My Reviews Parenting

Cuaca Buruk vs Multivitamin

babyplex
Written by Cicha

Sekedar sharing dan berbagi.

Siapa sih yang ngga pengen anaknya sehat selalu? Apalagi cuaca sekarang lagi gak menentu. Kadang hujan, kadang angin, kadang kering, kadang panas, wis pokoknya gak ramah buat kesehatan.

Di Facebook mama mulai semingguan lalu banyak status temen-temen yang ngeluh, dia sakit.. demam lah, tenggorokan gatel lah. Ada juga yang share status anaknya sakit, ya batuk, ya pilek. Cuaca yang pancaroba gini emang paling nyebelin!! πŸ™

Terus, apa dong solusinya? Pencegahan udah pasti. Buat mama si parno (yeah, i admit this), imunisasi influenza menjadi salah satu pilihan untuk membentengi Shaina dari terpaan pancaroba yang bikin anak rentan kena flu, batuk, pilek, demam dan kawan-kawannya.

Selain itu? Akhirnya mama melirik yang namanya Multivitamin. Hah? penting apa multivitamin buat anak?

Okay, mama aware banget soal multivitamin ini tidak dibutuhkan untuk anak sehat yang tidak ada kesulitan makan dan nutrisinya bagus.

Tidak dibutuhkannya kenapa? Karena berbagai vitamin dan mineral bisa didapatkan dari makanan yang dimakan anaknya. Oleh karena itu, penting banget buat orang tua untuk memikirkan kadar nutrisi setiap makanan yang masuk ke mulut anaknya. Dari protein, karbohidrat, kalsium, vitamin dan mineral. Jadi bukan sebatas enak di lidah kita atau kira-kira enak di lidah anak.

Tapi, kalau cuaca lagi begini, apa bisa menjamin kalau makanan yang dimakan anak sudah cukup memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi hariannya sehingga dia cukup kuat melawan terpaan virus di cuaca pancaroba ini?

Belom lagi nih ya, siapa yang tau kalau ternyata kita masak sayurnya kelamaan atau kepanasan sehingga vitamin dan mineralnya udah meluap bersama angin? Walau tetep, dijaga juga segala besaran api – lamanya memasak dan lain sebagainya. Tapi balik lagi, siapa yang tau kaan?

Bilang mama paranoid, whatever, terserah. Multivitamin memang jadi salah satu pilihan mama dalam membentengi Shaina dan menjaga kesehatan serta kebutuhan nutrisi hariannya.

Apa multivitamin / suplemen pilihan mama buat Shaina?
Ada 2 nih. Yang mahal sama yang murah.

Yang mahal (mama definisiin mahal karena harganya 250ribu sekian untuk 60ml-nya πŸ™ hiks. Pengen nyari yang murah tapi belom dapet) itu Nature’s Plus Baby Plex.

natureÒ€ℒs plus Baby PlexKandungannya, ada vitamin A 1500  International Units (IU), Vitamin C 43.75mg (diklaim 109% memenuhi kebutuhan vitamin C / daily value children 12m – 4yrs old dalam 1 hari), vitamin D 400 IU, Vitamin E 5 IU, Thiamin 0.625mg, Riboflavin 0.75mg, niacin 10mg, vitamin B6 0,5mg, vitamin B12 2.5mcg, Biotin 25mcg, Pantothenic acid 3.75mg& chlorine 3mcg.

Bisa dari bayi, karena tertulis infants. Mungkin idealnya 4 bulan (bagi yang non asix) atau baiknya 6 bulan keatas. KONON TERTULISNYA : sugar free. Kandungan lain selain vitamin2nya : purified water, glycerin and natural orange flavor. Terus, ditulis lagi, bebas dari bahan pengawet, pemanis dan pewarna artifisial πŸ™‚

But, kudu ati2 juga lho, dalam milih2 multivitamin!!! Karena, terlalu banyak / berlebihan kandungan salah satunya bisa berakibat gak bagus. Kayak misalnya, batas toleransi kadar vitamin A yang dibolehkan adalah 3.000 IU. Terlalu banyak konsumsi vitamin A dapat menyebabkan pening dan pandangan mata menjadi kabur. Efek jangka panjangnya, hal ini dapat menyebabkan tulang keropos dan gangguan fungsi hati (dikutip dari reuters).

Begitu juga kelebihan niacin, misalnya, bisa menyebabkan rasa perih pada kulit, sementara konsumsi zinc berlebihan dapat sebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan anemia. Repot kan?

Kalau yang murah, Curcuma Plus Imuns (harga kurang dari 20ribu – 60ml).

