Pregnancy

Kontraksi, Masuk Angin, Diare, atau??

Week 36 nih! 

Beginilah ibu hamil anak pertama.. gak tau rasanya mau melahirkan gimana. Jadinya bertanya-tanya sendiri, panik-panik sendiri. Sampai detik ini nulis ini, aku masih ngerasa sakit pinggang dan sedikit mules.. Tapi had no idea, sakit biasakah ini, atau memang aku udah mulai ngerasain yang namanya kontraksi??

How I define kontraksi or masuk angin ? (not sure) : 

It’s started tadi malam (well actually pagi..) jam 01.00, tiba-tiba aku rasanya pengen banget Buang Air Besar (BAB). Tanpa nunggu ini itu, langsunglah duduk di kloset dan melancarkan hasrat tadi. Tapi makin lama duduk kok perut makin mules yang menjadi-jadi dan melilit, ditambah sakit pinggang dari pinggul sampai tulang belakang leher ikutan pegel.  Aku turutin dengan masih duduk di kloset, kok malah nggak nyaman dan si biang mulesnya malah ngumpet alias gak keluar apa-apa lagi. Disamping itu, tau-tau, mualku bertambah-tambah (dari siang di kantor memang berasa kok rada mual kayak orang ngidam) dan jadi pengen muntah yang udah sampai di pangkal leher.

Something’s not right.. gitu kataku dalam hati.

Yaudah, capek duduk ngikutin mules, langsung balik ke tempat tidur diganjal beberapa bantal untuk pinggangku. Wah, mulesnya ngga ilang-ilang malah tambah sakit dan kayak melilitnya orang diare. Berlangsung semenit, ntar ilang. Ehh, dateng lagi melilitnya, ntar ilang lagi. Sampai kira-kira jam stengah 2 pagi itu terus-terusan begitu. Baru keseluruhan mules mulai ilang sekitar jam stng 2 lebih, karena dibantu suami ngelus-ngelus punggung sambil ngebalurin minyak telon.

Tertidurlah aku sampai kira-kira jam 5 subuh. Badanku kayak nyuruh aku bangun dan mataku kontan melek saat bangun lantaran mules berasa lagi dan dorongan BAB kuat banget, ngga tahan. Langsung lari ke kamar mandi (gak lari sih, ya tertatih2 sedikit), dan melancarkan keinginan tadi. So far urusan BAB nya nggak masalah, masih lancar, sesuai dengan keinginan.. Masih dibarengi sakit pinggang, tapi ngga separah jam 1 pagi tadi. Aku pikir, berarti belum beneran kontraksi persalinan nih.. Soalnya denger-denger kontraksi persalinan itu, semakin kesini rasanya semakin dahsyat. Ini sih engga.. berkurang 20% malah sakitnya dari jam 1 tadi. Balik ke kamar lagi, setelah meringis-meringis sambil nyoba tidur lagi, aku baru tertidur jam 6.15, matahari udah sayup-sayup nerpa gorden kamar.

Terus, setelah tertidur, eeh terulang lagi.. jam 7.30 aku kebangun lagi.. wah pengen BAB lagi.. Rutinitas yang tadi kujalani lagi. Kali ini BAB tidak selancar 2 kali sebelumnya. BAB nya sedikit *maap ya* encer, walau ngga seperti orang diare sih. Selesai dari kamar mandi, mulai sakit pinggang.. kali ini nggak dahsyat, tapi hanya severe.. tapi ngga ilang-ilang sampe sekarang (dah jam 11.40).

Tapi yang bikin aku belom beneran panic attack, belum keluar cairan berwarna coklat or even merah dari jalan lahir si baby.. masih seperti biasanya kok. Jadi sekarang setiap berasa agak ‘basah’ karena si baby nyundul-nyundul kebawah terus, aku pasti cek ke kamar mandi.. berwarna aneh or engga. So far belom sih.

Mulai turun panggul kah babyku?

Karena baru pertama kali hamil dan ngerasain hamil tua, katanya ada masa bayi turun panggul dan itu bikin nyeri pinggang. Nah, ini salah satu tebakanku, sakit pinggang ini apa karena dia mulai turun ke panggul yah? Ini beberapa poin tambahan selain mules-mules yang kualamin hari ini. Buat catetanku aja. Hari ini, kehamilanku rasanya gimana :

  • Berasa anyang-anyangan mulai tadi malem. Biasanya aku pipis sangat-sangat lancar. Kebangun 3-4 kali di tengah malam karena dorongan pipis, dan pas pipis cuurrrrr, lancar kayak keran. Mulai tadi malam, rutinitas itu kok ilang. Pas aku BAB aja, pipisnya cuma sedikitt, padahal volume air yang aku minum dengan hari-hari sebelumnya sama kok, gak dikurangin 🙁
  • Pinggulku berasa pegel.. gak ilang-ilang
  • Varises di tungkai betis dan tungkai paha mulai senut-senut bikin kaki pegeel banget. Wah, rasanya hari ini kayak kram mens deh. Ya pinggang, perut, kaki sakit semua.

Baru 3 itu penambahan yang ‘tidak biasa’ yang ku alamin. Hari ini aku ijin kantor karena takut tiba-tiba sakit perut kayak tadi malem lagi, yang ada ngerepotin orang dan nyusahin diri sendiri. Tapi aku blom niatan ke dokter, takut kecele n dibilang manja ajah. Wong belom ada flek juga kok, yang namanya ibu hamil kan biasa sakit pinggang dan lain sebagainya.. ya kan? Tapi aku mau lihat sampai besok. Kalau kiranya hal ini masih berasa sampai besok, baru siangnya aku ke RSIA ngecek kondisi kehamilan terakhir dan si keadaan si baby.

Doain lancar-lancar aja deh. Kehamilanku baru 36 minggu nih.. pengennya seminggu or dua minggu lagi lah.. tapi kalau Allah berkehandak lain, aku pasrah.. Tapi semoga usia baby di kandunganku udah READY untuk tempur di dunia nyata yang keras ini, kapanpun kehendak itu terjadi. Amin.

5 Comments

  • salam kenal…aku dulu juga gampang panik ni kaya chica, mules dikit bingung hehe..tapi tanda udah deket kayaknya bercak or darah dah keluar..na kalo udah ada bercaknya tinggal nunggu waktu aja deh…semoga sehat selalu ya n lancar persalinannya

  • duh bu,kayanya kandungan 36minggu dah mulai latihan kontraksi,jadi jgn panik ya? kalo nggak sampe parah sakitnya(maksudnya konstan)en nggak sampe keluar lendir.darah sih nggak apa2.ok,take care

Leave a Comment