My Reviews Shaina video

Mengenali Nangis si Baby? Bisa!

Seperti yang mama pernah ceritain, berkat nonton video Dunstan Baby yang dibawain papa dari temennya, mama jadi sedikit banyak mengenali tangisan Shaina.

Hebat banget. Itu kata-kata yang tepat buat yang nemuin arti tangisan bayi ini. Priscilla Dunstan, konon perlu waktu sekitar 10 tahun untuk research arti tangisan bayi ini. Ya iyalah, gimana gak hebat. Bayangin aja, gimana paniknya kalau kita ngeliat anak kita nangiiiiiss terus ngga tau apa maunya. Ada yang salah kaprah, nangis dikit dinenenin.. nangis dikit dinenenin.. padahal belom tentu anak nangis maunya nenen.

Nah, si Dunstan ini nemuin arti tangisan bayi.. dan setelah mama liat dan berkaca ke Shaina, eh bener lo.. kalau nangisnya begini, berarti dia mau begini atau begitu. Akhirnya, mama, papa dan oma jadi lebih mengerti Shaina.

Ada 5 jenis tangisan dan isyarat yang bayi keluarkan dalam bentuk kata.

NEH: Lapar (feed me!)

Cara ngenalin tangisan NEH ini adalah, perhatikan tangisan bayi, apa lebih dominan kata-kata Ne atau “N” dalam tangisan atau teriakannya..? kalau memang iya (kalau Shaina lebih sering teriak.. NENN!!!) berarti kemungkinan besar si baby lapar.

Setelah berusaha meng-capture moment Neh yang tepat dari Shaina, akhirnya dapat juga. Coba liat video dibawah

Jelas banget kan Shaina ngomong Nenn.. terus belakangnya baru Neh, Neh, Nne’.. Bener aja kok, pas mama angkat, langsung nenennya seru banget.. wong laper kok 🙂

Yang kedua “EH”

Eh itu bunyinya seperti manggil gitu.. eh eh eh.. kalau yang ini artinya Burp Me! alias… “mama, angkat akuu.. perutku ngga enak, kayaknya ada angin deh”. Ini khususnya diperhatiin saat ngasih minum susu si bayi Kalau tiba-tiba dia ngelepasin diri dari nenen atau dot dan ngomong atau ngeluarin suara “EH”, buru2 angkat deh.. gak lama nanti si baby bakal sendawa. Untuk bahasa yang ini, Shaina masih belom jelas.. soalnya dari umur sehari, dia sering banget ngomong eh eh eh.. jadi masih rancu.

Ketiga itu HEH..

Heh itu artinya “I’m not comfortable”.. cara mengenalinya.. si anak lebih banyak melafalkan huruf “H” dalam teriakan atau tangisannya. Gak nyaman dalam arti mungkin diapersnya udah lembab jadinya gak enak, atau si baby kepanasan, kedinginan, sampai minta diganti semua bajunya, atau sekedar posisi gendongan. Ini juga lumayan terbukti kok 😉

Keempat : OWH

Kalau yang ini artinya “I’m sleepy, tolong timang-timang aku”. Ya tergantung sih, ada baby yang tidurnya ditimang-timang, ada yang ditaro ditempat tidur terus di tepok-tepok, atau sekedar di dekap di dada ibunya. Pokoknya si baby minta dibantu untuk tidur.
Cara ngenalin tangisan ini adalah dari mulut si baby. Kalau mulutnya bentuk oval waktu nangis (berbentuk A menjurus ke O) berarti dia ngantuk. Untuk yang satu ini agak rancu. Karena antara huruf A dan O rada nyatu.. Tapi mungkin lebih ke “Aow” gitu kayak yawning.

Kalau Shaina ada tambahan kata kalau ngantuk.. “Aing” atau “Ing” dan meneriakkan suara yang dominan “Ng”. Kalau yang “Ng” ini sih gak dikasitau si dunstan, cuma Shaina aja yang gitu atau mungkin beberapa bayi aja kali ya.. 😉

Kata kelima : EAIRH

Ini artinya, si baby sakit perut dibagian bawah dan masuk angin. Kata ini adalah lanjutan dari EH.. kalau si baby udah ngomong EH tapi nggak disendawain, mungkin dia akan sakit perut lantaran anginnya udah menekan ke perut bagian bawah.

Untuk mengenali tangisan ini, akan banyak sekali getaran ditenggorokan saat si baby teriak (kayak R tapi ditenggorokan). Ya, bayangin aja nagis karena sakit perut.. ya kayak teriak gitu sampai tenggorokannya bergetar. Solusinya ya.. bantu dia ngeluarin angin diperutnya.