Curcuma Plus Imuns..Curcuma Plus Imuns sendiri komposisinya :Vitamin A 850IU, Vitamin B1 3mg, Vitamin B2 2mg, Vitamin B6 5mg, Vitamin B12 5mcg, Vitamin B5/ Dexpanthenol 3mg, Ekstrak Curcuma xanthorriza 10mg, Ekstrak Echinaceae 250mg. Memang, tidak ada vitamin C.

TULISANNYA bisa juga dari bayi umur 6 bulan keatas.

Curcuma atau temulawak sendiri kan fungsinya untuk penambah nafsu makan, dan Echinaceae sendiri dipercaya bisa meningkatkan sistem imun. Oke, why not. Walau nafsu makan Shaina so far gak bermasalah, tapi sedikit ditingkatkan mama rasa gak papa πŸ˜‰

Dalam keadaan cuaca yang kurang bersahabat gini, Shaina minumnya selang seling. Hari ini Baby Plex, besoknya Curcuma Plus Imuns. Begitu seterusnya. Baru 2 minggu ini sih. Gak setiap hari juga.

Yang Baby Plex, misalnya. Kalau makannya lagi cakep banget dan semua kebutuhannya udah ada di bahan pangannya, gak mama kasihin itu baby plex. Maksud kebutuhan hariannya tuh, sudah ada buah (sumber vitamin C), ada ikan, ada sayuran yang jumlahnya cukup dan termakan Shaina di hari itu πŸ™‚ .

Jadi soal pemberian multivitamin, liat-liat kondisi juga. Tapi, kalau sabtu – minggu itu udah pasti yang namanya multivitamin itu gak boleh absen buat mama. Kenapa? karena kita kan sering pergi dan otomatis kebutuhan makannya Shaina gak sebagus dan seteratur kalau di rumah. Bahkan kadang bisa skip 1x waktu makan, kadang makan di mall cuma bubur ayam doang, misalnya. Saat-saat inilah vitamin dibutuhkan.

Emang bisa mencegah anak dari batuk pilek demam dan lain sebagainya? Ya engga juga ya. Kalau si anak memang kondisinya lagi payah karena kecapekan misalnya, terus terpapar virus.. tidak ada yang bisa jamin sama sekali. Tapi untuk menjaga supaya kebutuhan vitamin nya terpenuhi supaya staminanya oke, menurut mama asal penggunaannya rasional no problem. Apalagi cuaca lagi kayak gini. Bismillah aja, semoga segala upaya pencegahan yang dilakukan ini bisa memberikan sedikit kekebalan terhadap virus jahat yang bertebaran.

Atau, kalaupun terpapar virus, paling tidak, gak parah-parah amat deh. Penyakit jaman sekarang ngeri-ngeri. Hiiyyy!! πŸ™

Jadi, mau pake multivitamin atau engga? Terserah Anda. Sharing soal multivitamin? monggoo.. I’ll be happy to πŸ™‚

16 Comments

  • gini,,anak sy udah berumur 3bulan lebih,,tp klw sy perhatiin kayax minum susux malas.,kebetulan udah gak asi lg,,cm smpe umur 3bln… nah yg mau sy tnyakan, boleh gak sy berikan vitamin seven seas dgn umurnya yg msh 3 bulan?? tolog masukanx yahh;-)

  • aku jadi bingung… aini anakku memang kuberikan curcuma plus imuns setiap hari. apakah aku salah. ainiku rutin mengkonsumsinya karena dia mudah sekali sakit. sejak minum multivitamin tersebut jadi jarang sekali sakit. sebenernya konsumsi multivitamin yang baik itu bagaimana sih??? aku kurang ngerti juga. mohon masukannya. dan aku pernah dengar klo mengkonsumsi curcuma plus imuns dalam jangka waktu lama itu berbahaya. trus yang baik bagaimana dong.

    karena ainiku susah sekali makan. walaupun sudah 3,5 tahun. tapi hanya mau makan 2 atau 3 sendok makan orang dewasa. makanya aku pikir dia butuh multivitamin agar tidak gampang sakit.

    terima kasih atas infonya. wassallam…

  • wah asyik nech masuk ke blog mama shaina, banyak info2 yg menarik, jadi bertambah lagi pengetahuanku ttg vitamin. thx ya

  • Mbak, kalau dirimu paranoid, berarti sayah juga *ngacung* he..he.. pernah ngotot2an sama dokter soal multivitamin ini. Tapi dari acara ngotot2an, yg disambung dengan gugling2an, saya sendiri sih mencapai pada kesimpulan ini:
    gimanapun multivitamin itu tidak alami, sesuatu yang tidak alami tidak mudah diserap tubuh, ketika terserap juga tidak mudah diurai tubuh. Nah dari situ, buat saya nih yaa, memberi multivitamin itu jadi: (1) agak sia2, karena biar kadarnya 10 misalnya, paling yg keserep ya tarohlah 5. Sebaliknya, sayur atau buah, biar udah rusak misalnya nih karena dimasak kelamaan, tapi serusak2nya misalnya kadarnya 4, ya 4-4nya diserap dengan baik. (2) vit larut lemak diolah oleh hati, larut air diolah oleh ginjal, nah jika vit2 tersebut artificial, hati dan ginjal akan bekerja jauh lebih keras daripada jika mengolah vit alami.

