Curhat

Aku? Asma?? WHATT?!

steamerinhaler
Written by Cicha

steamerinhaler.jpgSeiring perut membesar, aku memang jadi sering banget sesek napas. Memang rasanya gak enak banget, kadang nyaris sampai bikin pandangan gelap.

Orang-orang bilang, “aahh, itumah biasa.. semua orang hamil besar juga gitu.”

Well, okay, that reliefs me.

Belakangan, kok sesek nafasku ga seperti orang lain nge-describe : begah. Jeh, kalau begah sih memang tiap hari kurasain, but atleast, walau begah aku masih bisa bernafas dengan nikmat tanpa berasa tersiksa.

Sementara, ini sesek nafasnya lebih kayak orang asma.. nyiksa. Pake keluar keringet dingin segala, pake acara pengen muntah, trus sampe keleyengan.. gelap, kadang nyaris ngeblank.

Usut punya usut, waktu aku ceritain ini ke oma dan tante, mereka bilang “wah, dulu waktu kecil kamu memang asma. Makanya tiap pagi selalu dibawa ke ancol sama opa buat ngehirup laut”.

WHATT?? Aku kok baru tauu?!?!

Kalau foto-foto aku sama oma-opaku di pantai ancol sih memang banyak. Tapi aku ga tau tujuannya apa. Kirain cuma pengen bawa cucunya ke laut aja, bukan ngobatin asma 🙁

Memang, oma dari mama punya penyakit asma parah. Dan beberapa sepupuku juga mewarisi penyakit itu. But me? Kok gw baru tauu? hiks.

Konon katanya dulu asmaku parah. Sampai-sampai harus pake terapi uap segala. Walaupun manual sih (pake ember terus dikukupin pake anduk). Katanya, rutinitas itu sangat menyulitkan, mengingat aku yang masih kecil (dibawah 3 thn) pasti ngerasa gak nyaman banget.

Jadi, sesek nafasku ini karena begah hamil besar apa kehamilanku men-trigger aku jadi asma lagi?? hikksss.. dunno. Besok mau tanya dokter.

*Cicha yang sementara narik napas panjang selagi yang di perut asyik kesana kemari. Sesek parah*

1 Comment

  • Sebagaimana saya ketahui dari Buku “Hindari Ketergantungan Obat” bahwa asma bisa juga disebabkan oleh pembesaran pembungkus paru-paru hingga menekan ke dalam (paru-paru) yang
    membuat pengisian oksigen ke par-paru berkurang.
    Penyembuhannya dengan Normalisasi Pennasia untuk menormalisasi proses reaksi yang
    terjadi dalam tubuh secara maksimal sehingga dapat sembuh alami. Untuk lebih jauh, anda
    bisa belajar penyembuhan alami ini. Silahkan kunjungi SembuhAlami.com

Leave a Comment