bukan karna asi atau sufor
    lumayan bb nambah 350gr dalam 2 minggu:p

    dsa zikra bilang kalo kepepet mau kasih sufor cari yang anti alergi
    cuma aku blum cek2 lagi sih apa merk sufor yang anti alergi itu
    jadi trauma mau kasih sufor..
    mending kasi air putih atau kasi makan aja biar zikra kenyang:p

    mama shaina kok blum apdet?
    ayo dong apdet ma cerita2 shaina lagi;)

  • Ya ampyun Shaina kocak bgt foto isep jempolnya…

    Wah asik dah mulai makan macem2 ya…
    mama harus rajin2 cari resep2 baru deh..he3x..

    Chi, itu ASIP nya banyak banget ya sekali merah… hebat…

  • shaina mamnya banyak ya..
    1 sdm paling gak abis 3/4 nya
    kalo zikra aku cuma kasih 1/2 sdm ma, trus airnya 70cc
    nah kalo porsi segitu abis
    kadang cepet kadang lumayan lama juga:p
    pertama kali emg aku nyoba 1 sdm + air 140cc
    eh kebanyakan buat dia..
    ya udh besoknya aku buat setengah porsi deh
    sekarang masih makan 2x sehari
    besok mulai 3x sehari karna udah 3 minggu:)

    aduh mom cicha.. you’re so blessed..
    bisa sekali merah sebanyak itu
    rajin minum susu dan air putih ya ma?
    aku saking ngejar setorannya itu botol ditempelin terus biar cukup stok asinya:(
    kalo mama shaina ampe kebuang2 gitu yah?
    hiks..enak bgt yah..
    shaina sayang, bersukurlah dirimu nak.. karna asi mama lebih dari cukup;)

Leave a Comment