    Oh ya, sekedar mengingatkan juga, kebutuhan tubuh akan vit itu tidak terlalu besar, yg suka membesar2kan sih biasnya iklan ajah he..he.. Coba aja diliat di web nya WHO deh soal ini.

    Anyway, teteeeep saya mah percaya juga, ibu tentu yang paling tau kebutuhan anaknya. Kisskiss buat Shaina

  • klo aku biasa kasih samy minyak ikan seven seas..tp cuma kalo samy lg gak fit n dlm masa pemulihan habis sakit aja.. kmaren waktu samy baru sembuh sakit diare, eh besoknya udah uhuk uhuk (di rumah lg pada batpil) trus aku langsung kasih minyak ikannya sekali sehari selama beberapa hari..efeknya bagus juga. Samy ttp batuk tapi puji Tuhan ttp lincah2 dan keliatan seger trus makannya ttp mau malah jadi gahar banget. Klo soal makannya itu kayaknya aku jg rada curiga dgn minyak ikan ini..udah beberapa kali aku liat setelah ngasih minyak ikan ini ke samy, samy makannya jd mau banget. apa aja di hap hap deh..trus aku jg rekomen ke sodara yg anaknya susah makan, setelah konsumsi minyak ikan ini anaknya jadi lahap makan juga..pdhl tadinya susaaahh bener makannya. Kok jadi kayak salesnya nih gw..hehe πŸ˜€

  • @cicha: ok cha, nanti gue beliin dulu deh, soalnya di apotik deket rumah gue murah cuma 19rb an sementara kalo di toko2 muslim gitu antara 35-40 rebu, sama kok isinya πŸ˜€

    Soalnya anak temen gw yang tadinya susah makan nasi sekarang setelah minum sari kurma jadi mau makan nasi dan minta2 makan. Ada jg sharing temen laen katanya BB nya naek cepet. Heheheh gak tau deh ya so far Alma belum begitu drastis efeknya mgk krn gue gak rutin jg kasinya

  • ikut komen ya Mbak:
    Saya sendiri belum pernah beli dan kasi multivitamin ke Kayla (14 bulan). Saya yakin, asupan makanan yang seimbang berperan penting untuk menjaga kondisi badannya (Insya4ll).Variasi menu sehari-hari ditambah buah dan susu yang aku pake sampe sekarang untuk membesarkan Kayla. Kayla sangat jarang saya ajak ke RS, Kalo ada temannya sakit batuk ato flu, saya coba hindarkan sementara, dan kalo suhu badannya agak naik, saya hanya membantu Kayla istirahat cukup. Saat ini, saya hanya rutin memberi kay madu.

    kebetulan, Saya lulusan AA (Assisten Apoteker), dan saat saya sekolah,guru-guru saya menanamkan dalam benak saya “kalo tidak sakit,tidak perlu atau belum perlulah menggunakan obat walaupun dengan takaran sesedikit mungkin, biarkan tubuh memproduksi imun untuk melawan penyakit/gejala penyakit yang datang dengan istirahat yang cukup, makan yang seimbang, perbanyak asupan buah dan tanamkan pola hidup sehat sehari-hari”.

  • gw juga stuju cha. Kadang kala kita juga perlu memberikan vitamin ke anak. Apa lagi kondisi sekarang yang ga jelas gini. Kadang kala klo imun tubuh kita lagi drop…diharapkan vitamin bisa nolong.

    Asal ga berlebihan aja penggunaan. Lagian…kek vety vera bilang..yang sedang2 saja lebih bagus bukan??? πŸ˜€

  • mama cicha emang paling top deh!!! thanks for sharing. sayang vitamin yg direferensi kayaknya gak bisa dibeli di sini. hiks…!!! jadi aku masih ngandalin makanan sehari + buah. dan diberi minyak ikan tetes. kadang calcium, kadang vitamin c. tapi gak tiap hari. kadang2 aja.