Intinya.. Dunstan Baby Language ini emang keren banget deh. Kita jadi ngerasa deket sama si baby karena kita mengerti apa maunya dia dan si baby pun jadi percaya sama kita lantaran kita mengerti dia.

Silahkan liat liputannya di bawah..ada beberapa contoh bayi nangis juga hehe nggemesin deh. Silahkan disamakan dengan tangisan bayi Anda..

Tapi emang lebih keren kalau nonton dvdnya, karena ada solusi dari tangisan-tangisan si baby gitu..

10 Comments

  • @ Brenda
    Iya, kayaknya bahasa Nenen itu sendiri diambil dari bahasa asli si bayi deh. Pernah kepikiran ga, kenapa minum asi dari pabriknya langsung dibilang nenen? hihi

    @ Andrei
    Iya drei, aku juga ga sabar. Moga2 kata pertamanya mama 😉 (maunya tuh)

    @ Dhira
    hehe.. klau masih bayi laper bilangnya nen, kalau udah gedean dikit bilangnya mam, kalau dah gede lagi bilangnya lapaarrr!! hihi

    @ bunda Aulia
    sekarang2 sih mama udah mulai ngikutin maunya shaina aja. Soalnya, kalau dia belom minta (bilang Nen, neh, atau nne’) terus mama sodorin nenen.. wah bukan girang malah ngamuk tuh Shaina. Si baby yang satu ini emang nggemesin bin bikin ketawa deh hehe.

    @ NengDj
    Ayo2, cari suami dan bikin temennya Shaina.. hihi

    @ widi
    iya bener, ibu sebenernya paling tau mau anaknya. Tapi dengan bantuan si Dunstan ini, ibu2 baru kayak aku bisa dibantu banget, jadinya lebih PD menghadapi tangisan anak.
    Sun jauh juga buat abay yahh..

  • mmmhh kayaknya bisa sneiri dehh itu kan naluri seorang ibu begt..lama2 dia bakal tau anaknya nangis krn apa lapar atau kesakitan atau sebab yg lain…itulah karunia terbesar yg diberikan Tuhan ke kita, kita diberi naluri ibu yg tulus bt anaknya…

    nonton video Shaina gemes ya…sun jauh deh dr kami yaa

  • Wah.. mama shaina asyik dong bisa mengerti arti tangisan shaina…
    Tapi kan mama gak perlu nunggu shaina nangis dulu kan baru ngasih nenen? Ya gak shaina? :P:P

  • Iya betuul…

    Aku juga sampai amazed banget waktu nontong Oprah yang tentang “tangis bayi bisa dibaca” itu dan hampir gak percaya.. ternyata memang bisa..

    Zua sekarang kalo lapar pasti bilangnya mamam..mam..mamam.. kadang sambil nangis ya bilangnya mamam… 🙂

  • Wuiih canggih betul, penemu arti tangis itu menyelamatkan banyak bayi dan emak2. Hehehe

    jadi gak sabar nunggu Shaina ngomong, kata pertama yang akan keluar apa ya? 🙂

  • Wah Shania sama kayak Vanya… Vanya dari bayi kalo lapar/mau minta ASI pasti nangisnya NENEENN!!! sampai pertama2 mama n daddy bingung sapa yg ajarin bilang nenen..makanya nama baby shop kita Nenen.. hi3x..

    ternyata kalo semua ibu memperhatikan, emang setiap bayi lapar otomanis suara NENEN itu yg terdengar ya…

  • @ angga
    iya ngga, kudu.. soalnya kita kan ngga tau maunya bayi. Jadi lewat pengetahuan ini, kita berasa jadi expert deh dalam menuhin keinginan baby 😉

    @ Joanka’s mum
    halu ibu, salam kenal juga. Iya, masing-masing baby emang unik yah.. hihi lucu banget ngebayangin Joanka ngomong ngeng.. untung mamanya ngerti minta nenen, salah-salah malah diajak muter2 naek mobil hehe..

  • salam kenal mbak cicha.
    Aku juga punya baby seumur Shaina… ya, lebih tua babyku 2 minggu lah… namanya Joanka.

    Joanka juga sama kaya Shaina lho mbak, kalo mau ‘nen juga ngeluarin bunyi yang khas. Cuma, kalo Shaina kan “Nen.. Nen…” gitu ya… kalo Joanka begini nih: “Ngeeeng..ngeenggg!” Hihihihi..

Leave a Comment