Curhat Pregnancy

Perkiraan BB Bayi, Seberapa Akurat??

Gak tau kenapa, tapi sih aku yakin karena due date ku udah deket.. 4 hari lagi bow. Antara ngga sabar dan gimanaa gitu, campur aduk banget deh..

Udah 3 hari belakangan ini aku ada kebiasaan baru.. mules di pagi-pagi buta. Sekitar jam 5-6an gitu, but it always end up in the toilet. Jadi ini mah mules pengen BAB 🙁 Terus, setiap pipis tengah malam, aku selalu berharap ada bercak apa kek gitu di celana dalamku, atau berasa “kok celana dalamku basah ya?” atau saat pipis, ada air yang gak bisa kubendung menetes-netes dari jalan lahir anakku kelak.

But, noo.. itu baru harapan-harapan aja, sampai sekarang belum ada tanda-tanda itu. Tapi, aku sadar, pasti ngga lama lagi, jadinya kok makin deg-degan..

Yang paling bikin aku deg-degan adalah berat badan (BB) si baby. Aku bener-bener takut si baby terlalu besar sehingga di tengah jalan saat aku berusaha mati-matian untuk melahirkan secara natural eh.. end up di meja operasi juga 🙁 Mending dari awal kan, aku decide untuk c-sec? Aku takut jadi ibu-ibu yang mendewakan melahirkan natural, tapi sebenernya badanku gak mampu, akhirnya kecele sendiri.. (naudzubillah himindzalik).

Secara aku ngga ngerti seberapa akurat alat USG mengukur berat badan janin, jadinya aku takut perkiraan itu meleset. Soalnya aku baca-baca juga, ada yang diprediksi 3,7kg tau-tau anaknya 4,5 kiloo!! Mati gak tuh? Jadi, bisa aja dong, kalau si baby diperkirakan lahir 3,5kg tau-tau jadi 4,1 kg?? Ini perasaan sangat menghantui dan mengganggu aku.. Lain hal kalau BB si baby terakhir baru 3000gram-an. Kalau kasusnya segitu mah, aku pasti pede.. semeleset-melesetnya paling besar juga 3,5kg-an. Dengan tinggi badanku yang pas-pasan ini (148 cm) 3,5kg mungkin masih bisa kuhandle. Tapi kalau 3,9 or 4 kiloan?? I dont know..

Duh, apa perkiraan berat janin yang diukur dokter melalui lingkar kepala dan lingkar perut janin itu bisa dipercaya ya? Makin kesini kok aku makin ragu.. 🙁 aduh, ni perasaan yang engga-engga aja nih.. Ada moms yang bisa bantu menenangkan aku? Masukan-masukannya will be much appreciated.

Yang pasti, aku minta dr.Irvan untuk meyakinkan aku bahwa aku bisa melahirkan normal dengan BB bayiku yang sekarang (bakal aku tanya sabtu besok, saat kehamilanku dah masuk 40 minggu). Aku juga mo nanya seberapa besar kemungkinan perkiraan yang meleset dan sejelek-jeleknya si baby akan seberapa berat? Kalau ada sedikiitt aja omongan bahwa “ada kemungkinan komplikasi” atau “bisa aja meleset sampai 3,9 kilo”, atau sejenisnya, aku kayaknya nyerah deh, kok gak berani ambil resiko nih diriku.. Weh, jadi lemes begini..

Baby, maafin Mom-mu ya sayang, kok mamamu jadi pengecut begini.. hiks

*cuma curhat aja*

4 Comments

  • Lam kenal mb cicha..cr2 blog bumil biar bs sharing,ktemu blog ini.

    Mgenai pkiraan BB bayi,saya g bs bantu bnyk. Tp mgkn mb bs sharing dg mb Roro d keseharian.com. Bliau skrg sdg hamil anak ke2,pgn mlahirkan natural,dulu anak ptama dg c-sec. Tp kyknya bliau g mnyesali c-sec nya dulu.. Blio jg lg deg2an tuh.Pdhl dah pgalaman.So, jgn ngerasa jd pgecut ya. Smua bumil jg bgitu (iya ga?iya ga?). Keep on spirit and + thinkin! 😉

Leave a Comment