  • boleh komen y….
    setuju ma mb ocha. menurutku lho y… imun yg plg bagus itu dr sendiri, soalnya tubuh jd aktif untuk nahan penyakit. klo vitamin, ntar jd ketergantungan πŸ™‚ (cmiiw) vitamin sih gpp. tapi bkn tiap hari. pas abis sakit misalnya, pd saat itu emg lg butuh ekstra u recovery. gmn klo shaina g terlalu di protect? biar tubuhnya bikin imun sendiri, klo terlalu protect, imunnya g kerja. ini katanya milis sehat. cm saran lho y… maaf klo g berkenan :))

    Cicha Reply:

    @All.. tambahan informasi, kebetulan, dirumahku ada keponakan2 SD dan semuaaaaa lagi pada batuk ditambah cuaca lagi kayak gini. Belom lagi, kemaren Shaina sempet batuk 3 minggu gak sembuh2 dan baru sehat 2 minggu lebih ini lah. Jadi, like i said, call me paranoid, jujur takut tektok ke Shaina lagi makanya kubentengin.. πŸ™‚

    @Irma, Thanks buat sharing n sarannya ya Irma..
    Bener banget, imun dari diri sendiri memang paling bagus, aku setuju banget. Ini mulai ngelirik vitamin mulai Shaina sembuh dari batuk parahnya kemaren.
    Gak tiap hari tiap saat juga kok kukasihnya, semoga ga ada istilah ketergantungan. Thanks yaa.

    @Yendoel, ah dirimu suka berlebihan deh.. hehe. Memang lebih bagus vitamin dari buah2an kok say, dari ‘buatan’.. penggunaan vitamin yang rasional aja, moga anak2 kita sehat2 selalu πŸ™‚

    @Sally, yoi sal.. Asal rasional aja, gak berlebihan dan gak keparnoan sampe akhirnya : anaknya sehat segar bugar, keadaan cuaca bagus dan lagi gak musim sakit – tapi dicekokin vitamin terus.

    @Mami Celine, ehh ada mami wina πŸ™‚ Thanks for the info ya say..

    @Ike, thanks for Sharing ya bu. Semua yang dirimu lakukan juga aku lakukan kok πŸ˜‰

  • Hmmm…emang soal multivitamin ini buat gue agak ribet ya. hehehehe…mungkin ini masalah idealisme gue aja ya, gue pengen anak gue tuh pake imun dan antibodi nya aja untuk melawan penyakit secara emaknya jg gak pernah minum2 vitaminan sementara ayahnya ketergantungan vitamin kalo sakit jadi ya gue gak mau sampe kayak gitu. Tapi bukan berarti gue sama sekali gak pernah kasi vitamin ke alma. So far alma minumnya curvit, itu juga dokter yg nyaranin krn waktu itu nafsu makannya turun, begitu balik gue gak kasi lagi. Trus waktu campak disuruh minum imboost skrg sih udah gak lagi. Justru sekarang gue coba rutinin kasi sari kurma Al Jazirah bagus buat meningkatkan vitalitas dan katanya bisa menambah BB dan nafsu makan. Tapi itu juga gak gue kasi tiap hari walopun sehari boleh 3X. Selain itu khasiatnya menyehatkan kulit, membantu pertumbuhan tulang, mencegah bakteri dan kanker, menstabilkan jiwa anak dan lansia, nutrisi untuk bayi dan masih banyak lagi. Boleh untuk dewasa dan anak2, bisa dibeli di apotik ato di toko jual alat2 muslim. Eh loh kok jadi iklan. hihihi…

    Pengalaman anak tetangga katanya dl waktu kecil dikasi vitamin terus tiap hr sama ibunya, sekarang 3 anaknya bodynya womber semua alias kegemukan πŸ˜€

    Hehhe sekedar sharing juga… mgk beda2 efeknya buat tiap orang. tapi gue setuju kok cha kondisi sekrg ini emang rentan penyakit jadi emang gak ada salahnya kasi vitamin ke anak.

    Cicha Reply:

    @Ocha, Sip.. thanks for the sharing Cha.

    Btw, itu sari kurma al jazirahnya kalo lo ada, beliin dulu dong, sabtu bawa nanti gue gantiiiiii πŸ™‚

  • Mami Zee, kl babyplex di guardian / century gitu jualnya.
    Kl curcuma plus imuns di apotik2 terdekat juga rasanya ada πŸ˜‰
    Vaya minumnya seven seas ya? Shaina baru 2 itu hehe. Emang ada ya 7seas untuk bayi/anak?

  • Wah boleh juga mam, utk multivitaminnya. itu bisa dibeli dimana…

    Kalo Vaya minumnya Seven Seas. So far sih kayaknya cocok ya, karena gak pernah pilek lagi sejak terakhir yg KIPI habis vaksin campak itu.

    Sama ada satu vitamin racikan khusus, yah kalo yg ini mah gak ada namanya ya, hbs namanya jg racikan khusus heheee…

Leave a Comment